Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Modem Cepat Panas dan Cara Mengatasi Modem Panas


Kenapa Modem Cepat Panas dan Cata Mengatasi Modem Panas- Sampai saat ini masih banyak teman-teman saya yang masih menggunakan modem untuk berkoneksi dengan internet. Namun kebanyakan modem ketika kita oprasikan ke internet selalu mengalami kepanasan, ketika modem panas maka kecepatan internetpun berpengaruh menjadi lebih lamban. Apakah panas pada modem berbahaya atau merugikan? Berikut ini saya coba jelaskan bedasarkan pengalaman dan informasi yang saya baca.
mengapa modem panas

Dulu saya juga mengguanakan modem untuk berinternet, dan saat ini sudah menggunakan jaringan wifi untuk online.

Mengapa modem menjadi panas ketika kita gunakan? 

1. Kualitas jaringan modem yang buruk- Berdasarkan pengalaman saya ketika jaringan lemah maka modem akan berusaha kuat untuk dapat menangkap sinyal agar dapat terhubung dengan internet sehingga kerja modem menjadi berat. Kasus lain ketika saya mengguankaan modem dalam kedaan sinyal kuat modem tidak terlalu panas dan kecepatan internet cepat.

2. Kualitas modem yang kurang bagus - Modem yang kualitas produknya jelek tidak dilengkapi penahan panas, ketika diguanakan maka akan langsung menjadi panas, maka gunakanlah modem yang bagus kualitasnya.

3. Transfer data  yang besar - Biasanya terjadi saat upload dan download file namunjaringannya masih lemah atau lelet.

Biasanya fator-faktor di atas yang menyebabkan modem menjadi panas. lalu bagaiaman cara mengatasinya, apakah modem yang panas akan merugikan kita? Jawabannya ia, karna jika modem selalu panas koneksi internet menjadi lemooot dan sering error tidak hanya itu apabila berkepanjangan Sim card yang kita gunakan bisa terbakar atau menjadi coklat karna terlalu panas. Modem menjadi cepat rusak karena tidak tahan panas. Terus bagaiamana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Modem Yang Sering Panas

1. Gunakan modem di tempat yang jaringannya kuat

2. Jangan Mendownload saat kecepatan internet sedang lemot atau lama

3. Guankanlah kabel untuk modem, sehingga modem tidak langsung bersentuhan dengan laptop ataupun PC anda.

4. Jika menggunakan modem langsung pada PC atau Laptop (portnya) maka gunakanlah kipas angin untuk tetap menjaga temperatur modem. cara ini sudah saya buktikan saat saya belum punya kabel data, sehingga mau tidak mau harus langsung di colokkan di port usb. Setelah saya menggunakan kipas angin ternyata kecepatan internet stabil dan temperatur modem menjadi lebih dingin di bandingkan dengan tidak menggunakan kipas.

Terima kasih sudah membaca artikel Kenapa Modem Cepat Panas dan Cara Mengatasi Modem Panas Semoga bisa membantu. Jika Anda suka dengan artikelnya silahakan di like atau di share dengan facebook  dan tweeter agar yang lainnya juga dapat membacanya.