Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Produk barang dan Jasa Serta Contohnya

Apakah Anda sering menggunakan produk dan jasa dalam kehidupan Anda? Jika iya, maka Anda paham betul produk barang dan jasa seperti apa yang sering Anda gunakan. Oke jika Anda paham coba sekarang jawab pertanyaan saya " Apa perbedaan Antara Produk barang dan Jasa?".

Mungkin sebagian dari Anda yang membaca artikel ini sudah ada yang paham betul dan bisa jadi juga ada masih bingung mengenai perbedaan diatara keduanya. Berikut ini akan saya paparkan untuk Anda sekaligus memberikan contohnya, semoga Anda menjadi lebih paham. Simak artikel di bawah ini: 

Sebelum membahas tentang perbedaan produk barang dan jasa ada baiknya kita mengulang kembali tentang apa sih definisi produk itu? 


Produk 
Menurut dunia marketing produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Sedangkan dalam bisnis produk adalah barang ataupun jasa yang dapat diperjual belikan. 

Produk Barang 
Menurut wikipedia produk barang adalah produk fisik (memiliki wujud, bisa diraba dan bisa dilihat) yang dapat diberikan kepada pembeli sehingga terjadi perpindahan kepemilikan dari penjual ke konsumen. Ciri-ciri dari produk barang adalah memiliki wujud, memiliki manfaat dan nilai yang dapat di rasakan saat digunakan, serta bila digunakan produk barang nilai dan manfaatnya dapat berkurang bahkan habis. 

Adapun contoh produk barang adalah 
1. Peralatan (alat otomotif, alat masak, alat pemanas dll)
2. Makanan (donat, nasi, jagung, ikan)

Produk Jasa 
Berdasarkan penjelasan di wikipedia jasa adalah  layanan adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen. Sedangkan menurut Phillip Kotler pengertian jasa adalah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun.

Adapun contoh produk jasa adalah : 
1. Pengacara
2. Guru
3. Tukang bangunan 
4. Jasa anguktan 
5. Supir/driver
6. Arsitek 
7. Pengiriman barang (Jne, Pos Indonesia dll)
8. Tukang Ojek 
9. Dokter dan tenaga medis lainnya
10. Perbankan 
11. Polisi
12. dll

Sekarang sudah mulai paham ya dan bisa dong berangan-angan kira-kira apa yang membedakan antara produk barang dan jasa. Berikut ini saya bantu jelaskan perbedaannya agar Anda semakin paham : 

Perbedaan Antara Produk Barang dan Jasa 
1. Perduk barang memiliki wujud sedangkan jasa tidak.
2. Produk barang bisa dipindahkan kepemilikannya sedangkan jasa tidak.
3. Produk barang dapat disimpan sedangkan jasa tidak bisa.
4. Jasa adalah output dan akan ada setelah dibeli sedangkan produk kebalikanya.
5. Produk bisa di jual kebali sedangkan jasa tidak bisa.
6. Jasa cenderung memerlukan kontak langsung dengan konsumen sedangkan produk tidak 

Saya rasa cukup sekian ulasan tentang perbedaan antara produk barang dan jasa beserta contohnya, semoga dapat bermanfaat untuk Anda para pembaca. Terimakasih sudah berkunjung ke artikel ini.