Perbedaan Antara Oli Motor dan Oli Mobil

Apakah oli motor dan oli mobil itu ada bedanya? Jawaban dari saya Iya sobat, ada bedanya. Oli mobil di produksi khusus untuk digunakan pada mein mobil dan berlaku juga pada oli motor. Namun sayangnya masih ada yang memiliki persepsi yang salah tentang hal ini. 

Umunya ada dua persepsi yang salah, pendapat pertama yang mengatakan bahwa oli mobil lebih bagus digunakan pada oli mesin motor dan yang kedua adalah tidak mampu membedakan antara oli 4-tak dan oli mobil sehingga ketika beli oli sembarangan sebut merk.

Perbedaan Antara Oli Motor dan Oli Mobil

Buat sobat yang masih belum dong, yuk kita langsung membahas mengenai perbedaan oli motor dan mobil biar lebih paham dan tidak salah dalam memberikan oli pada mesin motor atau mobil. 

Perbedaan Berdasarkan Bahan
Dari segi bahan sudah ada pembedanya, karena memang memiliki standard yang berbeda walupun memiliki fungsi yang sama. Pada oli mobil umumnya dilengkapi dengan bahan berkategori friction modifier yang merupakan sejenis bahan aditif yang bila diganakan semakin lama maka akan semakin licin. Oli dengan spesifikasi ini akan sangat diperlukan pada mobil karena dapat melindungi kerusakan material.

Walaupun oli ini tergolong dalam oli encer tetap tidak cocok untuk digunakan pada mesin motor dengan tipe kopling basah. Alasanya? Sebab dapat mengakibatkan slip kopling. Oleh sebab itu mengapa setiap produsen oli mengeluarkan oli khusus untuk motor karena mesin motor dan mobil memiliki kebutuhan yang berbeda.

Ingat bahwa oli mobil itu memiliki standard tersendiri dan begitu juga oli mobil. Tapi jika sobat ingin mencoba-coba menggunakan oli motor untuk mobil silahkan, namun resiko di tanggung sendiri ya n_n.

Bagaimana Membedakan Oli Motor dan Oli Mobil?
Bisa kok kita bedakan, bahkan tergolong mudah karena produsen oli biasanya sudah membedakan kemasan dan komposisi di dalamnya. 

Pertama kita mulai dari bahan / komposisinya. Pada oli sepeda motor akan ada standard informasi JASO-MB (oli untuk motor tipe kopling kering) atau JASO-MA (oli untuk motor tipe kopling basah). Bila sobat tidak menemukan komposisi Jaso didalam kemasan berarti oli itu untuk mobil.

Perbedaan Kemasan 
Biasanya oli motor dan mobil telah dibedakan kemasannya oleh produsen oli agar konsumen tidak bingung memilih oli yang tepat. Berikut ini beberapa pembeda dalam kemasan oli baik untuk mobil dan motor: 

1. Ciri Tulisan : Biasanya akan ada tulisan 4-T untuk motor dan titan carat untuk mobil
2. Gambar : Kemasan pada oli motor biasanya akan disertakan gambar motor didalam kemasan, begitu juga untuk oli mobil.
3. Keterangan Produk : Umumnya setiap kemasan akan ada keterangan mengenai produk, misalkan oli tipe encer mobil dan motor hampir sama tetapi ada yang membedakan walupun sama-sama encer. Pada oli motor akan dilengkapi dengan keterangan antislip (tidak ada pa oli mobil). 

Nah itu dia beberapa perbedaan antara oli mesin motor dan oli mobil, jadi jangan salah pakai ya, agar mesin kendaraan kita awet dan berperforma yang baik. Sebelum saya tutup , saran nih, kalau mau ganti oli sebaiknya di bengkel resmi aja ya sobat agar terjamin kualitasnya. Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 
loading...
Blog, Updated at: 21.54.00

0 comments:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi