Cara Membiasakan Anak Mengerjakan Sholat

Inspirasi saya untuk menulis artikel ini sekitar 2 hari lalu saya sholat berjamaah di masjid sengkaling, kemudian saya melihat seorang ayah sholat menggendong anaknya yang masih balita. Terlintas sejenak dibenak saya bahwa memang saat ini diluaran sana banyak orang tua yang tidak mengajarkan anaknya untuk menunaikan sholat sejak dini., dan lagi lingkungan di luar yang mayoritas pergaulan yang bebas. Ini perlu adanya benteng pelindung keimanan disetiap individu baik yang kecil ataupun yang dewasa agar dapat terhindar dari tindakan dosa.
Mengajari anak sholat adalah salah satu amal jahiriyah karna amalan itu akan tetap wajib dilaksanakan sampai akhir hayat, dengan kata lain kita mendapat pahala selama orang yang kita ajari sholat melaksanakan sholat. Hukum sholat sudah jelas nabi bersabda "barang siapa yang tidak melaksanakan sholat maka dia dihukumi kafir" " yang membedakan ummatku dan orang kafir adalah solat" dari hadis di atas bahawa orang yang meninggalkan sholat akan dihukumi kafir dan orang kafir itu tempatnya dineraka.
Kembali kepembahasan bagiamana cara mengajari anak melaksanakan sholat, sebagai berikut caranya:
  1. Jika anda yang mengajarinya maka anda harus mengerti aturan-aturan sholat baik waktu, tempat dan pakaiyan yang bagaimana dan wudzu yang benar.
  2. Seorang guru haruslah memperaktekkan atas apa yang dia ajarkan ke muridnya, berarti Anda memang harulah khusyuk dalam mengerjakan sholat.
  3. Bangunkanlah anak Anda ketika waktu sholat sejak usia 3 thun (lebih muda lebih baik), jika anak itu belum mau bangun maka gendonglah dia dan bawalah ke tempat anda melaksanakan sholat, dan baringkanlah si kecil disamping anda sholat tepat disebelah anda sujud.
  4. Ketika Si kecil terbangun dan menangis namun anda dalam keadaan sholat maka gendonglah dia namun anda tetap dalam keadaan sholat dan tidak merubah tempat nada berdiri. 
  5. Jika si anak tak kuasa didalam tangisannya, dan anda takkuasa untuk melajutkan sholat maka lebih baik anda membubarkan diri dulu dan bergantian untuk sholat dengan istri anda.
  6. Jika tindakan diatas telah ditempuh, tindakan terakhirnya adalah mendoakan sikecil agar menjadi anak yang sholih atau sholihah dan berikan kasih sayan yang baik kemereka :-)
Tindakan menggendong anak ketika sholat, nabi juga pernah memperaktekkannya. Demikian dulu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda yang ingin ananknya rajin mengerjkan sholat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membiasakan Anak Mengerjakan Sholat"

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi