4 Ramuan Obat Batuk Berdahak Tradisional

Posted By Abdul Muiz on Kamis, 06 April 2017 | 19.56.00

Batuk adalah salah satu sakit bisa menyerang siapapun dan dimanapun, penyakit ini tidak tergolong penyakit serius awalnya, namun jika dibiarkan akan fatal akibatnya. Kini toko dan apotek terdekat bayak tersedia obat batuk dengan berbagai pilihan bentuk kapsul  dan sirup. 

Dengan bermacam-macam varian rasa. Namun tidak semua orang bisa meminum obat dengan mudah, dan ada juga beberapa orang yang alergi dengan obat. Dan ada beberapa cara untuk kalian yang memang tidak suka dengan obat. 

4 Ramuan Obat Batuk Berdahak Tradisional

Ada  cara alami untuk meredakan batuk , terutama batuk berdahak tanpa meminum obat. Cara alami ini dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan disekitar kita. 
4 Ramuan Obat Batuk Berdahak Tradisional
yang pertama adalah :
1. Jeruk Nipis dan Kecap
Jeruk nipis ini tergolong buah yang bisa kita dapatkan di mana saja. Beberapa orang biasanya menyeduh jeruk nipis dengan cara mencampurkanya dengan air hangat, namun ada cara lain untuk menyeduh jeruk nipis ini yaitu dengan mencampurkan nya dengan kecap. So, kalian tidak perlu mencapurkan nya dengan air hangat lagi. 

Cukup peras jeruk nipis didalam gelas sesuai dengan yang anda inginkan, kemudian campur dengan kecap tanpa menambahkan air, setelah itu aduk dan langsng bisa di seduh. Kecap berfungsi untuk mengurangi rasa asam yang ada pada jeruk nipis, dan juga dapat mengurangi batuk berdahak dengan cepat jika kalian menyeduhnya secara rutin, yakni 2-3 kali dalam sehari.

2. Gula Batu dan Bunga Blimbing Wuluh 
Blimbing wuluh pasti tidak asing terdengar ditelinga kita, blimbing wuluh biasanya dicampurkan ke dalam sayuran untuk membuat rasa lebih asam dan segar. Namun ada manfaat lain dari blimbing wuluh yang mungkin kita belum tahu. 

Bunga dari blimbing wuluh ini memiliki khasiat alami yang dapat meringankan batuk berdahak jika kita merebusnya dengan gula batu. Caranya sangat mudah, petik beberapa bunga blimbing wuluh yang berwarna merah gelap, kemudian cuci hingga bersih, dan rebus bersamaan dengan gula batu. 

Setelah mendidih , seduh perlahan. Rasa manis dan hangat ini memberikan sensasi tersendiri untuk meredakan batuk tanpa meminum obat. Jadi cocok banget buat kalian yang tidak suka dengan obat karena rasanya yang pait, kalian bisa mencoba cara ini untuk meredakan batuk.

3. Kencur dan jahe 
Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak rempah-rempah berkhasiat, salah satunya adalah kencur dan jahe. Kencur dan jahe ini adalah rempah yang sering sekali di buat menjadi berbagai macam minuman, jamu kesehatan dan juga obat-obatan. 

Jika kalian mengalami batuk berdahak kalian juga bisa mencoba membuat minuman dari jahe dan kencur ini, cukup parut kedua nya lalu rebus hingga mendidih, setelah itu pisahkan antara air dan serat nya, jika ingin manis bisa juga ditambahkan sedikit gula. 

Kemudian seduh air hasil rebusan tadi, jahe dan kencur ini sangat alami terbukti bisa melegakan tenggorokan, bahkan dengan kemajuan zaman dan alat teknologi, jahe dan kencur saat ini telah dikemas sedemikian rupa menjadi obat berupa kapsul siap minum. 

4. Daun Sirih 
Daun sirih juga dapat meredakan batuk berdahak, dengan cara merebusnya dicampur dengan kayu manis dan juga gula batu, agar sedikit menghilang bau dan aroma yang khas dari daun sirih tersebut. Cukup ambil 5 lembar daun sirih dan rebus secara bersamaan (kayu manis dan gula batu) kemudian minum 2-3x sehari, sekali minum baiknya satu sendok makan saja . 

Beberapa cara traditional dan alami untuk mengatasi batuk berdahak, yang cukup mudah dan bahan nya dapat kalian temukan di mana saja. Terlepas dari semua itu, menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting, jika kalian tidak terbiasa minum obat maka cobalah beberapa bahan diatas. Namun ada baik nya jika sedia payung sebelum hujan, jaga kesehatan sebelum sakit datang . semoga bermanfaat. 
Blog, Updated at: 19.56.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi

loading...