Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Dan Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Tips cara merawat dan mengatasi rambut yang rontok - Rambut rontok adalah masalah bagi banyak orang sampai saat ini, bahkan hampir terjadi pada segala usia balita dan orang dewasa. Penyebab rambut rontok biasanya karena kondisi kepala yang tidak sehat dengan gejala rambut sering gatal dan berketombe. Namun pada beberapa kasus rambut rontok terjadi karena efek dari obat-obatan kimia dan penyakit kanker darah (lukimia). 

Cara Merawat Dan Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Rambut adalah mahkota untuk setiap orang, memiliki rambut yang indah menjadikan penempilan lebih menarik dan pede saat pergi kemana saja. Masalah rontok tentu hal yang tidak di inginkan oleh semua orang.

Pembahasan artikel ini akan fokus membahas bagaimana merawat rambut kering dan rontok yang paling sering di alami manusia pada umumnya. Berikut ini tips dan caranya : 

1. Minyak Kelapa Dan Madu

Salah satu faktor rambut rontok karena keembaban rambut yang hilang, dengan minyak kelapa rambut akan terjaga kelembabannya. Sedangkan madu untuk menutrisi rambut dan membuat rambut menjadi wangi. Cara menggunakan minyak kelapa dan madu adalah dengan mencampurkan dua bahan ini secukupnya kemudian di jadikan minyak rambut, pastikan seluruh rambut terolesi bahan ini. Diamkan selama 40 menit kemudian bilas dengan air dan lakukan cara ini sebelum tidur setiap hari selama seminggu.

2. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya dapat merawat dan mengatasi rambut rontok. Buktinya banyak produk kesehatan rambut menggunakan bahan baku dari tanaman ini. Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya secara tradisional untuk merawat rambut yang rontok, caranya mudah kok. Ambil gel lidah buaya kemudian oleskan keseluruh rambut, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air sejuk. Cara ini tak akan berpengaruh baik jika tidak di lakukan secara teratur selama 1-3 minggu untuk mendapatkan hasil yang nyata.

3. Mengkonsumsi Jus Buah Untuk Rambut

Rambut rontok juga bisa di sebabkan kurangnya nutrisi rambut di dalam tubuh kita, Salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi rambut adalah minum jus. Jus yang terkenal menjaga kesehatan rambut adalah jus wortel, jus stroberi dan jus buah. 

4. Hindari Stress 

Stres juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Mengapa bisa begitu? Ketika seseorang mengalami stress sistem imun tubuh menjadi lemah sehingga rambut mudah mengalami gangguan kesehatan. Maka dari itu sebaiknya hindari stres yang berkepanjangan.

5. Istirahat Yang Cukup

Kurang tidur juga dapat membuat rambut menjadi tidak sehat. Untuk kebaikan rambut dan organ tubuh yang lainnya sebaiknya luangkan waktu untuk istirahat yang cukup agar dapat mengatasi rambut rontok setiap hari.

6. Memperbanyak Minum Air

Air merupakan komponen paling banyak ditubuh kita yaitu sekitar 70%. Kadar air yang kurang dalam tubuh dapat mengakibatkan rambut cepat kering dan rontok. Maka dari itu agar rambut tidak mudah kering perbanyak minum air (8 gelas perhari).

Jangan sampai kerontokan rambut berlarut-lerut sebelum menjadi kebotakan. Serta hati-hati didalam membeli produk kesehatan rambut agar tidak merusak rambut Anda sendiri. Demkian artikel Tips meraawat dan mengatasi rambut rontok secara alami semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca, selamat mencoba dirumah.