Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Kornea Mata

Kornea adalah lapisan terluar dari mata. Ini mencakup pupil, iris, dan ruang anterior. Fungsi utama kornea mata adalah untuk membiaskan cahaya. Kornea terdiri dari protein dan sel. Tidak memiliki pembuluh darah, tidak seperti kebanyakan dari jaringan dalam tubuh manusia. Pembuluh darah dapat menutupi kornea, yang dapat mencegah dari pembiasan cahaya dan dapat mempengaruhi penglihatan. 
Fungsi Dari Kornea Mata
Transparansi kornea memungkinkan untuk membiaskan cahaya secara efektif. Karena tidak ada nutrisi memasok pembuluh darah di kornea, air mata dan aqueous humor di ruang anterior memberikan kornea nutrisi. Ia memiliki lima lapisan: epitel, lapisan Bowman, stroma, membran Descemet, dan endotelium. Lapisan pertama, epitel, merupakan lapisan sel yang menutupi kornea. Menyerap nutrisi dan oksigen dari air mata dan menyalurkannya ke seluruh kornea. Ini berisi ujung saraf bebas. Hal ini juga mencegah benda asing masuk ke mata. Kornea cepat menyembuhkan dari lecet kecil. Namun, lecet lebih dapat menyebabkan bekas luka terbentuk pada kornea, yang menyebabkan kornea kehilangan transparansi, yang menyebabkan gangguan penglihatan.

Jadi jaga selalau mata dari kemungkinan gangguan yang akan membuat mata menjadi tidak normal, gunakan pelindung jika di perlukan dnan Konsusmilah makanan yang baik untuk kesehatan mata. Demikian sekilas pembahasan mengenai Fungsi Kornea mata semoga bermanfaat dan salam senyum :-)