Cara Mengobati Gusi Bengkak Dan Penyebabnya

Posted By Abdul Muiz on Minggu, 08 Maret 2015 | 14.08.00

Kebanyakan dari kita pasti pernah megnalami gusi membengkak entah karena apa yang jelas ketika sedang bangun tidur tiba-tiba ada yang mengganjal di area deretan gigi yang mengganggu, namun setelah berkaca ada tonjolan daging berisikan air pada gusi. Ada kalanya juga gusi bengkak di iringin dengan adanya sakit pada gigi yang nyilu. Jujur rasany apasti sangat tidak enak dan rasanya ingin segera mengobati benjolan di gusi biar cepat sembuh.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dan Penyebabnya


Memiliki mulut yang sehat adalah keinginan setiap orang agar dapat menikmati hidup lebih sempurna. Gigi yang kokoh, gusi yang bersih dan lidah yang normal adalah bukti bahwa Anda memilki mulut yang sehat. Namun sangat di sayangkan masih banyak di antra Anda yang malas menjaga kesehtan gusi dan gigi sehingga mengalmai gusi bengkak. 

Seblum membasah tips mengobat gusi bengkak ada baiknya jika kita membahas sejenak penyebab gusi bengkak agar anda dapat menghidari kebengkaan ini di selanjutnya. Beberapa faktor yang menyababkan gusi menjadi bengkak tetapi di sini akan di jelaskan kasus yang sering terjadi. 

1. Kebersihan Mulut Yang Buruk (Gingivitis)
Kasus ini yang laing sering terjadi karena umumnya manusia jarang yang menjaga kesehtan gusi dan gigi mereka. Gingivitis adalah tumpukan plak yang ada padi gigi anda. Plak adalah hasil sisa makanan yang tidak di bersihkan yang kemudian di makan oleh bakteri hingga terfermentasi dan menumpuk menjadi Karang. Kalau sudah seperti ini akan sulit di bersihkan dengan menggosok gigi. 

2. Kehamilan
Kehamilan kadang membuat tubuh mengalami perubahan hormon sehingga aliran darah pada gusi meningkat sehingga gusi lebih mudah untuk membengkak. Perubahan hormon juga dapat mengakibatkan kekebalan tubuh menurun yang membuat bakteri pada gusi lebih leluasa untuk menginfeksi gusi sehingga terserang Gingivitis.

3. Kekurangan Gizi
Paling umum adlah kekerangan vitamin C dan B  bisa mengakibatkan gusi membengkak. Vitamin C sangat di butuhkan oleh tubuh untuk mensintesis beberapa protein dan menjadi antioksidan yang mampu mengatasi serangan bakteri dari luar. kada vitamin C yang rendah bisa membuat Anda sariawan dan gusi berdarah karena kekebalan tubuh yang rendah akibat kekurangan vitamin C.

4. Infeksi Gusi
Terjadinya bengkak gusi akibat dari bakteri ataupun virus yang masuk dalam jaringan gusi melewati luka dan tubuh yang tidak kebal penyakit. Biasaya gusi tertusuk oleh tulang ikan yang anda konsumsi sehingga membuat bakteri dapat masuk melewati luka itu. Bisa juga karena petumbuhan bakteri di mulut yang terlalu berlebihan. 

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Perawatan Gusi Bengkak 
Beberapa tips untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan cara menggosok Gigi dengan hati-hati agar gusi tidak iritasi kemudian berkumur dengan air yang di campuri garam agar asin untuk membersihkan gigi dan sela-sela gusi dan gigi, perbanayak minum air putih untuk mengurangi bakteri di mulut karena air juga menstimulu produksi air liur yang dapat membubuh bakteri, juga hindarilah minum obat kumur yang keras untuk mencegah iritasi pada gusiterakhir mengompres gusi dengan air hangat agar rasanyeri berkunrang (ini jika di perlukan)

Minum Obat Khusus Obat Gusi Bengkak
Gusi yang bengkak biasanya di sertai dengan permasalahan yang lain seperti bengkak dan rasa nenyeri maka di sarankan untuk minum obat gusi bengkak 
  • Obat anti nyeri karena gusi biasanya di sertai rasa nyilu sehingga dapat membuat anda lebih merasa nyaman tidak kesakitan. Misal obat anti nyeri itu asam mafenamat dan ingat harus berdasarkan ketentuan unuk minumnya.
  • Obat AntiBiotik umunya gusi bengkak karena inveksi bakteri, anti biotik ini berfungsi membunuh bakteri sehinga penyebab infeksinya hilang dan gusi secara perlahan akan membaik.
  • Obat Antiradang ini bertujuan agar pembengkaan menjadi cepat kempes. 
Cukupi Nutrisi Tubuh 
Tubuh yang sehat akan kebal dari berbagai serangan bakteri dari luar, tubuh yang sehat juga karena kebutuhan nutrisi dapat di penuhi dengan seimbang sehingga mengkonsumsi 4 sehat lima sempurna sangat di anjurkan agar kesehatan gusi cepat pulih.

Kapan Harus Berkonsultasi Ke Dokter?
Bila dengan penanganan di atas tidak mebuahkan hasil dan gusi tetap bengkak selama dua minggu maka anda butuh untuk mmeriksa gusi anda kedokter untuk di perika apakah ada infeksi serius pada gusi anda. Ingat-ingat juga kapan gusi Anda mulai bengkak dan cara apa saja yang anda lakukan karena mungkin itu akan di tanyakan oleh dokter unun menganalisis penyebab gusi anda bengkak.

Jaga selalau kesehatan gusi dengan baik agar terhindar dari gusi bengkak dengan rajin mengosok gigi minimal dua kali sehari dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Usai sudah penjelasan Cara mengobati gusi bengkak dan penyebabnya, semoga memberikan manfaat untuk Anda.
Blog, Updated at: 14.08.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi

loading...