Sulitnya Tiket kapal ke pulau Bawean-tips dan trik mendapat tiket

loading...

Liburan kuliah ini saya berencana ingin liburan dan pulang kampung dari kota Malang menuju pulau bawean, maklum saya kangen keluarga dirumah, suasana pantai yang sejuk dan hutan yang masih hijau, udara yang segar membuat saya ingin segera meninggalakan kota malang untuk menghabiskan liburan panjang di pulau bawean tersayang.
tiket kapal pulau bawean
Pelabuahn Gresik
Sesampai di kota gresik setelah melakukan perjalanan sekitar 4 sampai 5 jam saya langsung mencari informasi kapal yang menuju kapal bawean. Alhasil tidak ada kapal yang berangkat ke sana pada saat itu. oh ia kpal yang menuju pulau bawean itu ada 2 yaitu kapal cepat Expres Bahari yang menghabiskan waktu 3 - 4 jam perjalanan, yang kedua Kapal Giliyang untuk kapal ini saya belum tau banyak tentang kapal ini, yang saya tahu kapal ini berangkat 3 kali 1 minggu, setiap jmaat berangkat dari pelabuhan gresik dan sisanya dari lamongan.
Permasalahan yang sering dialami para calon penumpang dari Gresik ke Pulau Bawean adalah kesulitan mendapatkan tiket dan lagi jarangnya kapal ketika ombak sedang tinggi. Ini sama halnya dengan yang saya alami ketika baru-baru ini saya alami. Kapal yang tidak ada ditambah jumlah tiket yang sudah terjaul habis membuat saya terpaksa mencari tiket melalui calo yang harganya mahal bahkan sampai-sampai menembus harga 2 kali lipatnya. Mengapa saya ga menunggu lebih lama untuk mendapat tiket di perlayaran berikutnya? sebab kalau di hitung-hitung hidup di gresik juga lumayan mahal dan kapal tidak pasti kapan akan berangkat di cuaca seperti ini, kalau di hitung-hitung lebih murah naik kapal dengan tiket mahal dari pada menunggu tiket perlayaran berikutnya yang menghabiskan waktu di gresik, kan kita jugu butuh makan tempat tinggal selama menunggu.
Akhirnya saya mendapat informasi dari pelabuhan bahwa kapal besok akan berangkat dengan rute Gresik ke Bawean, namun sedihnya saya belum dapat tiket, saya coba menghubungi calo yang saya kenal dan alhamdulillah tiket tinggal satu. Tiket itu sebenernya milik orang lain dikarnakan orang yang bersamngkutan tidak jadi berangkat maka dijual kesaya dengan harga Rp.200K kelas ekonomi. Alhamdulillah saya bisa pulang kampung hehehe.
Ke Pulau bawean
Suasana keberangkatan

Pagi hari saya berangkat kepelabuhan tepat jam 9 pagi kapal berangkat menuju Pulau Bawean. Ombak yang cukup besar kalau perkiranaan saya 1 sampai 2 meter kali, membuat perut saya mual dan maz aziz di samping saya muntah-muntah. Yang lebih parahnya ternyata kapal molor nyampeknya, biasanya sih cuma tiga jam lebih 30 menit paling lama faktanya sampai molor 1 jam lebih. Beeeh menderita selama dikapal, apalagi masih dalam kondisi berpuasa.
Buat Anda yang ingin pulang kampung kepulau bawean berikut ini beberpa tips dan trik dari saya :
  1. Pesanlah tiket jauh-jauh hari di kantor resminya, jangan menelpon tapi langsung datang ke kantornya, karna biasanya melalui telepon tidak akan direspon. (begitulah pelayanan publik yang tidak memuaskan)
  2. Jika sudah mendapat tiket, ceklah barang bawaan apa saja yang perlu di bawa dan jangan lupa bawa oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat disana.
  3. Berangkatlah pagi-pagi sekitar jam 7 maksimal sudah di dermaga jika tempat duduk Anda di kelas ekonomi, karna kelas ini tidak nyaman dan sesak punuh dengan barang dan penumpang, mana lagi ada yang merokok, ada ayam burung dan lainnya yang mengurangi kenyamanan. Letakkanlah barang Anda dulu dan carilah tempat yang nyaman di kelas ekonomi, kalau saya lebih suka duduk dibelakang diluar ruangan.
  4. Tips yang ke empat ini buat Anda yang tidak dapat tiket tapi bersikeras ingin pulang kapampung jangan putus asa dulu, tetaplah berangkat kedermaga tapi datanglah pagi, coba Anda tanya-tanya kepada orang-orang disekitar sana apakah ada calo yang masih ada stok tiketnya, biasanya sih ada. Jika Anda tetap belum dapat langkah terakhir adalah tetap menuggu sampai para penumpang semuanya naik kapal, di penumpang terakhir anda bilang ke petugas loket pak masih ada tiket pak? saya dah capek pak nunggu dari tedi disini, jika anda beruntung maka pak petugas akan kasihan dan memberikan tempat atau tiket darurat kepada anda. Cara ini biasanya berhasil seperti yang dilakukan oleh sekitar 5 penumpang yang beruntung dapat tiket karna petugasnya kasihan.


Gimana apakah Anda juga mengalami kesulitan mendapat tiket yang sama seperti saya? ya yang sabar aja, semoga pemimpin kita dapat meningkatkan pelayanan publik seperti ini. Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat kepada anda yang membacanya.
loading...
Blog, Updated at: 14.34.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi