Berbagai Pengalaman Saat Pertama Masuk Kerja

Bekerja merupakan hal yang diimpikan saat sudah menyelesaikan pendidikan. Baik dari tingkat SMA/SMK, maupun Sarjana. Rasa gugup dan grogi menjadi hal wajar yang dirasakan saat hendak masuk ke kantor baru. 

Harap-harap cemas apakah suasana kerjanya mengasikkan, atau teman-temannya tidak menyenangkan? Hal tersebut menjadi pertanyaan yang berkecamuk di dalam pikiran saat memasuki hari pertama bekerja. Ada hal lain yang selalu dibayangkan adalah bagaimana jadinya jika bos atau atasan kita galak? Beberapa ketakutan seperti ini sangat lumrah di alami karyawan baru.

Berbagai Pengalaman Saat Pertama Masuk Kerja
Masa Orientasi
Tidak hanya di sekolah, ternyata masa orientasi juga berlaku di kalangan pekerja. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh HRD. Diperkenalkan kepada seluruh karyawan dan sebaliknya anda harus memperkenalkan diri kepada teman-teman baru di kantor. 

Selain itu, biasanya juga akan diajak berkeliling kantor untuk mengetahui setiap bagian dan ruangan di gedung kantor. Selanjutnya, anda akan diminta untuk menandatangani beberapa surat kontrak sebagai pengikat antara anda dan perusahaan. 

HRD juga akan menjelaskan jobdesk anda atau menyerahkan kepada kepala devisi untuk menjelaskan rincian tugas yang harus dikerjakan. Masa training menjadi penentuan bagi anda apakah layak menjadi karyawan tetap atau hanya terbatas pada masa percobaan saja. 

Jika teman-teman di kantor baru orangnya ramah-ramah, maka hal ini akan mempermudah anda bergaul. Apabila ada satu dua orang yang judes sangat biasa, pasti ada orang dengan karakter seperti itu.

Menyelami karakter bos dan teman-teman
Ada kalanya, anak baru sering menjadi bulan-bulanan. Semua pekerjaan diberikan kepada anda karena sebagai anak baru tidak mungkin berkata tidak. Hal ini akan membuat anda kewalahan dan sering lembur di hari-hari pertama masuk kerja. 

Anggap saja sebagai loyalitas ke perusahaan, asalkan masih dalam taraf masuk akal. Jika ada pekerjaan yang tidak beres, maka bos akan marah-marah kepada anda. Jadikan hal itu sebagai pembelajaran agar tidak mengulang kesalahan yang sama. 

Mencoba untuk menyelami karakter bos dan mencoba untuk menghindari hal-hal yang tidak disukai si bos. Untuk teman-teman juga begitu, lebih baik mengalah dari pada masih baru sudah membuat ribut. Sesuai pengalaman, lebih baik diam dan tidak terlalu banyak berkomentar jika tidak diminta.

Teman Minta traktir
Salah satu karyawan di kantor baru pasti ada yang dekat dengan anda. Kedekatan ini bukan berarti mejalin hubungan asmara. tapi dekat karena sering mengobrol dan menghabiskan waktu makan siang bersama. 

Biasanya anda akan ditodong saat gajian pertam. Tidak ada salahnya berbagi rasa bahagia kepada teman dengan mentraktirnya, itung-itung sebagai syukuran karena diterima dikantor baru. Tapi jika teman yang minta dibayari makannya banyak? Ya...pikirkan baik-baik, itu gaji pertama lho.

Menghadapi teman yang saling bersaing
Tidak jarang disebuah perusahaan ada karyawan yang iri dengan karyawan lain karena mereka beranggapan bahwa bos lebih sayang, atau yang satu lagi menganggap temannya cari muka. Ribet deh kalau sudah begini. Ada juga yang sukanya niru teman. 

Saat si A beli barang si B ikutan beli, tapi si A juga tidak suka jika barangnya sama dengan orang lain, lalu dia beli lagi barang yang lain, si B tahu, dan ingin memiliki barang yang sama. 

Akhirnya si B beli barang yang menyerupai milik A. Muter terus sampe yang melihat capek sendiri. Dan pastinya jangan sampai anda terpengaruh dengan hal ini, karena bisa jadi justru anda nanti yang dimusuhi.

0 Response to "Berbagai Pengalaman Saat Pertama Masuk Kerja"

Poskan Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi