Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kelopak Mata Bengkak ? Ini Jawabannya

Kulit di sekitar kelopak mata itu sangat sensitif dan rentan mengalami bengkak oleh sesuatu termasuk karena alergi dan infeksi beberapa bakteri maupun virus. Karena kondisi mata yang seperti ini sedikit saja mendapat gangguan dari luar akan mengalami kebengkakan ringan ataupun berat.

mengapa kelopak mata bengkak


Umumnya terasa saat bengun tidur tiba-tiba mata telah mengalami masalah di tandai mata sulit untuk di buka, banyak kototran keluar dari sela-sela mata, bahkan juga terasa ada nyeri jika kita sentuh area yang mengalami bengkak. Bengkak pada mata ada banyak macamnya, seperti bengkak di bagian kelopak atas dan bawah. Perlu di ketahui jika bengkak tanpa rasa sakit dan nyeri berkepanjangan biasanya akan sembuh dengan banyak istirahat, namun berbeda kasus jika bengkak terasa sakit dan makin lama makin parah, ini bisa saja karena terjadinya infeksi. Tindakan paling aman adalah dengan mengkonsultasikan ini pada dokter mata. Baca juga artikel : Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya.

Beberapa Alasan Kenapa Kelopak Mata Bengkak


Terlalu Lelah

Kurang istirahat karena aktifitas yang sibuk dan tanpa jeda membuat mata menjadi bengkak karena mata mengalami penegangan. Biasanya di ketahui saat berkaca dan tidak ada rasa nyeri pada area bengkaknya, warna kulit tidak mengalami perubahan dan aga coklat. Cara mengatasinya cukup banyak minum air putih dan istirahatkan tubuh hingga benar-benar sehat dan pulih.

2. Di Gigit Semut

Saya pernah mengalami ini, umumnya di rasakan saat bangun dari tempat tidur dan hendak membuka mata tasa berat dan gatal, ketika di sentuh sedikit sakit dan gatal, selain itu bengkak juga tidak berwarna merah. Anda tidak perlu khawatir karena tidak berbahaya, cara mengatasi dengan jangan menguceknya, cukup di kompres dengan air hangat secara perlahan dan hindari gerakan yang terlalu banyak agar bengkak tidak semakin besar. 

3. Garam Beryodium 

Mengkonsumsi garam terlalu banyak juga dapat membuat mata menjadi bengkak, alasannya karena tubuh yang di asup garam terlalu banyak akan membuat cairan di tubuh tertahan dan membuat kelopak mata bengkak.

4. Genetik Dan Usia

Kalu yang satu ini hampir tidak ada cara alami untuk mengatasinya, bengkak pada kelopak mata di kasus ini hampir sama dengan kantung mata. Salah satu cara yang bisa di lakukan dengan jalan Oprasi oleh dokter bedah. Alasan kenapa tidak ada cara almi mengatasinya sebab gentik bersifat alami dan usia juga karena faktor kulit yang telah kehilangan kekencangan ototnya. Baca juga artikel saya yang membahas lebih rinci mengenai ini : Krim Penghilang kantung Mata

5. Infeksi Virus Atau Bakteri

Kasus ini cukup banyak terjadi, infeksi pada jaringan kelopak mata dapat di tandai dengan gejala pembengkakan pada area sekitar mata. Umumnya bengkak mengalami peradangan atau nyeri bila di sentuh, berwarna kemerah-merahan dan mata mengeluarkan kotoran (blelekan). Jika anda mengalami hal ini dan makin lama makin sakit maka sebaiknya segera konsultasi pada dokter agar segera di periksa lebih detail apakah berbahaya atau tidak. Sebab ada beberapa kasus infeksi ganas yang dapat mengakibatkan kebutaan. 

Cara mencegah terjadinya infeksi pada mata adalah dengan menjaga kondisi tangan selalu bersih saat menyentuh sekitar mata. Gaya hidup sehat adalah cara paling baik mencegah mata bengkak maka selalu jaga polah hidup sehat ya. Demikian sedikit ulasan sharing dari saya mengenai Mengapa Kelopak mata bengkak. semoga memberi manfaat dan terimakasih salam senyum :-) 
Sumber image :ceritacurha.blogspot.com