Leher Terasa Kaku Mungkinkah Gejala Dari Penyakit Berbahaya?

Posted By Abdul Muiz on Senin, 30 Maret 2015 | 20.46.00

Leher sering terasa kaku? Bisa jadi ini adalah gejala penyakit yang tidak bisa di anggap remeh ketika mengalaminya. Kondisi dimana leher mengalami kaku adakalanya bukanlah hal yang menghawatirkan dan terkadang adalah faktor dari penyakit yang berbahaya untuk kelangsungan hidup seperti radang selaput otak.

Menggerakkan persendian leher sering mengalali rasa sakit biasanya di sertai dengan kaku dan nyeri yang di alami oleh seseorang. Tidak hanya sebatas itu, kaku pada leher kadang mengkibatkan kepala menjadi pusing, leher menjadi sakit untuk di gerakkan, bahu terasa nyeri hingga lengan dan ini adalah kondisi yang sangat menyiksa dan tidak nyaman.

Leher Terasa Kaku Mungkinkah Gejala Dari Penyakit Berbahaya?

Kaku pada leher umumnya akan terjadi selama beberapa hari hingga beberapa minggu ini tergantung pada sebabnya dan tingkat keparahan yang di alami. Berikut ini beberapa utama leher terasa kaku:

Keseleo Atau Regangan Otot Leher

Hingga saat ini leher menjadi kaku akibat dari keseleo atau peradangan pada otot yang berada di leher, umumnya di otot levator skapula. Otot ini berada di bagian kanan belakang leher dengan bahu. Otot ini dikendalikan oleh saraf servikal ketiga dan ke empat (C3 dan C4).

Gejala leher kaku yang ditimbulkannya dapat mengenai satu sisi (sebelah) dapat juga mengenai kedua sisi. 

Regangan atau keseleo pada otot levator skapula ini dapat disebabkan oleh aktifitas sehari-sehari seperti: 

Gejala leher kaku yang di sebabkan keselao karena aktifitas berikut ini :

  1. Tidur dalam posisi yang salah
  2. Setiap kegiatan yang berulang kali memutar kepala dari sisi ke sisi 
  3. Posisi duduk yang buruk 
  4. Postur tubuh yang buruk, seperti membungkuk saat melihat monitor komputer dalam waktu yang lama 
  5. Stres yang berlebihan, yang dapat menyebabkan ketegangan di leher 
  6. Memeluk telepon antara leher dan bahu

Radang Selaput Otak (Meningitis)

Gejala dari radang selaput otak juga mengkibatkan leher menjadi kaku yang di sertai demam tinggi, sakit kepala, muntah atau mual, sering mengantuk dan lainya. Namun kadang infeksi lain juga dapat mengakibatkan leher kaku seperti infeksi tulang belakang leher dan penyakit meningokokus
Jika Anda mengalami leher yang kaku di ikuti dengan demam diusahakan untuk segera di periksa ke dokter untuk memeriksa kemungkinan fatal.

Gangguan Tulang Belakang Leher 

Gangguan tulang belakan dapat mengakibatkan leher menjadi kaku yang di sebabkan oleh saraf yang semua jalurnya saling berhubungan sehingga masalah kejang atau kaku otot leher dapat terjadi.

Tips Cara mengatasi leher kaku? 

Langkah yang benar dalam mengatasi leher kaku dengan memahami penyebabnya. Misalnya leher kaku karena keseleo maka bisa di atasi dengan mengubah posisi yang baik, minum obat pereda nyeri dan kompres dengan air hangat. Jika setelah melakukan cara di atas kaku pada leher tidak kunjung reda selama seminggi lebih maka usahakan untuk memeriksakan ke dokter. 

Demikianlah penjelasan leher sering terasa kaku semoga dapat membantu dan menambah wawasan kehidupan kita semua. 
Blog, Updated at: 20.46.00
loading...