Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Tenggorokan Kering Setelah Bangun Tidur

Mungkin saat ini Anda mengalami masalah tenggorokan kering saat terbangun dari tidur sehingga Anda mencari tips atau cara mengatasinya dan mampir pada blog mazmuiz.blogspot ini. Saya juga beberapa kali mengalami hal ini dan saya akui rasanya sangat tidak enak, menelan ludah saja sakit apalagi buat minum dan makan pasti lebih menyusahkan.

Mengatasi Tenggorokan Kering Dengan Setelah Bangun Tidur

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips berdasarkan pengalaman pribadi dan informasi yang saya dapatkan untuk mengatasinya. Namun alangkah bijaknya jika kita mengetahui beberapa penyabab tenggorokan kering sebelum mengatasinya agar kita terhindar dari masalah ini. 

Beberapa Penyebab Tenggorokan Kering Dan Cara Mengatasinya

Kurang Cairan

Penyebab paling sering tenggorokan kering adalah kurangnya minum air sehingga tubuh mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). 

Minum air yang cukup banyak akan perlahan mambantu menghilangkan tenggorokan yang kering dan sakit. 

Minum Air Panas Atau Hangat

Hal ini pengalaman pribadi dan saya yakin belum ada  yang menulis salah satu penyebab tenggorokan kering adalah air hangat atau panas yang diminum sebelum tidur. Biasanya jika saya minum air hangat saat bangun tidur tenggorokan terasa sakit dan kering.

Cara Mengatasinya adalah dengan minum air secara perlahan-lahan dengan air biasa setiap 30 menit hingga tenggorokan terasa basah, ulangi setiap tenggorokan sakit.

Gejala Akan Terserang Penyakit

Informasi lain yang saya peroleh adalah saat tenggorokan sakit itu bisa jadi gejala dari penyakit yang menyebabkan batuk-batuk atau demam. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan perbanyak minum Air, bila perlu dengan air sedikit hangat hingga banyak dahak yang keluar dari mulut. Biasanya batuk tidak jadi di alami.

Agar rasa sakit pada tenggorokan tidak semakin menyika maka sebaiknya hindari berbicara berlebihan. Mengkonsumsi teh hangat juga dapat meringankan tenggorokan kering bila dikonsumsi dengan pelan-pelan karena sensai hangat dan aroma teh sangat nyaman.

Demikian ulasan singkat padat dan berkualitas mengenai cara mengatasi tenggorokan kering saat bangun tidur, semoga memberikan manfaat untuk Anda para pembaca.