Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembibitan Tanaman Melon Yang Benar (Budidaya Melon)

Apasih definisi pembibitan itu? Pembibitan itu adalah kegiatan atau upaya dalam menyediakan bibit bermutu dari varietas yang unggul dan sehat. Kenapa harus unggul dan sehat? Karena dengan bibit yang unggul dan sehat akan diperoleh buah melon yang berkualitas. 


Selain memperoleh buah yang berkualitas tujuan dari pembibitan adalah agar diperoleh tanaman melon yang dapat berproduksi buah sesuai dengan keunggulan varietasnya, tumbuh dengan sehat dan memiliki adaptasi lingukungan yang baik. 

Apa saja saja yang harus disipakan dalam upaya pembibitan, berikut ini alat dan bahan yang harus Anda sediakan, contoh di bawah ini untuk pembibitan sekala besar. 

Alat dan Bahan
1. Benih melon hibrida F1 sebanyak 20.000 biji/ha;
2. Tanah 4 karung @50 kg.
3. Pupuk kandang 8 karung @50 kg.
4. Polibag (ukuran 6x7 cm) sebanyak 20.000 kantong;
5. Bambu 20 batang.
6. Sungkup
7. Gembor

Setelah menyipakan alat dan bahan di atas, berikut ini ulasan tentang fungsi dari bahan dan alat yang akan Anda gunakan dalam proses pembibitan. 

Fungsi Alat da Bahan 
1. Benih untuk bahan tanaman yang akan menjadi bibit.
2. Tanah, untuk media tanam (tempat bibit tumbuh).
3. Pupuk kandang, untuk menambah bahan organik dan unsur-unsur hara yang diperlukan tanaman serta memperbaiki sifat fisik tanah.
4. Polibag, untuk wadah media tanam/semai.
5. Bambu, untuk membuat sungkup tempat pembibitan.
6. Plastik transparan, untuk menutup sungkup tempat pembibitan atau kelambu (lebih baik karena memudahkan sirkulasi udara).
7. Pestisida, untuk mencegah gangguan hama dan penyakit.

Prosedur Pelaksanaan
1. Dapatkan benih melon F1 yang telah resmi dilepas atau benih melon dari varietas yang dikehendaki.
2. Rendam 2 - 5 jam menggunakan air,
3. Direkomendasikan lakukan inkubasi di kertas yang lembab selama 1 hari.
4. Campurkan tanah dengan 25% bokasi
5. Buat tanah lembab dan gumpalkan dengan 1 tangan sehingga gumpalan berdiameter 2-5 cm atau masukkan tanah ke dalam polibag
6. Masukkan benih ke dalam gumpalan tanah atau polybag
7. Catat setiap kegiatan pada kartu kendali

Pembibitan Tanaman Melon Yang Benar (Budidaya Melon)
Bibit tanaman melon siap dipindahkan ke lahan budidaya setalah usia 12 minggu atau dengan ciri-ciri bibit telah muncul batang dengan 2 daun yang telah terbuka sempurna. Baca juga : Target dan Standard Buah Melon Yang Baik 

Melakukan pembibitan dengan prosedur yang ada ditambah dengan pengalaman yang memadai akan menghasilkan tanaman melon yang sehat dan produktifitas yang tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca. Insyaallah akan saya lanjutkan dengan artikel pengolahan tanah untuk budidaya melon.