Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Mobil Manual Dan Matic Serta Kelebihannya

Sebelum memutuskan membeli mobil matic atau mobil manual sebaiknya sobat harus mengetahui perbedaan diantara keduanya. Alasannya apa? Alasannya agar kita tidak salah pilih, sebab membeli kendaraan khususnya mobil harus di sesuaikan dengan kebutuhan. 

Kalau diminta menilai mana yang lebih baik, jelas tidak ada yang lebih baik kecuali berdasarkan kebutuhan sobat. Nah pada artikel ini sobat akan tahu kira-kira mobil manualkah atau matic yang sesuai dengan kebutuhan sobat. 

Perbedaan Mobil Manual Dan Matic

Sebelumnya saya akan menjelaskan bahwa mobil matic merupakan mobil yang memiliki transmisi otomatis jadi jelas ada bedanya dengan transmisi manual, sehingga menjadikan mobil matic ini memiliki sistem transmisi yang rumit namun memiliki keunggulan kontrol yang lebih mudah dalam berkendara. 

Hal Penting Untuk Pengendara Mobil Manual Yang Beralih Ke Mobil Matic
Ada beberapa kasus pengemudi baru mobil matic mengalami loss control pada mobilnya yang  dapat merugikan pada dirinya sendiri dan orang lain dikarenakan human error. Umumnya insiden ini terjadi karena ketidak biasaan menggunakan mobil matic sehingga tidak sengaja lalai dalam mengendalikan kendaraanya. 

Perbedaan Mobil Manual dan Matic
Pertama kita mulai dari mobil manual, Pada mobil manual sistem perpindahan gigi atau transmisi dilakukan dengan menggunakan pedal serta tuas kopling secara bersamaan. Berbeda dengan mobil matic yang perpindahan transmisi atau ngoper gigi bisa dilakukan secara otomatis.

Perlu sobat ketahui juga bahwa dalam sistem mobil matic ada beberapa jenis transmisi matic yaitu : 

Transmisi  semi otomatis
Mobil dengan sistem transmisi ini dalam memindahkan gigi masih dilakukan secara manual hanya saja pengemudi tidak perlu menggunakan pedal kopling.

Transmisi Otomatis
Pada sistem transmisi otomtis ini menggunakan planetary gear unit, torque converter dan hydraulic control

Transmisi Otomatis elektronik/Triponic
Sistem transmisi ini pengemudi dapat menggunakan tuas kopling untuk memindahkan gigi, sistem transmisi ini banyak digunakan pada mobil BMW dan Marsedes.

CVT (Continously Vatiable Transmission)
Pada sistem transmisi ini mesin mobil tidak memakai gigi, dan sebagai gantinya sobat dapat menggunakan rasio belt saja.

Sequential Manual
Sistem transmisi ini perpindahan gigi bisa dilakukan dengan manual yang juga disertai mode auto di dalam mengontrol perpindahan gigi yang dilakukan oleh komputer. Transmisi ini umumnya di pasang pada mobil balap atau sport mobil F1, lamborgini, BMW dan Ferari 

Double Clutch Gearbox 
Sistem transmisi ini mempunyai 2 tuas kopling yang dikontrol menggunakan komputer hal ini menjadikan mobil yang mengadopsi sistem ini membuat perpindahan giginya sangat halus.

Nah kita sudah membahas tentang beberapa perbedaan mobil matic dan manual, sekarang apa saja kelebihan dan kekurangannya? 

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic
Mobil matic memiliki kontrol yang lebih mudah dalam mengemudi sehingga menjadikan pengemudi tidak cepat lelah dan sangat cocok untuk medan yang sering mengalami macet di kota-kota besar. Selain itu harga jual second mobil matic lebih bernilai daripada mobil manual. 

Kekurangan pada mobil matic adalah cenderung lebih boros bahan bakar, dan biaya perawatan yang lebih mahal sehingga sobat harus merogoh kantong lebih banyak.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Manual 
Mobil manual cenderung lebih responsive, lebih irit bahan bakar, biaya perawatan cenderung lebih murah dan sangat cocok digunakan untuk sobat yang suka mengatur kecepatan. Kekurangan pada mobi manual adalah lebih cepat lelah, sulit untuk dipelajari bagi pengemudi pemula dan harga jual kembali (second) lebih murah. 

Nah bagaimana sobat, sekarang sudah bisa ya mengira-ngira mobil tipe yang mana yang kira-kira cocok dengan kebutuhan sobat. Manual atau matic tidak menjadi masalah asalkan benar-benar sesuai dengan keperluan kita. Semoga artikel Perbedaan Mobil Manual dan Matic ini bermanfaat untuk sobat, sampai jumpa dan salam senyum.