3 Penyebab Ban Motor Sering Bocor

3 Penyebab Ban Motor Sering Bocor

3 Penyebab Ban Motor Sering Bocor - Hari ini saya akan berbagi pengalaman dengan para sobat petualangan, Ban sepeda motor saya yang bocor saat pergi mencari ATM di Dinoyo. Setelah pulang dari kampus saya berjalan sekitar 3 km dari rumah kekampus untuk mencari tempat tambal ban, akhirnya setelah cepek berkeliling saya menemukan tempat yang saya cari itu tidak begitu jauh dari rumah hanya berjarak kurang lebih 500 m tidak sejauh ke kampus saya. Sesampai ditempat penambalan saya langsung bertanya " pak bisa tambal ban?" bapak yang menjaga tempat itu  yang saya pikir memang yang bekerja disitu " Ia maz silahkan " sepeda motor saya langsung saya masukkan ketempat penambalan ban itu.
Pak Ari sebutannya, sembari beliau memeriksa ban motor depan yang bocor, saya berkenalan dengannya. Pak ari mempunyai 5 orang anak dan usianya sekarang sudah 59 tahun, memang sudah cukup tua di usianya sekarang tapi tetap masih punya tenaga untuk membongkar ban -ban pelanggan yang bocor. Setiap hari beliau selalu menambal ban para pengguna sepeda motor , ia juga berkata "paling sedikit saya mendapat uang perhari sebebsar 30 rb maz" cukup lumayan ya sobat. Profesi ini sudah dia tekuni kurang lebih sudah 15 tahun yang lalu setelah dia berhenti dari proyek sidoarjo menjadi karyawan disana.
"Maz ini bannya kelipat karna kurang angin tetap dipake terus, coba liat ni lubangnya. Saya hafal sudah maz dimana saja ban yang bocor dan karna apa" hehehe memang benar sih kemaren waktu masih kempes saya pake kuliah dan mondar mandir. Lalu saya jadi kepikiran apa saja sih yang menjadi Penyebab Ban Motor Sering Bocor kepada pak Ari. Kemudian pak ari memberikan jawabannya yang saya ringkas untuk sobat pahami :

 3 Hal Yang Menjadi Penyebab Ban Motor Sering Bocor


  1. Ban Kempes (kekurangan angin) Tetap di Pake Terus dalam kondisi ini ban yang kempes akan melipat karna udara didalam ban tidak mampu menahan beban motor dan penumpangnya, apa lagi kalau melewati polisi tidur atau lubang yang ada di jalan-jalan. Ban yang terlipat ini akan berbenturan dengan pilek (kerangka ban yang terbuat dari logam) sehingga karet ban berpotensi untuk menciptakan lobang kecil, jika dibiarkan terus menerus bisa bocor, punya saya aja bocornya dua kemaren saat ditambal. Maka dari itu sebaiknya sobat terus rutin mengecek kondisi sepeda motor sebelum bepergian, seperti kondisi ban (angin dan ketebalan ban luar) reting, bahan bakar, klakson, rem depan belakang, lampu dan lain-lain.
  2. Terkena Paku Biasanya kejadian ini terkena pada bagian ban belakang untuk ban depan jarang terjadi kasus seperti ini, karna ban depan beban yang di tanggung tidak seberat ban belakang. Bisa saja yang depan kena paku tapi butuh paku yang taja sekali untuk membocorkan ban depan. Untuk mencegah terjadinya bocor lagi setelah ditambal, mintalah ke tungkang bengkelnya " pak tolong diperiksakan kondisi ban luar, apakah masih ada paku yang tertancap kedalam" ini berfungsi agar ban tidak bocor setelah di tambal.
  3. Kualitas Ban Yang Jelek Nah ban yang tidak bermutu biasanya sering mengalami bocor, karna karet mudah melar dan tidak kuat untuk menahan beban. Biasanya kasusnya saat ban ditambal menjelang beberapa hari kemudian sudah bocor lagi. Sebaiknya beli ban baru namun lebih berkualitas, bilang sama tukang bengkelnya " Pak ganti ban dalem yang bagus ya" biasanya bapak atau maz yang berbengkel sudah mengerti ban mana yang bagus kualitasnya.
kesimpulannya periksa kondisi motor termasuk ban sebelum berkendar, kenali ban bocor karna paku untuk memastikan ban tidak bocor lagi setelah di tambal dan yang terakhir pakailah ban yang berkualitas untuk menjaga ke awetan ban. Semua stetmen di atas saya dapatkan dari interview dan melihat kejadian yang saya alami saat menambal ban. semoga bermanfaat, jika ada yang ingin tahu cara menambal ban silahkan meninggalkan komentar nanti insya@ akan saya tuliskan tutorialnya. Sampai jumpa :-)

Sumber Gambar :thalibblackchaos.blogspot.com

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "3 Penyebab Ban Motor Sering Bocor"

  1. Ban yang kempes kurang angin membuat ban mudah rusak karena struktur ban akan terganggu.. Memang sebaiknya kita mengisi angin yang pas..

    Thanks infonya sangat bermanfaat...
    Mampir juga di blog saya gan.. Kenapa ban motor anda mudah bocor?

    BalasHapus

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi