Sembilan Sifat Sifat Air

Air adalah benda yang menunjang kehidupan makhluk di bumi. Air memiliki sifat yang unik yang dapat kita ketahui dan bisa di jadikan sebuah pelajaran moral dalam menjalani kehidupan layaknya seorang guru.

Kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai apa saja sih sifat-sifat air itu? dan seperti apa air itu yang setiap hari kita konsumsi. Sampai saat ini asala mula munculnya air di bumi pertama kali masih menjadi sebuah misteri. Berikut ini Beberapa Sifat Air :

Dapat Berubah Wujud
Air ketika dalam ke adaan suhu normal maka berbentuk cairan, Namun ketika kita masukkan dalam lemari pendingin perlahan akan menjadi keras atau padat. Maka ini yang di maksud dapat berubah dari wujud cair menjadi padat dan padat menjadi cair. Selain itu air juga berupa Gas saat di panaskan.

Dari Tempat Yang Tinggi Mengalir Ke Tempat Rendah
Contoh paling sederhana dari sifat air ini adalah sungai atau air terjun. Gerak air yang berada di gunung mengalir melalui sungai menuju pantai yang daratannya lebih rendah. Jika Anda belum puas dengan contoh di atas dapat mencoba dengan menungkan segelas air di daratan yang miring, nanti gerak air akan menuju daratan yang paling rendah.

Sembilan Sifat Sifat Air

Meresap Melalui Celah
Molekul air yang kecil dapat meresap di tempat yang berlubang kecil dengan lubang yang lebih besar dari pada molekul air. Contoh simpel adalah air yang perlahan habis jika kita tuangkan air di atas permukaan tanah yang kering.

Kapilaritas 
Air dapat Bergerak menuju ke atas melawan grafitasi melalui gaya kapilaritas zat cair terhadap pori-pori yang di laluinya. Contoh simpel adalah sumbu lampu minyak yang selalu terbakar karena minyak di dasar wadah terangat ke bagian ujung sumbu karena sebuah gaya.

Permukaan Tenang/Datar
Air saat kita masukkan kedalam suatu tempat akan selelu datar dan tenang. Apapun tempatnya dan kemiringannya akan terus tetap demikian. Conoth saat kita masukkan kedalam gelas, kedalam plastik dan dalam ke adaan miring air akan tetap datar kecuali tidak akan datar bila di masukkan kedalam tempat yang hampa gravitasi seperti luar angkasa.

Memiliki Berat 
Air juga memiliki berat loh, bukti nyata adalah sebuah ember kosong saat kita angkat tidak terlalu berat, namun kitika di isi dengan air ember tadi akan lebih berat saat di angkat.

Menempati Ruang
Salah satu keunikan lagi dari sifat air adalah menempati ruang. saat air berada pada suatu tempat (wadah) maka air akan menyerupai tempatnya. Bila kita masukkan kedalam botol maka air akan berbentuk seperti botol dll.

Melarutkan Beberapa Zat
Sifat air ini sering kita buktikan sehari-hari yaitu saat kita membuat teh, memasak menggunakan garam dan air. Coba di perhatikan air yang semulanya jernih menjadi keruh karena lelehnya zat warna dan gula yang perlahan larut menjadikan air berasa manis dan masih banyak contoh lainnya.

Menekan Keseluruh Penjuru
Saat air di tumpahkan keatar permukaan yang datar maka air akan menyebar keseluruh penjuru baik kanan, kiri, depan dan belakang semuanya rata. Ini membuktikan bahwa sifat air dapat menekan kesegala arah.

Demikian ulasan mengenai 9 sifat-sifat air semoga menambah wawasan kita semua. Lain waktu saya insya@ saya akan menuliskan postingan filosofi air dalam kehidupan kita, maka dari itu update terus artikel dari blog ini. Sampai jumpa dan terimakasih untuk kunjungannya.
loading...
Blog, Updated at: 07.49.00