Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akibat Fatal Bila Tubuh Kurang Minum Air Putih

Taukah Anda bahwa beberapa penyakit yang sering kita alami seperti sakit kepala, radang sendi, sakit pinggang dan lain-lain adalah akibat karena kita kurang minum air. Bagaimana tidak, hampir seluruh organ tubuh kita di kendalikan oleh kerja air.

Presentase kadar air dalam organ manusia seperti di otak 90%, paru-paru 86 %, jantung 75%, hati 86 %, ginjal 83 %, otot 75 %, darah 90%, tulang 22 %, dan gigi 5%. Coba sekarang anda bayangkan apa yang terjadi apa bila organ-organ fatal ini kekurangan asupan air, pastinya aktifitas kerja dari organ di atas akan terganggu.

Akibat Fatal Bila Tubuh Kurang Minum Air Putih

Minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat mengenai pentingnya minum air putih yang cukup setiap hari membuat banyak diantara kita mengalami gangguan kesehatan.

Mungkin Anda sering tidak menyadari kalau tubuh terasa lemas, mudah capek dan stress adalah salah satu tanda atau ciri-ciri kurang minum, hal ini terjadi karena respon organ tubuh yang kurang sehat sehingga berpengaruh pada kesehatan kita. Kalau tubuh sudah tidak fit maka aktivitas sehari-hari  juga menjadi terganggu.

Hal ini juga saya alami sendiri, beberapa hari ini saya mengalami mudah capek, pusing dan pikiran gampang sekali suntuk alias mengalami stress ringan ditambah lagi bibir terasa kering, tenggorokan sakit dan badan terasa panas. Jadi ingat kalau salah satu peran air dalam tubuh adalah untuk mengontrol suhu badan.

Menurut artikel kesehatan yang saya baca, banyak remaja yang mengalami gangguan kesehatan karena kurang banyak minum salah satunya saya hehehe. Bila Anda remaja maka Anda akan mengetahui kanapa Remaja saat ini banyak yang tidak telaten minum air putih yang cukup.

Seperti yang saya jelaskan diatas kurang minum ternyata dapat memunculkan beberapa penyakit dari yang sekala ringan hingga yang cukup berat (fatal). Berikut ini beberapa masalah pada tubuh apa bila kita kurang minum :
Sering Sakit Kepala
Sakit kepala yang sering muncul pada Anda bisa disebabkan karena kurang minum air, karena pengaruh otak yang mengalami gangguan sebab kurangnya cairan dalam tubuh.

Hipertensi dan Jantung
Darah kadar air di dalamnya adalah 90% dan salah satu fungsi darah dalam tubuh adalah membawa oksigen dan zat hasil metabolisme tubuh ke jantung, nah sekarang apa yang terjadi apa bila darah tidak dapat berkerja dengan semestinya? Maka resiko yang akan di alami adalah hipertensi dan penyakit jantung. 

Penyakit Kolestrol
Kolestrol ternyata tidak hanya di sebabkan karena makanan yang kita makan, tetapi kurangnya asupan air juga menjadi penyebab munculnya penyakit kolestrol. Hal ini terjadi karena pelarutan zat makanan yang mengandung kolestrol tidak dapat terserap dan menumpuk dalam darah. 

Tips : Minumlah air putih 8-12 gelas setiap hari untuk dapat mengurangi resko kolestrol tinggi dalam tubuh.

Radang Sendi
Sering mengalami radang sendi, maka cobalah untuk menambah kebiasan minum air putih lebih banyak dari biasanya. Sebab kurang minum air dapat membuat tulang rawan persendian mengering dan menjadi penyebab timbulnya rasa sakit saat melakukan gerakan.

Sakit Punggung
Tulang yang padatpun juga membutuhkan air yang cukup dalam tubuh agar dapat berkerja maksimal, mengalami sakit punggung bisa jadi Anda kurang minum, hal ini terjadi karena persendian tulang tidak dapat berfungsi dengan baik.

Susah Buang Air Besar
Susah buang air kecil dan besar, atau air seni yang bewarna, Jika iya maka Anda terindikasi kurang banyak minum air, untuk mengatasinya cobalah untuk lebih rutin mengkonsumsi air. 

Sindrom pramenstruasi 
Mengalami sakit saat datang bulan muncul karena adanya perubahan hormonal dalam tubuh. Tubuh memerlukan tenaga tambahan dari makanan dan extra cairan dengan minum air yang cukup agar proses biologis menjadi lancar. Dengan mengkonsumsi air putih 8 gelas  setiap hari maka tubuh akan memiliki cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang sehingga tegangan dan kram pada perut akan hilang dengan sendirinya.
Stres
Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya stress, kok bisa? Saat tubuh mengalami dehidrasi maka otak tidak akan berkerja dengan maksimal sehingga berpengaruh pada psikologi sehingga akan cenderung mudah stress.