Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata

Mengapa harus menjaga kesehatan mata? Mata adalah termasuk salah panca indra yang sangat penting dan sangat di butuhkan untuk melakukan kegiatan apapun tersmasuk bekerja, dengan alat indra ini kita bisa melihat keindahan dunia dan melihat hal-hal penting yang dapat menjadi pelajaran hidup. 

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata

Saat teknologi informasi makin canggih seperti munculnya telepon genggam dengan ratusan fasilitas dan alat bermonitor lainnya membuat mata betah berlama-lama di depannya, namun tidak sadar bahwa mata bisa saja mengalami gangguan karena radiasi dari alat tersebut. Alasan itulah mengapa sangat penting menjaga kesehatan mata.

Bagaimana Tips Menjaga Kesehatan Mata 

1. Mengkonsumsi Makan Dan Minuman Bernutrisi Lengkap

Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi mata, agar dapat tetap terjaga. Memakan sayuran dab buah segar sangat baik untuk menjaga alat indra ini, rekomendasi pakar kesehatan mata banyak-banyaklah mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel pada sayur dan pisang, pepaya pada buah. Usahakan setiap makan sertakan menu bauah dan sayur untuk menjaga kesehatan mata.

2. Gaya Hidup Menggunakan Mata (Jarak Pandang)

Yang kedua ini penyebab banyak anak muda menggunakan kaca-mata, salah satunya karena terlalu dekat melihat TV, bermain video game dan membaca buku yang terlalu dekat dengan mata. Cara yang baik menjaga kesehatan mata adalah dengan menjaga jarak pandang saat membaca dan melihat layar monitor. Berdasarkan reffrensi yang saya ketahu bahwa jarak yang baik saat membaca buku itu minimal 30 cm dan untuk jarak melihat layar monitor 50-100 cm. Jika anda banyak melkaukan kegiatan melihat monitor maka sebaiknya di tambah dengan mengkonsumsi buah dan sayur mengandung banyak vitamin A. 

3. Memakai Pelindung Mata Seperti Kaca Mata

Saat beraktifitas di luar ruangan banyak hal yang dapat menggangu kesehatan mata seperti debu dan polusi, semisal kegiatan berkendaraan dengan sepeda motor, mata kita sering bertabrakan dengan udara yang kadang membawa debu dan kotoran sehingga anda di anjurkan menggunakan kacamata pelindung, contoh lagi ketekika di tempat kerja yang banyak polusi dan partikel kecil juga di usahakan menggunakan kacamata dan ketika bersih-bersih ruangan yang berterbangan juga gunakanlah kacamata pelindung mata agar mata tidak iritasi. 

4. Istirahatkan Mata ketika Sudah Terasa Lelah Dan Kering

Biasanya orang yang sering bekerja keras sampai laut malam kadang mata terasa kering dan perih saat di paksa untuk melihat dan juga kadang untuk mengatasinya meminum secangkir kopi agar tetap terjaga. Cara ini memang tidak di salahkan, tetapi jika anda ingin menjaga mata anda tetap awet maka sebaiknya biarkanlah mata anda istirahat sejenak 1-2 jam baru kemudian anda lanjutkan lagi aktifitas itu. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya anda tetap mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi untuk mata seperti buah dan susu.

5. Segera Sudahi Merokok 

Apa hubungannya dengan merokok mazmuiz? Ada hubungannya dengan mata karena merokok itu dapat merusak berbagai organ tubuh kita termasuk mata. anda bisalihat orang yang hobinya meroko dengan orang yang terhindar dari rokok, coba perhatikan mata mereka, rata-rata perokok itu memiliki mata yang kemerehan apa lagi yang sudah aktif dan kecanduan rokok. Sebua artikel kesehatan juga menjelaskan bahwa bahaya roko juga dapat mengakibatkan katarak dan kerusakan syaraf optik mata.

6. Periksakan Mata Secara Berkala 

Setelah semua di atas telah Anda lakukan maka cara menjaga kesehatan mata yang terakhir adalah dengan memeriksakan mata setiap 3-6 bulan sekali atau saat mata anda merasa ada kejanggalan. Ini berfungsi untuk mencegah mata jika terkena penyakit sewaktu-waktu.

Ada berbagai macam informasi yang saya peroleh dalam menjaga mata seperti hindari kucek mata terlalu sering, melihat riwayat keturunan mata, dan menjaga pola makan yang baik. Demikian beberapa tips dan Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata agar tetap sehat alami, semoga dapat memberi manfaat. Salam senyum :-)
Sumber image : ayokesehatan.blogspot