Gejala Penyakit Rematik Serta Ulasan Lengkap Obat dan Penyebabnya


Rematik (Rheumatoid Arthritis) adalah salah satu penyakit yang menyerang sendi, otot, dan jaringan tubuh pada manusia. Sebenarnya rematik ada banyak sekali jenisnya namun yang pada umumnya di derita dan di keluhkan adalah rematik pada bagian alat gerak yaitu persendian. Persendian adalah penghubung tulang satu dengan tulang yang lain yang di dalamnya terdapat tulang lunak yang menahan terjadinya gesekan pada bigian sendi. Gejala rematik biasanya di awali dengan rasa sakit di bagian persendian yang terasa nyilu dan pada umumnya akan terasa lebih sakit ketika cuaca dingin, terkena air dingin dan udara yang dingin.

Gelaja rematik


Perlu diketahui bahwa penyakit ini dapat meyerang siapa saja, baik yang berusia muda ataupun tua, kalau boleh dibilang tanpa pandang bulu, siapapun dan dimanapun keberdaan orang tersebut. Siapa saja yang memiliki tubuh rentan akan sangat mudah terjangkit penyakit ini. Perlu diperhatikan bahwa jika anda berusia masih belasan tahun ataupun puluhan tahun harus di ketahui apakah tubuh kita sedang menderita rematik atau tidak agar kita dapat mencegah hal itu semakin parah dan tak terkendali. Bagaimana cara mengenalinya? Dengan cara kita mengerti gejala dari penyakit rematik pada tubuh kita, berkut ini ulasan lengkapnya.

4 Jenis rematik dan gejala beserta tanda-tandanya saat fase awal 


Rematik jika di artikan  secara sederhana adalah kondisis dimana terjadinya kerusakan pada area persendian yang disebabkan ketidak lancaran prosess perbaikan dan pemulihan sendi. Kadaan akan semakin buruk ketika penderita panyait ini berhubungan dengan air dingin atau udara yang dingin, biasanya persendihan akan terasa lebih sakit. Para ahli kedokteran memasukkan rematik dalam kelompok penyakit reumatologi atau sendi. Dalam istilah medis selalu disebut dengan keadaan dimana sistem tulang otot terasa nyeri dan kaku (muskuloskeletal).



Perdangan yang di alami salah satu atau lebih pada sendi itu dikenal dengan arthritis yang juga dikenal sebagai istlah dari rematik. Setiap jenis rasa sakit ataupun nyeri yang mempengaruhi otot, tulang dan sendi sebagai gambaran dari pengeritian dari rematik. Gajala rematik akan berbeda-beda yang akan dirasakan tiap-tipa individu, in tergantung jenis rematiknya dan kemampuan daya tahan tubuh manusia yang tidak sama, berikut ini penjelasan lengkap mengenai gejala remati.

1. Gejala rematik arthritis

Pada umumnya rasa sakit dikarnakan adanya keausan sendi dan ligimen. sedangkan pada rematiharthritis ini disebabkan karena adanya peradangan pada lapisan sendi dan ini yang menyebabkan nyeri adapun tanda-tanda gejalanya secara umum :


  • Di sekitar sendi terasa kaku salah satu atau lebih 
  • Sendi tubuh mengalami pembengkakan
  • Rasa sakit yang berulang atau terus menerus tapi tidak di ketahui penyebabnya
  • Sendi tersa hangat dan tampak merah
  • Terasa sulit bergerak dengan tiba-tiba

2. Gejala rematik palidromic

Bisa disebut juga sindrom hench. Rematik palidromic ialah penyait autoimun kronis dan tergolong dari rematik arthritis yang sudah tingkat lanjut. Rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit ini dapat menimbulkan kecacatan pada penderitanya, biasanya penyakit ini di derita oleh pria dan wanita usia sekitar 20 sampai 50 tahun e atas gejala dari rematik palidromic sebagai berikut :

  • Adanya kerukan permanen pada bentuk sendi dan ada kalanya dapat kembali normal
  • Tubuh sering menjadi tidak seimbang pada waktu-waktu tertentu 
  • Terjadi kelainan sering terjadi pada area sendi pergelangan tangan, lutut dan siku
  • Setipa orang memiliki gejala yang berbeda-beda

3. Gejala rematik muskular

Reamtik muskular terjadi karean peradangan di jaringan fibrosa yang dikenal juga dengan istilah fibromyalgia adapun tanda-tanda atau gejalanya :
  • Pada bagian yang sakit terasa neyeri yang kontan
  • Terjadinya deman dan denyut nadi yang cepat disebabkan rematik yang telah akut
  • Rasa sakit yang sangat hebat tapi tidak mengalami kerusakan permanen
  • Otot yang terkena mengalami nyeri kronis
  • Gerakan dari otot memberikan rasa sakit

4. Gejala rematik jaringan

Rasa sakit dan peradangan pada otot, tedon dan ligamen atau juga daerah diluar sedi disebut rematik jaringan lunak. edua bentuk jaringan lunak adalah tendinitis dan sindrom bursitis. adapun gejalanya sebagai berikut :
  • Nyeri meliput bursitis bengkak dan terasa hangat di dekat permukaan tubuh
  • Nyeri dan eritema dan nyeri ketika mendapat tekanan
  • Malam hari terasa sakit yang parah
  • Nyeri jika ada gerakan terutama gerakan yang berlawanan dengan sendi
Sebenarnya masih ada beberapa gejala yang dapat ditimbulkan oleh penyakit rematik seperti sakit kepala, diare, nafsumakan berkurang, terasa sakit saat menelan makanan dan sakit perut pada beberapa kasus. Pada fase awal seperti rematik arthiritis sering terjadi nyeri pada persendihan, terjadi kelesuhan dan mengalami demam. Jika anda merasa mengalami gejala seperti di atas segeralah meminta pertolongan medis. 

Pada umumnya orang beralasan tidak memiliki uang untuk berobat atau hanya untuk berkonsultasi pada dokter. Jika anda termasuk dari golongan yang seperti ini jangan berputus asa, karena anda dapat menempuh pengobatan tradisional dan menghindari hal-hal yang membuat anda terkena rematik dengan mengetahui apa saja penyebabnya.

Penyebab rematik

Apasih sebenarnya penyebab rematik, saya sendiri sebagai penulis merasa khawatir terhadap diri saya sendiri, walaupun saat ini saya belum merasakan gejala-gejala rasa nenyeri di persendiyan tulang, tetap saya ada rasa takut apalagi penyakit rematik belum di ketahui pasti penyebabnya. Banyak sumber-sumber yang tidak memiliki lisensi (tingkat kepercayaan rendah) yang memberitakan hal-hal mengenai penyab rematik. 

Orang awam atau nenek-nenk kita menyangkutpautkan rematik di sebabkan karena mandi di waktu malam hari padahal belum ada penelitian yang membenarkan pernyataan tersebut. Lalu mengapa saat mandi malam sendi terasa nyilu? itu bisa disebabkan karena radang atau rematik yang sudah diderita mengalami rasa sakit berlebih ketika terkena suhu dingin atau air yang dingin bukan penyebabnya. Saya sendiri sering mandi malam tapi tidak merasa nyilu atau ngilu pada persendian saya. Jika di ulas lebih dalam air dan dingin tidak ada hubungannya dengan rematik, justru air dingin mampu memberikan ketenangan ketika pikiran lagi penat dan lelah. Sering juga rematik ada sangkut pautnya dengan asam urat nanty akan saya bahas juga mengenai hal ini. lalu apa dong penyebab rematik ? Setelah saya mencari tau dengan berkeliling di blog-blog kesehatan yang membahas tentang penyebabnya. Berikut ini kesimpulan yang saya buat untuk anda:
2 Rematik Penyebab Rematik

Ada dua faktor yang membuat seseorang terkena penyakit rematik adapaun faktornya sebagai berikut:

1. Faktor Internal 
Faktor ini disebabkan karena genetik yang di turukan pada keturunannya. Menurut Encyclopedia of Public Health, telah ada indikasi bahwa pola-pola genetik bertanggungjawab terhadap timbulnya penyakit ini.  Apakah penyakit ini bisa di sembuhkan, saya belum tau pasti namun yang jelas bisa di kurangi dampaknya atau di cegah agar tidak semakin parah.

2. Faktor Eksternal 
Faktor eksternal disebabkan dari luar tubuh kita, biasanya segala macam penyakit disebabkan karena pola hidup tidak sehat seperti jarang berolahraga dan pola makan yang sembarangan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa asam urat adalah penyebab satu-satunya rematik sehingga banyak pasien yang berkonsultasi pada doker rematik dengan membawa hasil uji asam uratnya kemudai bertanya " Asam urat saya normal mengapa saya di diagnosis terkena rematik?" Ini adalah asumsi yang salah, perlu di ketahui bahwa tidak semua rematik itu di sebabkan karena asam urat. Lebih parahnya lagi ada yang menyebutka bahwa rematik dapat menyerang siapa saja dan berapapun umurnya bahwkan balita sekalipun.

Seperti yang saya sebutkan sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan secara detail dan meyakinkan penyebab rematik ini, namun beberapa sumber mengatakan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas juga menjadi salah satu penyebab rematik karena tulang sendi harus bekerja lebih keras untuk memopong badan yang berat.

yang menjadi pertanyaan sekarang...

Adakah Cara mencegah dan mengobat rematik

Cara terbaik untuk mencegah rematik adalah dengan polah hidup yang sehat seperti meluangkan waktu untuk berolah raga misal berjalan kaki, jalan kaki ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tanpa menganganggu persendian yang sakit. Namun juga perlu di perhatikan dalam berolahraga, hindari olahraga yang memerlukan tenaga ekstra dan gerakan-gerakan yang berat seperti bermain bola, bulu tangkis, volly dan pencak silat karena dapat membuat sendi bekerja lebih keras dan ini bisa menimbulkan rasa nyeri atau nyilu saat berolahraga dan sesudahnya. Namun, jika anda mencinati olah raga tersebut sebaiknya di imbangi dengan mengkonsumsi suplemen seperti kalsium untuk menjaga kekuatan tulang yang disertai sayuran yang bergizi sebagai penunjangnya.

obat-obatan yang sekarang ada di pasaran belum ada yang bisa menyembuhkan penyakit rematik. Obat-obat itu hanya untuk mengurangi rasa nyeri dan mencegah kerusakan sendi lebih lanjut. “Pengobatan rematik biasanya jangka panjang,” ujarnya. Jika rematik yang menyerang pasien sudah sampai tahap deformitas sendi (perubahan bentuk sendi) maka biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan termasuk mahal, bahkan ada obat yang harganya mencapai puluhan juta rupiah sekali suntik.

Obat yang biasa diberikan dokter pada pasien penyakit rematik antara lain golongan analgesik (penghilang rasa nyeri), yang bisa menekan prostaglandin, penyebab timbulnya peradangan. Obat ini memiliki efek samping gangguan lambung. Karena itu, hadirnya obat rematik yang lebih spesifik seperti celecoxib, disambut gembira karena memiliki efek samping yang kecil pada lambung dan ginjal. Golongan obat lain adalah kortikosteroid, untuk mengatasi inflamasi (peradangan) dan menekan sistem kekebalan tubuh sehingga reaksi radang pada rematik berkurang. Bentuk obat ini bisa berupa krim yang dioles pada kulit atau suntikan. Sayangnya, obat ini memiliki efek samping seperti pembengkakan, nafsu makan bertambah, berat badan naik, serta emosi yang labil.

Tips untuk menghilangkan rasa nyeri ketika rematik menyerang persendian dengan tanpa obat adalah dengan mengkompress daerah sendi yang sakit dengan es, ini berfungsi untuk mengurangi kerja enzim pada area senidi.

Untuk mencegah datanyanya rasa nyilu dan nyeri kembali, hindarilah olah raga yang berlebihan dan tetap jaga berat badan menjadi stabill dan ideal. Jika anda engalami rasa nyeri pada persendihan segeralah perikasakan ke doktor untuk mengetahui apakah anda terserang rematik atau hanya pegal pada persendihan, tujuannya agar anda dapat langsung bertindak dan mencegah rematik semakin parah.

Demikain penjelasan Gejala Penyakit Rematik Serta Ulasan Lengkap Obat dan Penyebabnya yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung dan jika anda menyukai artikel ini tolong untuk menshare melalui facebook dan tweeter anda agar teman anda juga dapat membacanya.


loading...
Blog, Updated at: 14.39.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi