Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Definisi Pemupukan Tanaman


Pengertian Definisi Pemupukan pada tanamanPengertian (definisi)  adalah kegitan memberikan unsurhara tambahan atau susulan pada tanaman. JIka ada petanyaan mengapa perlu pupuk? tanaman di hutan tida di beri pupuk bisa tumbu subur!. Sebenarnya tanaman tanpa kita beri pupuk tetap bisa tumbuh normal selama unsur hara dalam tanaman tersedia atau media yang kita tanaman sudah banyak mengandung bahan organik. Alasan kenapa penting pemberian pupuk karena tanaman yang kita tanaman untuk kita ambil produktivitasnya (buah, daun sayu, umbi dan lainnya) itu akan di hasilkan oleh tanaman secara maksimal jika nutrisi yang di dibutuhkan oleh tanaman terpenuhi. Nah sekarang pertanyaan saya apakah anda bisa menjamin tanaha tempat media tanaman anda sudah memenuhi nutri tanaman? Biasanya tanaman akan memberikan gejala tertentu jika mereka kekurangan unsur hara.


Tujuan Pemupukan tanaman
Tujuan pemupukan adalah untuk memenuhi nutrisi yang di butuhkan tanaman agar tanaman tumbuh secara optimal dan menghasilkan produksi dengan mutu yang baik. Kalau pertumbuhannya bagus biasanya akan di hasilkan bauh yang baik juga baik secarakualitas dan kuantitas.

Sasaran yang di inginkan 
Memberikan pupuk sesui dosis anjuran sehingga dapat tumbuh optimal.Kalau pupuk yang di berikan terlalu banyak (overdosis) tanaman dapat keracunan dan mati sehingga dapat merugikan secara 2 aspek yaitu panen dengan merugi dan penggunaan pupuk berlebihan menghabiskan modal yang besar tanpa hasil yangdi inginkan.

Pupuk yang di gunakan biasanya 
NPK, Pupuk Urea, KNO3 yang berfungsi untuk memenuhi unsur hara NPK (Nitrogen, Pospat, dan Kalium) unsur hara ini sangat di butuhkan oleh tanaman, dan biasanya yang paling banyak di butuhkan saat pertumbuhan vegetatif adalah pupuk N.

Setiap tanaman membuthkan dosis unsur hara NPK yang berbeda, tergantung dari jenis tanamannya. Jadi jika ingin melakukan pemupukan harus mengerti terlebih dahulu anjuran dosis dari jenis tanaman yang di budidayakan. Anda bisa mengetahuinya dengan membaca artikel mengenai budidaya tanaman yang sedang anda tanam.

Baca Juga : Cara membuat Ppupuk Organik (kompos)
demikian sedikit ulasan mengenai Pengertian Definisi Pemupukan semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.