Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Mobil Agar Tidak Kecewa

Mebeli sebuah mobil memang susah-susah gampang, dibilang susah karena kadang ketika kita sudah membalinya ternyata tidak sesuai yang diharapkan, dibilang mudah karena jika kita punya dana tinggal beli saja. 

Walaupun demikian, untuk lebih bijaksananya dalam membeli kendaraan misalnya sepeda motor  dan mobil maka kita harus mengerti kebutuhan kendaraan kita seperti apa. Caranya bagaimana mas? Caranya dengan kita mengevaluasi kegiatan berkendara dan aktivitas sehari-hari. 
Tips Membeli Mobil Agar Tidak Kecewa

Misal jika setiap hari kita berkendara untuk mecapai tempat kerjaan yang cukup jauh, maka kendaraan yang kita perlukan adalah kendaraan yang handal dan mampu memberikan kenyamanan saat berkendara dengan waktu yang lama. Perhitungkan juga kemampuan ekonimi kita untuk membeli kendaraan dan perawatannya agar kendaraan kita dapat tetap memberikan kenyamanan dan performa yang baik. 

Berikut ini rangkuman dan tips dalam membeli mobil agar tidak kecewa.

1. Kenali kebutuhan 
Tips yang pertama ini sangat penting untuk dilakukan sebelum membeli kendaraan yaitu mengenali kebutuhan kita dengan cara memahami aktivitas dan keperluan banyak hal. Contohnya, bila Anda adalah seorang pebisnis yang memiliki rutinitas bertemu tamu VIP maka kendaraan yang cocok dan sesuai kebutuhan adalah kendaraan berbasis bisnis seperti mobil BMW kelas VIP, Toyota, dan lain-lian. 

Tapi jika aktivitas seorang travelling yang suka berpetualang maka kreteria kendaraan yang Anda perlukan adalah mobil JIP atau semi jip yang andal di medan yang berat. Berbeda lagi jika Anda beraktifitas untuk jalan-jalan bersama keluarga, atau sekedar keperluan bisnis biasa maka mobil yang pas untuk Anda adalah mobil jenis keluarga yang sporty seperti toyota avanza, daihatsu xenia, atau juga mobil nissan. Jadi kuncinya kenali kebutuhan kita.

2. Perhitungkan Kekuatan Keuangan Keluarga
Tips kedua tidak kalah penting, kalau kebutuhan sudah kita pahami dan kita sudah memutuskan untuk membeli mobil A misal, tapi jangan sampai di kemudian hari malah menjadi masalah di keuangan keluarga. Seperi pembengkakan pengeluaran karena biaya perawatan dan pajak kendaraan yang terlalu mahal.

3. Kenali Spesifikasi Mobil Yang Kita Pilih Sebelum Membelinya
Hal ini penting untuk menjadi pertimbangan sebelum membeli mobil yang kita pilih, dengan kita memahami spesifikasinya kita bisa paham fitur apa saja yang ada didalamnya sehingga kita dapat memanfaatkan secara maksimal pada kendaraan yang kita miliki.

4. Baca Review/Penilaian Dari Orang Lain
Tips terakhir adalah mencari tahu apa pendapat orang yang pernah memiliki mobil yang saat ini kita incar. Misalkan mobil toyota all new yaris, maka tugas kita adalah mencari review di internet tentang pengalaman mereka menggunakan mobil ini, apakah tanggapannya banyak yang positif atau malah banyak yang negatif. Hal ini akan sangat membantu dalam meyakinkan diri untuk segera membelinya atau mencari mobil jenis lainnya.

Selain itu pertimbangkan juga seberapa pentingkah mobil itu dalam kehidupan kita. Jika Anda merasa penting maka rawatlah mobil kesayangan Anda dengan baik dan memeriksakan kondisi mobil di bengkel resmi secara berkala. Semoga artikel Tips Membeli Mobil Agar Tidak Menyesal dapat membantu memberikan wawasan kepada Anda sebelum membeli mobil. Terimakasih dan salam senyum.