Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pupuk Organik Lengkap

Pupuk alami atau sering di sebut pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari susunan sisa makhluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan) yang melalui proses pelapukan oleh mikroorganisme sehingga menjadi tanah yang kaya akan bahan organik.

Pupuk organik dalam sediaannya dapat berupa cairan dan berbentuk padat (tanah gembur) yang digunakan oleh para petani untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologis tanah. 

Pengertian Pupuk Organik Lengkap
Membuat pupuk organik itu cukup mudah karena bahan utamanya dapat kita jumpai di sekitar kita semisal daun-daun yang berserakan, kotoran ternak, limbah rumah tangga organik dan lain sebagainya. Cukup dengan membuat semua bahan di atas mencadi potongan yang kecil dan campurkan dengan sedikit tanah 3:1 (bahan organik 3 dan tanah 1) tunggu selama 2-4 minggu biasanya pupuk organik padat telah siap untuk di gunakan. 

Bagiamana dengan pupuk cair? untuk pembuatan pupuk cair organik memang sedikit lebih ribet untuk bahannya, namun caranya lebih mudah. Carang yang simpel adalah dengan bantuan cacing tanah, cairan dari sisa budidaya cacing ini dapat kita gunakan sebgai pupuk organik sediaan cair. 

Apasih manfaat pupuk organik itu untu tanaman? Waah jika ditanya masalaha ini Anda berada pada tempat yang tepat, karena saya sediri saat ini menempuh pendidikan di bangku kuliah ertanian khususnya Agroteknologi. Berdasarkan pelajaran dari para pakar yang termasuk dosen saya manfaat pupuk organik adalah sebagai berikut : 

1. Memperbaiki Sifat FIsik, Sifat Kimia dan Sifat Biologis tanah yang telah rusak karena campur tangan manusia. 

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral tumbuhan untuk dapat tumbuh dan menghasilkan produk pertanian. 

3. Mengurangi resiko terserang penyakit yang ditularkan dari tanah seperti jamur dan bakteri

Baca juga artikel terkait : 
Manfaat Pupuk Organi Untuk Tanaman
Macam-Macam Pupuk Organik
Cara Membuat Pupuk Organik Cair

Demikian ulasan mengenai pengertian pupuk organik semoga dapat memberikan pengetahuan untuk Anda para pembaca.