Bahaya Mie Instan Bagi Kesehetan Tubuh Jika Terlalu Sering

loading...
Mie Instan sering juga di sebut mi dikalangan masyarakat, Mie adalah makanan instan yang sudah dimasak terlebih dahulu yang kemudain dapat di konsumsi sewaktu-waktu dengan hanya menambahkannya dengan air panas dan bumbu-bumbu yang telah disediakan dalam bungkus mie instan. Namun siapa yang tahu bahwa ada efek samping pada kesehatan bila mengkonsumsi mie dalam tubuh manusia terlalu banyak.

Dikalangan masyarakat menengah kebawah tidak akan asing dengan lauk pauk mie rebus ataupun mie goreng, selain harganya yang cukup murah rasa mie instan berbahaya ini sangat enak dimakan dengan menggunakan nasi. Saya sebagai mahasiswa yang jauh dari rumah juga menyadari bahwa mie instan adalah sahabat para mahasiswa yang merantau ke kota orang untuk mencari ilmu, alasan kami mengkonsusi mi karena harganya yang murah sehingga bisa lebih menghemat biaya kuliah.

efek buruk mie instan bagi kesehatan

Sejarah tentang mie instan pertamakali diciptakan oleh Momofuku ando pada tahun 1958 kemudian didirikanlah perusahaan Nissin yang memproduksi produk mie instan di dunia. Menurut sebuah survei di jepang pada tahun 2000 mie instan adalah ciptaan produk terbaik di jepang setelah Karaoke dan CD. Hingga tahun 2002 telah tercatat lebih dari 55 juta porsi mie instan dalam setahun yang telah dikonsumsi manusia.

Mie Instan Bahaya Bagi Kesehatan - Benar Ga Sih ?

Baiklah mingkin ini pembahasan yang anda tunggu-tunggu. Tapi jangan khawatir karena akan saya coba jelaskan secara gamblang mengenai dampak negatif mie yang dikonsumsi oleh manusia. 

Mie isntan jika dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya untuk kesehatan anda, ini disebabkan karena kandungan zat aditif yang menempel pada mie yang beredar di masyarakat. 

Mie terbuat dari campuran tepung, garam, minyak sayur, dan bahan-bahan aditif semisal natrium polifosfat (berfungsi untuk pengemulsi/penstabil), natrium karbonat dan kalium karbonat yang bekerja sebagai pengatur asam.Selain itu, mie juga ditambahkan zat pewarna kuning (tartrazine).

Selain mie itu sendiri, masi ada bumbu mie yang banyak mengandung garam, cabe, dan bumbu-bumbu lain. Bumbu mie instan juga tak lepas dari zat aditif makanan seperti MSG (monosodium glutamat) yang berfungsi sebagai penguat rasa.

Bahan-bahan di atas berbahaya jika ditimbun dalam tubuh kita, apa lagi kebiasaan untuk mengkonsumsinya setiap hari memberikan dampak negatif untuk kesehatan. Jika Anda ingin hidup sehat, kurangilah mengkonsumsi makanan yang instan seperti mie instan ini. Lebih baik jika kita mengkonsumsi makanan yang sehat semisal sayuran hijau yang masih dengan mudah kita dapatkan dipasar-pasar tradisional itu akan jauh lebih sehat di bandingkan dengan mengkonsumsi mie.

berikut ini beberapa contoh penyakit yang di indikasikan karena mengkonsumsi mie instan :
  • Kanker mie instan baru-baru ini ditemukan bahwa ada pelapis yang melapisi permukaan mie yaitu lilin, ini menjadi penyebab mengapa lilin tidak lengket antara satu sama lainnya. Lilin didalam tubuh manusia cukup sulit dan lama untuk di cerna dalam sistem pencernaan, butuh sekitar 2 jam. Jika lilin terus menumpuk didalam tubuh kita dapat menimbulan tumbuhnya sel kangeker pada hati, usus bahkan lukimia. Selain itu juga MSG pada bumbu mie adalah zat aditif yang berbahaya karena dapat memicu pertumbuhan sel kanker.
  • Pusing Atau Sesak Nafas sebagian orang memiliki tingkat kesensitifan terhadap zat berbahaya dalam tubuh yang berbeda. MSG adalah salah satu zat berbahaya yang dapat menimbulkan rasa pusing dan sesak nafas pada orang yang alergi MSG yang daya tahan tubuhnya lemah.
  • Jaringan Otak Terganggu zat kimia yang menumpuk dalam tubuh manusia dapat menurunkan kerja syaraf otak, sehingga dapat menyumbat pembuluh darah yang ada dalam tubuh, Ketika pembuluh darah tersumbat maka otak dan jantung tidak mendapatkan pasukan oksigen yang cukup sehingga berpotensi terkena stroke dan penyakit jantung. 
Namun, anda jangan takut, asal jangan over dalam mengkonsumsi mie instan maka tubuh anda akan tetap sehat normal. Yang menjadi pertanyaan adalah cara aman mengkonsumsi mie instan? setelah saya browsing akhirnya saya menemukan caranya.

Tips Cara Aman Mengkonsumsi Mie Instan 

Cara aman Mengkonsumsi mie

Tips ini bertujuan agar dampak negatif mie dapat di tekan, sehingga menjadi lebih sehat untuk di konsumsi, simak tips berikut ini :

1. Memberi Jeda Waktu 

Apakah anda pecinta mie instan sejati? jika hidup anda hampa tanpa mie, namun ingin hidup sehat maka berilah jeda tubuh anda untuk tidak mengkonsumsi mie. Makanlah mie paling banyak satu kali dalam tiga hari (3 hari 1 x makan mie instan) Tujuannya agar lapisan lilin dapat benar-benar di cerna oleh sistem pencernaaan kita. Karena lilin ini berbahaya bagi tubuh, cara ini dapat mencegah menumpuknya lilin dalam tubuh. 

Hidup sehat lebih membahagiakan dari pada memakan makan berbahaya untuk tubuh anda, sehat harganya mahal, jadi jika anda sudah mengerti bahayanya sebaiknya dihindari secara perlahan-lahan. 

2. Membilas Mie Masak

Air rebusan pertama melarutkan banyak lilin dipermukaan mie, maka dari itu sebaiknya air rebusan dibuang kemudian ditiriskan dan dibilas kembali menggunakan air yang matang atau bersih tujuannya agar mie langsung bisa di konsumsi. 
Na sekarang baigaimana jika mie goreng? sama halnya dengan petunjuk di atas, rebusan awal anda buang terlebuh dahulu dan bilas dengan air hangat yang sudah matang dan tuangkan mie yang sudah dibilas pada wadah untuk dibumbuhi.

Untuk Mie kuah jangan langsung mencampur bumbu saat memasak mie, buang air rebusan yang kedua, bilas mie instannya kemudian gunakan air yang panas untuk melarutkan bumbu mie kuah.
Yang terpenting janganlah mengkonsumsi air rebusan mie instan yang pertama, karena kemungkinan besar mengandung zat llilin yang berbahaya.

3. Jangan Mencampur Bumbu Mie

Ingat bumbu mie instan terdapat MSG, zat ini akan bereaksi lebih agresif pada tubuh apa bila di panaskan saat memasak mie bersama bumbunya. Ikutilah seperti langkah yang pertama dan kedua.

Bahaya Mie Instan Untuk Janin Dan Ibu Hamil



Saya pernah membaca di sebuah situs yang berdiskusi mengenai bahaya mengkonsumsi mie instan saat sedang hamil, apakah ada pengaruhnya, dan jika ada sampai sebatas apa bahayanya? Sebenarnya memakan mie instan bagi orang hamil dan tidak hamil tidak lah benar-benar berbahaya, namun yang harus diperhatikan adalah internsitas pengkonsumsiannya.

Mengapa mie instan tidak menyehatkan, itu karena kandungan komposisi mie yang terbuat dari campuran minyak dan tepung sehingga tidak kaya dengan perotein yang dibutuhkan oleh manusia untuk proses metabolisme.

MSG atau monosodium glutamat dapat memicu timbulnya reaksi hypersensitif pada sebagaian orang yang bisa menimbulkan mual, sakit kepala, muntah dan lemas dan keadan akan semakin buruk jika dikonsumsi dalam keadaan hamil.

Tips Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Orang Hamil

- Kurangi penggunaan bumbu bawaannya, sehingga secara tidak langsung anda juga mengurangi MSG dalam mengkonsusmi seporsi mie. Anda juga bisa meracik bumbu sendiri untuk digunakan sebagai penyedap mie anda.
- Tambahkan makanan yang bergizi dalam sajian mie instan anda, misal wortel, lauk, telor dan sayuran lainya. Ini bertujuan agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.
- Perbanyak memakan makanan yang bergizi dilain waktu.

Demikian Bahaya Mie Instan Bagi Kesehetan Tubuh Jika Terlalu Sering yang bisa saya sampaikan terima kasih sudah berkunjung, semoga bisa bermanfaat untuk orang yang banyak.


loading...

Postingan terkait: