Perbedaan Oli MPX dan SPX Honda AHM Oil

Diantara kita masih banyak orang yang belum memahami betul dan masih bingung dalam memilih oli untuk mesin motornya. Dari berbagai jenis sepeda motor kali ini saya akan fokus mengulas mengenai oli motor honda. Oke kita tahu bahwa AHM mengeluarkan dua jenis oli yakni AHM Oil SPX dan MPX, sekarang apa yang menjadi pembeda antara keduanya? 

Sobat akan menemukannya pada artikel ini, berikut ini ulasannya : 

Begini sobat, Honda telah memproduksi beberapa jenis motor sehingga oli yang dibutuhkan juga mebutuhkan spesifikasi khusus atau jenis yang sesuai. Misal, untuk jenis motor kopling basah seperti Supra X, Revo, CBR150R CBR itu mebutuhkan oli yang mempunyai kemampuan antiselip, mengapa demikian? 

Perbedaan Oli MPX dan SPX Honda AHM Oil

Sebab bak koplingnya teredam oleh oli. Sedangkan jenis motor dengan kopling kering (umumnya matic) semisal Beat, Spacy, Vario bak koplingnya tidak teredam oleh oli. Itulah alasannya mengapa jenis motor yang berbeda membutuhkan jenis oli yang berbeda pula.

Sekarang Saatnya kita mengenal spesifikasi oli motor berdasarkan Jaso. Apa itu jaso mas? Jaso adala singkatan dari ( Japanese Automotive Standard Organization) yang merupakan lembaga yang menguji kualitas oli standar untuk motor keluaran jepang. Motor dengan tipe kopling basah menggunakan JASO-MA, dan untuk motor dengan tipe kopling kering adalah JASO MB. 

Masuk pada inti topiknya, apa yang membedakan jenis-jenis oli SPX1, SPX2, MPX1 dan MPX2 berikut ini ulasannya. 

Perbedaan Oli MPX dan SPX

MPX 1 
Mpx1 mempunysi karakter dengan kekentalan 10w 30 ang merupakan jenis oli yang encer. Oli ini termasuk dalam JASO-MA yan cocok digunakan untuk sepeda motor kopling basah seperti bebek dan sport. Adapaun kemasannya tersedia dalam volume 800ml dan 1 liter. 

MPX2
Termasuk dalam JASO-MB yang cocok digunakan pada motor berjenis kopling kering seperti matic, oli ini memiliki kekentalan 10w30 yang juga termasuk dalam jenis oli encer. Kamasan yang diproduksi 800ml dan 1 liter.

MPX3
Termasuk dalam JASO-MA yang cocok digunakan pada motor dengan tipe kopling basah (bebek dan sport).Oli ini memiliki kekentalan 20w 40 yang tergolong pada jenis oli kental dan oli ini diproduksi untuk motor honda keluaran lama. Kemasan yang tersedia 800ml dan 1 liter.


SPX1
SPX1 tergolong dalam bagian JASO-MA yang memiliki ke enceran 10w 30 yang termasuk oli encer. Oli ini cocok untuk digunakan pada motor kopling basah seperti motor bebek dan sport. Kemasan yang tersedia 800ml dan 1 liter.

SPX2 
Oli ini adalah JASO-MB yang direkomendasikan untuk motor berkopling kering (jenis matic) dengan kekentalan 10w 30 yang tergolong pada oli encer. Kemasan dipasaran tersedia 800ml.

Lalu apa kesimpulannya?
Kesimpulannya adalah AHM Oil baik SPX dan MPX yang berkode belakang 1 (spx1 dan mpx1) digunakan untuk motor berkopling basah, contohnya Supra X, Revo, CBR150R, Sonic dll. Sedangkan oli yang berkode belakang 2 (mpx2dan spx2) digunakan untuk tipe motor kopling kering jenis matic seperti Honda Beat, Vario dan Spacy.

Bila sobat yang membaca artikel ini memiliki motor Honda keluaran lama seperti Karisma (motor saya saat ini), Supra fit, Tiger dll maka direkomendasikan menggunakan oli MPX 3 karena termasuk oli kental. 

Oli kental ini berfungsi untuk melindungi komponen mesin dan telah di desain khusus untuk tipe mesin honda yang lawas.

Update terbaru :


Perbedaan Yang Paling Menonjol Antara Oli SPX dan MPX 
Hal yang membedakan Antara Oli SPX dan MPX adalah bahan dasarnya dan harga yang di bandro. AHM Oil SPX baik berkode 1 ataupun 2 merupakan oli dengan bahan dasar Fully Synthetic sedangkan AHM Oil MPX baik kode 1 ataupun 2 tidak berbahan dasar fully synthetic. Harga oli SPX lebih mahal dari pada MPX, kalau tidak percaya cek aja di bengkel ya. 

Bagaimana sobat, sekarang sudah mulai fahamkan mengenai perbedaan antara OLI MPX dan SPX baik yang kodenya 1 dan 2. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai juma di artikel otomotive lainnya. Salam senyum. 
loading...
Blog, Updated at: 22.36.00

0 comments:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi