Cara Perhitungan Kecepatan Paket Internet


Cara Perhitungan Kecepatan Paket Internet ? Mungkin sebagian dari kita sudah familiar dengan internet dan mungkin juga udah ada yang sudah berlangganan paket internet seperti speedy dan lain-lain.
Hari ini saya punya kesempatan untuk berbagi pengetahuan yang sebelumnya jadi tanda tanya juga buat saya. Berbegi sedikit cerita, saya baru-baru ini berlangganan paket 1 Mbps tapi yang jadi masalah saya tidak tahu berapa kecepatan yang akan saya dapatkan saat download file, mungkinkah dengan kecepatan 1 mb per detik? Setelah saya berkonsultasi dengan teman saya akhirnya saya mengerti perhitungannya dalam kecepatan yang kita dapatkan dari paket yang kita sewa. Mau tau lebih lanjut? Yuk kita langsung masuk dalam pembahasannya :
Cara Perhitungan Kecepatan Paket Internet

Perhitungan Kecepatan Paket Internet 

Mungin sobat pernah melihat brosur daftar harga paket internet yang isinya seperti dibawah ini

1.Load (512 kbps)
2.Socialia (384 kbps) 
3.Executive (2 mbps) 
4.Familia (1 mbps) 
5.Biz (3 mbps) 
6. Dan sebagainya 

Yang menjadi pertanyaan?

1. Maksud kecepatan disini, misalkan saya beli paket socialia(384 kbps), angka 384 kbps itu kecepatan apa? Kecepatan browsingkah, downloadkah atau bagaimana sih? Saya belum mengerti bagaimana perhitungannya. Yang saya ketahui cuma kecepatan yang terlihat dari 
kecepatan saat download. Misalkan mendownload dari server local seperti indowebster, berapa kbpskah  kecepatan download yang saya dapatakan jika berlangganan paket socialia? 

2. Pada umumnya warnet berlangganan paket Familia (1 mbps). Yang menjadi pertnyaan, seandainya 1 modem kemudian di paralel untuk 5 kompi, apakah nanti kecepatannya juga akan terbagi 5 
menjadi 200 kbps di masing-masing kompi? 

Jawabannya sebagai berikut :

1.Untuk yang nomer satu. itu kecepatan maximal akses atau juga Up to (hingga 384kbps) dan bukan kecepatan rata-rata, kenyataannya jarang stabil dikecapatan maksimal, yang aksesnya maksimal tentu saja keliatannya kalau download, kecepatan satuannya dalam bit, kalau di komputer kita perhitungannya satuannya Byte.. perbedaan mendasarnya pada penulisan huruf b-nya, kalau b kecil maka bit, kalau B besar maka Byte
1Byte=8bit, jadi kalau pengen tau kecepatan download versi dikomputer kita dibagi 8 saja 
512kb/s-->64KB/s 
384kb/s-->48KB/s 
2Mb/s-->256KB/s 
1Mb/s-->128KB/s 
3Mb/s-->384KB/s 

untuk lebih gamblang penjelasannya :
Hal lainnya yang perlu disepakati dalam penentuan kecepatan akses internet adalah ukuran baku dalam menentukan besaran badwidth yang akan disewa. Ukuran umum untuk menentukan bandwidth adalah bps (bit per second) bukan byte per second. Misalkan kita berlangganan 512 kbps (baca 512 kilo bit per second). Nilai 1 Bype = 8 bit, sehingga 512 kbps = 64 kBps. Sehingga dengan besar bandwidth yang disewa sebesar itu kecepatan koneksi internet yang kita peroleh dalam melakukan download adalah 64kBps... tapi jangan lupa ini adalah kecepatan max, bukan rata-rata... 
kalau mau tahu pastinya berapa bisa di tes disini: 
cara perhitungan kecepatan paket internet
tampilan speedtest.net


Nah kalau kecepatan server lokal saya kurang tau, semengerti saya kalau di indowebster kalau pake paket socialia bisa kecepatan maximal.

2. Untuk jawaban nomor dua, kecepatan yang kita dapatkan tidak akan dibagi menjadi lima bagian yang sama besarnya. Tentunya kecepatan akan terbagi berdasarkan prioritas koneksi. 
Prioritas download dan browsing tentunya akan lebih diprioritaskan untuk download. 
Jadi Jika 1 modem di paralel menjadi 5, bisa saja 1 komputer mendapatkan 200 Kbps, dengan catatan bahwa tiap-tiap komputer tersebut dibatasi kecepatannya dengan menggunakan mikrotik. Jika tidak menggunakan mikrotik, pembagian kecepatan akan sia-sia/tidak berpengaruh, alias 1 komputer bisa saja mendapatkan kecepatan 1 Mbps atau (128KB/s) dan yang lainnya akan lemot.

Saya harap sobat sudah mengerti Cara Perhitungan Kecepatan Paket Internet dengan pembahasan yang sudah di jelaskan di atas. So bijaklah dalam menentukan paket yang akan sobat sewa, sarannya jangan tergiur dengan kecepatan yang lebih tinggi bila belum dibutuhkan walaupun harganya murah atau promo. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Sumber gambar :andre-bgenk.blogspot.com
Sumber informasi :https://id.answers.yahoo.com/question/index
loading...
Blog, Updated at: 18.10.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi