Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kadar Asam Urat Normal Untuk Wanita dan Laki-Laki

Berapa kadar asam urat normal untuk pria dan wanita? Mungkin ini adalah pertanyaan yang ada pada benak Anda. Bagi orang yang menghawatirkan kesehatan pasti akan selalu mengontrol kadar zat dalam tubuh yang dapat menimbulkan masalah jika kadarnya berlebih dalam tubuh, salah satunya kadar asam urat. 

Laki-laki dan wanita banyak yang mengalami masalah asam urat sehingga beberapa aktifitas akan terganggu, sebab bila kadar asam urat tinggi daerah persendian akan terganggu. Mungkin Anda akan terbantu dengan artikel saya sebelumnya yang berjudul : Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Urat Tinggi.

Beberapa artikel kesehatan juga menjelaskan bahwa asam urat yang tinggi dapat menjadi faktor munculnya penyakit berat lainnya, seperti hipertensi, batu ginjal, gagal ginjal, gangguan prostat, pemicu jantung koroner dan diabetes. Sekarang pertanyaannya berapasih kadar normal asam urat dalam darah ? 

kadar Asam urat normal
Salah satu alat pengukur asam urat 

Kadar Asam Urat Normal Menurut WHO 
Pria dan wanita kadar asam urat normalnya dapat berbeda, baik dari usia dan gendernya. Adapun kadar normal yang dimaksud menurut WHO sebagai berikut : 
  • Pada laki-laki dewasa kadar normal asam uratnya adalah sekitar 2 – 7,5 mg/dL.
  • Sementara itu pada wanita yang sudah dewasa adalah 2 – 6,5 mg/dL.
  • Pada laiki-laki dengan usia diatas 40 tahun kadar normal asam uratnya 2 – 8,5 mg/dL. 
  • Pada wanita usia 40 tahun 2 – 8 mg/dL
  • Anak-anak yang berusia 10 – 18 tahun kadar asam uratnya 3,6 – 5,5 mg/dL. 
  • Sementara itu pada anak wanita 3,6 – 4 mg/dL
Bagaimana cara mengetahui kadar asam urat dalam darah? Anda bisa datang ke klinik dokter atau pada saat ada layanan chek up kesehatan gratis di desa Anda. Caranya hanya dengan mengambil sampel darah Anda, kemudian menggunakan alat indokator digital dan hasilnya akan keluar sekitar 30 detik kemudian. Simpelkan. 

Pengalaman pribadi saya yang saat ini usia saya sekitar 22 tahun kadar asam urat saya tergolong tinggi karena berada di angka 8 - 9 mg/dL (miligram/desi liter). Sehingga saya harus lebih berhati-hati dalam mengontrol makanan dan minuman agar dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. 

Bagi Anda yang sudah chek kadar asam urat dalam darah dan hasilnya tinggi sebaiknya jaga polah hidup dengan mengkonsumsi makanan yang rendah zat purin. Adapun penjelasan tentang makanan yang mengandung zat purin tinggi sudah saya tulis pada artikel sebelumnya. 


Saya rasa cukup sampai disini artikel tentang kadar Asam urat normal, insya Allah akan saya lanjutkan di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat san sampai jumpa.