Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Sariawan Di Lidah Dengan Cepat

Mengobati sariawan - Sariawan di lidah adalah luka di permukaan lidah yang menimbulkan rasa sakit saat mengkonsumsi makanan. Aktifitas keseharian menjadi terganggu karena menggangu saat makan dan minum serta terasa ada yang ganjal di mulut karena terasa perih saat menelan ludah. 

Cara Mengobati Sariawan Di Lidah Dengan Cepat

Beberapa faktor penyebab sariawan di lidah adalah tergigit secara tidak sengaja, makan dan minum yang terlalu panas merusak jaringan kulit lidah dan karena kekurangan asupan vitamin C. Namun kasus paling sering terjadi di sebabkan karena tergigit saat memakan sesuatu. 

kehati-hatian dalam mengkonsumsi makanan dan berbicara menjadi hal yang perlu agar lidah tidak tergigit sehingga menimbulkan luka. Namun jika sudah terlanjur demikian ada hal yang bisa di lakukan yaitu dengan cara mengobatinya. 

Tips Mengobati Sariawan Di Lidah Dengan Mudah

1. Daun Binahong
Ambil sehelai daun binahong yang masih segar, lumat hingga halus dengan sendok dan oleskan pada lidah yang luka. Biarkan selama beberapa menit dan usahakan jangan banyak bergerak. Anjuran menggunakan daun binahong di lakukan sebelum tidur. 

2. Kopi Bubuk
Kopi bubuk bukan hanya di jadikan minuman saja, tetapi bermanfaat untuk mengatasi sariawan di lidah. Caranya cukup ambil bubuk kopi yang masih murni (belum di campur apapun) oleskan pada lidah yang luka dan diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan cara berkumur. Lakukan cara ini selama 2-3 hari hingga sembuh. ( Cara ini masih belum bisa di percaya 100%  karena sumbernya belum nejelaskan secara ilmiah).

3. Air Garam
Air garam memiliki rasa yang asin dan ketika menyentuh luka akan menambah rasa sakit pada daerah yang luka. Ada sumber di suatu situs yang menyatakan air garam dapat mengibati sariawan di lidah, mungkin Anda bisa mencobanya. Caranya ambil air hangat yang telah di campurkan sedikit garam dan gunakanlah berkumur selama 3 kali sehari (sebelum tidur, siang dan setelah bangun). 

4. Perbanyak Minum Air Putih
Lidah yang terluka akan membutuhkan banyak protein agar segera bisa mengganti sel yang luka di area lidah. Fungsi air adalah membantu mempercepat metabolisme tubuh agar produksi protein berjalan dengan baik. Minum yang banyak akan membantu mempercepat penyembuhan sariawan. 

Demikianlah Empat Cara Mengatasi Sariawan Di Lidah Dengan Cepat semoga dapat membantu mengatasi malah lidah Anda dan bermanfaat untuk para pembaca. Mohon maaf atas segala kekurangan artikel ini. Salam Senyum :-)