Metode Survei Untuk Penelitian

Metode survei dalam penelitian berguna untuk mengolektif informasi berapa data populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relativ kecil. Populasi itu berkenaan dengan instansi, orang, lembaga, organisasi, unit-unit kemasyarakatan namun sumber utamanya adalah tetap manusia. Terdapat tiga karakteristik utama dari teknik survei yaitu :

Metode survei Untuk Penelitian


1. Mengumpukan informasi dari kelompok besar (orang) untuk memberikan informasi seperti         kemampuan, prilaku, kepercayaan, pengetahuan dari suatu populasi besar.

2. Mengumpulkan informasi dengan cara mengjukan pertanyaan pada populasi tertentu.

3. Data juga dapat di peroleh dari sampel bukan dari populasi.


Metode survei bermanfaat untuk mendapatkan gambaran secara umum tentang karakteristik sebuah populasi, misalkan kondisi masyarakat berdasarkan kelompok usia, Jenis gander (kelamin), Pendidikan, pekerjaan, Kepercayaan, suku dan etnis. Motode survey sering digunakan dalam bidang : psikologi, ekonomi, sosiologi, dan edukasi. 

Dalam edukasi dan materi pembelajaran (kurikulum) survei dipakai untuk mengumpulkan data mengenai siswa, misalkan sikap, ketertarikan siswa, rutinitas belajar, pergaulan dan hubungan antar sesama siswa, hobi, penggunaan waktu luang, cita-cita, dan perencanaan kehidupan. Sedangkan survei mengenai ke adaan adalah untuk mengetahui informasi misal jumlah siswa, guru, jumlah ruangan, laboratorium dan lain sebgainya.


Survei adalah salah satu metode penelitian yang sangat populer dan sering digunakan dalam penelitian. Ada beberapa faktor mengapa metode survey banyak digunakan untuk penelitian yaitu :

1. Survei memiliki sifat yang fleksibel atau memiliki banyak guna

2. Efisiensi dapat di tingkatkan dengan melakukan survei untuk pengumpulan data dan informasi yang lebih terpercaya yang tentunya biaya lebih murah.

3. Survey dapat meneliti populasi yang besar namun dengan sampel yang relativ kecil, sehingga informasi yang di dapat dari sampel dapat mewakili ke adaan keseluruhan populasi yang besar, tentunya dengan metode tertentu.

Salah satu contohnya yaitu untuk penelitian di bidang pertanian mengenai pengaruh suatu zat pada produktifitas tanaman budidaya dengan populasi yang banyak namun sampel yang di ambil relativ sedikit.

Jika Anda Ingin Mendapatkan UANG ONLINE Anda dapat mengikuti program isi survey berikut ini yang telah terbukti membayar. Mau nyoba mudahnya isi survey? KLIK DISINI

Demikian mengenai Metode Survei Untuk Penelitian semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih sudah berkunjung, jika ada yang ingin di diskusikan silahkan untuk berkomentar. Salam hangat dan sampai jumpa.
loading...