Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dan Orang Dewasa

Pernahkah Anda mengalami hidung tersumbat? Hemm pasti rasanya sangat tidak enak dan ignin segera mencari cara mengatasinya. Bayi dan orang dewasa juga dapat mengalami hidung tersumbat dan membutuhkan cara yang berbeda untuk mengobatinya. Baca Juga : Bagaimana Menghilangkan Komedo Pada Hidung

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dan Orang Dewasa


Kalau untuk orang dewasa ada banyak trik untuk meredakannya, tetapi bagaiaman dengan bayi? apakah juga bisa dengan semua cara yang di gunakan oleh dewasa di pakai untuk menghilangkan hidung tersumbat pada bayi. Jawabannya bisa ya dan tidak. 

Hidung tersumbat akan menyulitkan siapapun di dalam bernafas karena terjadi gangguan pada lubang hidung yang akibatnya udara tidak bisa masuk secara leluasa ke paru-paru. Kalau bayi mengalami hidung tersumbat biasanya akan selalu menangis karena tidak merasa nyaman. Oke langsung kita masuk di dalam pembahasan, simak artikel di bawah ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat 

Sesuai dengan judul blog ini, akan ada dua cara yang akan di sajikan pada asrtikel ini yaitu metode untuk bayi tersumbat dan orang dewasa. Berikut ini caranya :

Cara menghilangkan Hidung Tersumbat Pada Bayi

Menghirup Uap Aroma Terapi 
Cara ini tergolong umum dan aman di lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Anda cukup memyediakan air hangat yang bayak uapnya, kemudian ember kecil dan minyak telon. bagaiamana melakukannya? Tuangkan air hangat kedalam ember kecil dan tetesi minyak teolon hingga cukup beraroma terapi kemudian letakkanlah di pojok ruangan. 

Ibu gendong bayinya mendekati ember tersebut hingga kira-kira Anda yakin kalau aroma telon yang di bawa oleh uap hangat air dapat di hirup oelh si kecil. Tips agar lebih cepat hilangnya, anda tengkurapkan si kecil menghadap ke bawah ke arah ke luarnya uap dari ember itu (lakukan dengan hati-hati ya). Hal ini dapat membantu sumbatan di hidung menjadi lebih cair, kemudian anda sedot menggunakan mulut pada hidung bayi agar keluar lendirnya. 

Mengatur Posisi Tidur Pada Bayi
Mengatur posisi saat tidur akan membantu melegakan hidung bayi, caranya jika Ibu yakin kalau hidung anak tersumbat di sebalah kanan maka miringkanlah posisi tidur si kecil ke arah kiri dan sebaliknya. Bagaimana jika dua-duanya tersumbat? Maka tidurkanlah dengan memberikan bantal sedikit lebih tinggi dari pada biasanya.

Memberikan Kehangatan
Kondisi yang hangat akan membantu mengencerkan cairan penyebab hidung tersumbat pada bayi, jadi berikanlah selimat dan dekapilah si bayi agar menjadi hangat. Kemudian saat memandikan si bayi sebaiknya menggunakan air hangat supaya hidung juga menghirup uap air dan membuat plong hidung si kecil.

Cara menghilangkan Hidung Tersumbat Pada Orang Dewasa

Mandi Pakai Air Hangat 
Cara ini terbukti ambpuh membantu mengencerkan ingus yang berlebih pada rongga hidung dan ini adalah penyabab hidung anda tersumbat. Langkahnya cukup sediakan satu ember air hangat dan gunakan untuk mandi, tetapi jika anda memiliki shower yang bisa mengeluarkan air hangat anda juga dapat memakainya.

Menggunakan Balsem Aroma Terapi 
Metode ini sangat ampuh dan saya sendiri telah membuktikannya. Biasana hidung tersumbat karena alergi atau flu. Cukup mengambil mengambil botol balsem kemudian buka deh tutupnya selanjutnya dekatkan pada hidung, hirup aroma terapinya secara perlahan-lahan dan rasakan secara pelan-pelan rongga hidung menjadi terbuka dan sumbatan berangsu hilang.

Minum Air Hangat 
Tips yang ini juga bisa anda lakukan ketika mengalami hidung tersumbat. Cukup di minum dan di nikmati bersama uapnya. Kalau anda tidak suka air putihbiasa anda bisa meyajikan air hangat bersama teh, susu, kopi dan lain sebagainya. Yang terpenting hangat dan uang minumannya yang dapat mengencerkan dan melegakan pernafasan hidung.

Demikian beberapa langkah Cara Mengatasi Hidung Yang Sedang Tersumbat Pada Bayi Dan Orang Dewasa semoga memberikan manfat dan selamat mencoba di rumah. Salam senyum saya :)