Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasak Nasi Putih Yang Enak Dengan Mudah

Cara memasak nasi putih yang memiliki rasa yang enak itu mudah asal kita mengetahui caranya. Buat Anda yang belum pernah memasak nasi sebelumnya pasti akan merasa sedikit bingung bagaimana menanak nasi. 

Banyak di antara Anda mungkin baru mulai belajar memasak saat setelah berkeluarga karena biasanya sudah ada yang memasak buat Anda. Tapi jangan khawatir dengan seiringnya waktu Anda akan dapat memasak dengan baik dan menggunakan insting tentang cita rasa masakan Anda, yang terpenting adalah jam terbang dan kemauan yang kuat untuk belajar.

Cara Memasak Nasi Putih Yang Enak Dengan Mudah

Memasak atau menanak nasi adalah hal yang paling mendasar dalam memasak dan Anda akan mengetahui caranya. 

Ada beberapa cara memasak nasi yaitu secara moderen (menggunakan rice cooker) dan secara tradisional (menggunakan panci). Anda akan belajar kesemuanya di artikel ini, jadi di baca sampai habis ya  dan nanti jika Ada pertanyaan silahkan melalui kolom komentar di bawah ini. Okey langsung kita bahas : 

Cara Memasak Nasi Putih Secara Tradisonal

Ada dua cara yang saya ketahui yaitu dengan menggunakan panci biasa dan panci untuk mengkukus. langkah untuk keduanya perinsipnya sedikit berbeda tetapi dapat di aplikasikan dengan bersama-sama. 

Memasak Nasi Dengan Panci Biasa
1. Pilih beras yang berkualitas 
2. Cuci beras dengan cara merendamnya pada air kemudian anda aduk-aduk beras dengan tangan hingga air menjadi keruh aga putih (air tajin) dan ulangi hingga 3-4 kali, ingat jangan sampai terlalu bersih agar nutrisi nasi yang di hasilkan masih banyak. Fungsi dari mencuci beras agar nasi tidak terlalu bau.
3. Siapkan panci yang telah bersih, kemudian beras di masukkan kedalamnya. Isi dengan air hingga 1 setengah ruas di atas permukaan beras. 
4. Masak di atas kompor dengan api sedang dan tutup hingga mendidih (kurang lebih 20 menit ini tergantung banyaknya nasi dan panas api) setelah mendidih jika nasi mulai membesar maka aduk-aduklah hingga permukaan bawah untuk mencegah kegosongan dan timbulnya kerak tambahkan air jika nasi setengah matang jika dirasa perlu.
5. Lakukan cara ke empat hingga rasa nasi sudah benar-benar lembut dan enak. Maka nasi telah siap di makan.

Memasak Menggunakan Panci Kukus
Cara ini lebih mudah dari pada dengan panc biasanya. Untuk langkahnya sama dengan nomor 1 dan 2 di atas. Selanjutnya siapkan panci kukus dan isi air hingga hampir mendekati pembatas saringan kukus dan tuangkan beras di atas saringan dan masak hingga benar-benar matang. Di sini Anda tidak perlu capek-capek mengaduk dan mengontrol beras tetapi tinggal anda perhatikan saja setelah 20-30 menit apakah nasi sudah mulai matang atau belum. 

Perlu di perhatikan jangan sampai ait terlalu sedikit karena dapat menghasilkan nasi yang keras dan bila terlalu banyak air beras bisa menjadi bubur. kalau mau hasilnya menjadi pulen dan lembut dan lebih enak Anda dapat menambahkan agar-agar warna putih pada beras saat di masak bersama air.

Cara Memasak Nasi Dengan Rice Cooker

Cara ini cukup moderen dan sangat praktis di bandingkan cara di atas, karena hasil nasi yang bagus dan lebih cepat. Selain itu tidak perlu kita tunggi karena sudah ada alat otomatis yang akan menghentikan proses memasak ketika nasi telah matang.

1. Caranya adalah siapkan nasi yang baik berkualitas dan cuci seperti langkah tradisional 1 dan 2 di atas.
2. Wadah stenliss bawaan rice cooket atau megic com anda cuci hingga bersih dan tuangkan beras yang telah di cuci dengan air di atas 1 ruas jari telunjuk sedikit di atasnya. Sekarang tinggal Anda tutup dan nyalakan di mode cook dan tinggal tunggu hingga matang. 

Kalau ingin hasil nasi lebih pulen dan lembut berikan air sedikit lebih banyak dan tambahkan agar-agar warna putih bersama air kemudian aduk menyatu dengan beras dan masak. kemudian Anda bandingkan dengan yang tanpa agar-agar insy@ rasanya akan lebih lembut dengan agar-agar putih.

Demikian cara memasak nasi yang enak dengan mudah semoga pengetahuan Anda bertambah dan dapat di peraktekkan dirumah masing-masing. Sekian, terimakasih untuk kunjungannya dan mohon maaf atas segala kekurangan artikel ini. Sampai jumpa pada masak memasak selanjutnya di mazmuiz.blogspot salam senyum :-)