Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam PKM yang diadakan oleh DIKTI

PKM DIKTI adalah Pekan Kreatifitas Mahasiswa yang di fasilitasi oleh pemerintah untuk menstimulasi kreatifitas mahasiswa Indonesia agar dapat berkaya dan berinovasi untuk kemajuan bangsa Indonesia ini, mengapa pemerintah mengadakan program semacam ini? Karna dengan kreatifitas dan inovasi diharapkan mahasiswa mampu menciptakan hal yang baru yang bermanfaat dan memiliki nilai tambah baik secara ekonomi dan ke efisienan.
PKM ini terdiri dari berbagaimacam bidang, berikut ini akan saya coba memaparkan apa yang telah saya pelajari dan dapatkan dari pelatihan PKM dari Fakultas Pertanian dan Perternakan Unversitas Muhammadiyah Malang. Berikut ini daftarnya :
  1. PKM P adalah Pekan Kreativitas Mahasiswa dibidang penelitian. Ini boleh disegala bidang, baik pertanian, teknik dan sebagainya. Tujuan program ini agar mahasiswa dapat terfasilitasi untuk menemukan hal bari dengan penelitian yang didanai oleh dikti sebesar max 12.5 jt per proposal yang di setujui. Contohnya  dapat dicari di google.
  2. PKM  T adalah Pekan Kreativitas Mahasiswa dalam karya teknologi yang dapat membantu dan mempermudah pekerjaan manusia, seperti menciptakan ide teknologi kursi pijat dll.
  3. PKM K adalah Pekan Kreativitas Mahaiswa dalam ber-Kewirausahaan agar tercipta pemuda yang mampu berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja. PKM K ini didanai max 12,5jta perproposal.
  4. PKMM-KC adalah PKM yang bertujuan membantu masyarakat dalam memecahkan permasalah yang terkini dan PKM KC adalah PKM yang menuangkan ide teknologi yang belum ada dan murni dari imagenasi dan pemikiran dari penyelesaian masalah yang terjadi.
  5. PKM AI adalah Pekan Kreativitas Mahasiswa dalam penuangan karya ilmiah dan PKM ini harus sesuai dengan bidang ilmu ketua dan merupakan pengalaman pribadi. Dana yang dikucurkan oleh perintah sebesar 3 jta, cukup besar bukan. Namun program ini tidak sampai dibawa ke PIMNAS dan out put akhirnya menjadi e-jurnal.
  6. PKM GT adalah Pekan Kreativitas Mahasiswa dalam menuangkan Gagasan Tertulis. Enaknya program ini adalah kita tidak perlu membuatnya produk ataupun bentuk real namun hanya menggunakan tulisan, dana yang berikan untuk PKM ini sebesar 3jta dan dapat di ajukan sampai ke PIMNAS. 
Bagaimana teman-teman tertarik untuk menggunakan Program Kreativitas Mahasiswa? Sebaiknya ia karna ini dapat menjadi pengalaman yang baik untuk masdepan, selaian tidak dibatasi jumlah pesertanya juga memiliki peluang yang tinggi untuk diraih oleh mahasiwa. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.