Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dosis Pupuk Untuk Tanaman Melon (Dosis Pertanaman)

Memberikan pupuk pada tanaman melon berfungsi untuk menyuplai makanan yang berupa unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, saat ini yang umum kita ketahui ada 16 unsur hara (termasuk di antaranya unsurhara makro dan mikro). 

Pupuk ini sangat di butuhkan oleh tanaman melon apa bila unsurhara di dalam media tanam tidak mencukupi untuk melakukan metabolisme dengan baik sehingga perlu untuk diberikan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman melon ini. 

Pupuk yang berlebihan juga tidak direkomendasikan karena over dosis pupuk dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu bahkan bisa menimbulkan kematian karena keracunan. Maksud dalam konteks ini adalah pemberian pupuk anorganik.

Kembali ke topik utama, yaitu berapa dosis pupuk yang dibutuhkan oleh tanaman melon? Jawabannya dapat Anda temukan di bawah ini : 
Dua Prinsip Dalam Pemupukan Tanaman Melon
1. Pemupukan dasar : Pemupukan yang diberikan ke media tanam sebelum bibit tanaman melon di tanam di media.
2. Pemupukan Susulan : Pemupukan diberikan ke tanaman melon setelah usia tanam mencapai satu minggu secara berkala. Pemupukan susulan dilakukan minimal satu kali dan maksimal 5 kali. 

Pertanyaannya sekarang berapa dosis yang dibutuhkan pada pemupukan dasar dan susulan? 
Sebelum kearah dosis ada baiknya Anda mengetahui pupuk apa yang harus Anda sediakan. Pupuk yang perlu Anda siapkan adalah pupuk organik berupa kompos/kandang (dosis 700kg s/d 1ton/Ha) berguna untuk memperbaiki sifat fisik tanah serta menambah bahan organik dan unsur-unsur hara yang diperlukan tanaman. 

Pupuk anorganik NPK 150-250 kg/ha berfungsi untuk menambah unsur hara (unsur N, P, dan K) di dalam tanah..

Cara Mengaplikasikannya : 
Pemberian pupuk dasar dilakukan saat pembuatan guludan dengan cara disebar secara merata pada saat perataan tanah yang akan ditanam. 

Selanjutnya yaitu pada dosis pemupukan susulan apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara mengaplikasikannya. Okey pertama kita siapkan kebutuhan pupuk anorganik NPK 150-350 kg/Ha (sesuaikan dengan kondisi tanaman di lapang). Cara mengaplikasikannaya yaitu dengan melautkan 1-1,5 gram pupuk kedalam 1 liter air untuk 5 tanaman dikocor ke lubang tanam. 

Jadi kalau kapasitas tangki air untuk melarutkan pupuk sebesar 20 liter maka pupuk yang harus ditambahkan adalah 1,5 gram x 20 = 30 gram pupuk kemudian dilarutkan dengan 20 liter air dan setiap satu liter larutan pupuk untuk di siramkan ke 5 lubang tanam. Jadi 20 liter larutan itu dapat memupuk tanaman melon sebanyak 100 tanaman. Sekarang tinggal Anda hitung berapa jumlah tanaman melon yang ada. 

Pupuk susulan dapat diberikan sejak minggu pertama (usia bibit sudah satu minggu di lahan), dan interval pemberian dapat diberikan 2 minggu sekali atau seminggu sekali. Pemberian pupuk susulan manimal diberikan satu kali dan maksimal 5 kali dalam satu kali bercocok tanam. 

Manfaat atau tujuan dari pemberian pupuk susulan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman dan menjamin pertumbuhan tanaman secara optimal dan menghasilkan produksi dengan mutu yang baik. Oke saya rasa cukup disini dulu ulasan dari saya, semoga bermanfaat untuk para pebaca. 

Owh iya satu lagi, selain pupuk untuk unsur hara di tanah seperti NPK, tanaman melon juga membutuhkan jenis pupuk daun yang dapat diberikan seminggu sekali dengan dosis yang suseua dengan petunjuk penggunaan dari produsen pupuk daun yang Anda gunakan. 

Dosis Pupuk Untuk Tanaman Melon (Dosis Pertanaman)

Demikian ulasan tentang Dosis Pupuk Untuk Budidaya Tanaman Melon, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca. Jika ada kritikan atau saran dalam peyajian materi silakan lewat kolom komentar ya. Terimakasih dan sampai jumpa.