Penyebab Laptop Sering Rusak Dan Cara Mengatasinya

loading...

Peneyabab Lapto Sering Mengalami Kerusakan dan Bagaimana Cara Mengatasinya- Saat ini hampir semua kalangan memiliki laptop, dulu harganya masih tinggi dan hanya orang berekonomi menengah ke atas yang mampu membelinya. Kalau sekarang kan sudah murah meriah bahkan pelajar SDpun sudah banyak yang mempunyai laptop.



Rangkuman Artikel ini
1. Kerusakan pada umumnya
2. Penyebab kerusakan 

Banyaknya pengguna laptop membuat problematika mengenainya, saya sendiri memiliki laptop yang di belikan bapak saya sudah berusia sekitar 5 tahunan dan sudah mengalami banyak sekali problem yang sudah diselesaikan akhirnya masih sangat berfungsi, namun yang sudah tidak bekerja sebagai mestinya adalah ketahanan battrey laptop. Dulu saya memakainya sembarangan, buat main game, online sepanjang malam bahkan saya tinggal tidur laptop dalam ke adaan menyala. Battrey tidak saya copot karena tidak bisa nyala kalau tidak di colokkan kelistrik. Sebelumnya sudah saya coba untuk melepas batrey laptop dan langsung di colokin ke colokan tetapi tidak mau nyala jadi terpaksa saya ikutkan batreynya saat mengoprasikan laptop kesayangan sambil saya cas.

Mungkin banyak di antra kita yang menggunakan laptop tapi tidak bisa menjag dan merawat laptop sehingga menjadi rusak, terutama di ke awetan battrey. Pada umumnya kerusakan laptop yang saya jumpai dari milik saya dan teman-teman saya adalah hardisk dan battrey yang tidak awet. Saya bertanya pada diri sendiri, apa ya penyebabkan laptop itu cepat rusak? akhirnya saya mulai mengamati dan survey secara kecil-kecilan mengenai penyabab kerusakan yang pada umumnya terjadi pada laptop, saya bertanya pada teman-teman saya yang punya laptop dan orang yang ahli dalam reparasi laptop, akhirnya sekarang saya bisa merangkumkan pengamatan saya dalam artikel ini.

Kerusakan Laptop Pada Umumnya

Ada beberapa kerusakan laptop yang sering terjadi dan saya jumpai di tempat reparasi laptop, dan hampir semuanya sudah saya alami, berikut ini saya tuliskan ceritanya pada sobat semua. 

1. Sistem Oprasi (OS) Error kejadian ini terjadi karena terjadi program yang error di sistem oprasi yang kita gunakan. Biasanya keluhan dari para pengguna adalah lambatnya perintah yang di respon oleh OS (lemot), sering terjadi not responding dan kadang OS tidak mau booting atau mengulang-gulang sestart.
Penyabab rusaknya Sistem Oprasi adalah :
  • Terlalu banyak software yang di install pada komputer sobat, setiap laptop ada kapasitas masing-masing, jadi sesuikan penggunaan software agar tidak cepat rusak.
  • Virus yang menginfeksi Os dapat membuat OS menjadi error dan rusak, kerena virus mampu mengubah data yang ada di registry.
  • Registry yang menumpuk dan tidak di hapus juga dapat membuat kerja OS menjadi lamban, cara menghapus ikuti langkah sbb: Run : C:\windows\Prefetch kemudian delete. 
  • Kurangnya perawatan (maintenance) seperti backup data, membersihkan virus atau registry yang tak terpakai.
  • Sering mengclouse program yang aktif secara paksa
  • Terakhir OS dan software yang di instal palsu 
Sekarang sobat sudah mengertikan beberapa penyebab mengapa OS sering error atau mulfungsi, mulai dari sekarang rawat baik-baik Os yang sobat gunakan. Jangan menginstal software yang tidak penting atau jarang sobat gunakan agar kerja Os stabil dan cepat. Okey Next topik.

2. Battrey Yang Tidak Awet ini juga saya alami sendiri. Batrey rusak bisa jadi disebabkan oleh penggunaan laptop dengan sambil mengecas (charge) secara bersamaan. Faktanya memang benar, kalau mengecas laptop sambil mengoprasikannya akan membuat arus bertabrakan di dalam batrrey, energi masuk dari luar dan battrey juga harus mengeluarkan tegangan untuk mengoprasikan laptop, ini membuat battrey menjadi panas dan lama-lama akan menjadi soak atau tidak bisa menyimpan tegangan lagi seperti semula.

Di lain kasus tidak hanya mengecas sambil menggunakan laptop saja yang membuat battrey menjadi cepat rusak. Seorang teman karib saya pernah menceritakan pengalamannya mengenai laptop barunya yang mengalami kerusakan pada battrey laptopnya, ceritanya, teman saya mengecase battrey laptopnya hingga penuh, alasannya karena dia hendak memaketkan laptopnya dari batam kelpualu jawa, dan tidak mengoprasikannya selama 1 bulan, singkat cerita 30 hari telah berlalu battrey penuh namun masih terpasang pada laptop, ketika teman saya mencoba menyalakan laptopnya ternyata laptopnya tidak mau menyala, dan akhirnya dia mencas battrey laptopnya tapi tidak penuh-penuh, setelah di cabut dari listrik tetap tidak mau hidup. Heem teman saya jadi bingung dan sedikit panik, kenapa ya laptop saya, padahal masih baru. Setelah itu dia mecopot battrey dari laptop dan menggunakan kabel casannya langsung ke sumber listrik dan laptop kembali menyala tanpa battrey terpasang pada laptop.

Saya juga mendengar dari seorang guru komputer waktu smk dulu bahwa laptop jika digunakan dalam keadaan di cas akan cepat rusak, dan ketika tidak mengoprasikan alat elektronik untuk jangka waktu sebulan sebaiknya batrey di lepas dari tempat dan biarkan battrey dalam ke adaan tidak berisi daya penuh.

Kesimpulannya janga menggunakan lapto sobat dalam keadaan di cas dan lepaskan battrey ketika tidak menggunakannya selama 1 bulan, jangan lupa untuk tidak mengisi daya battrey saat di tinggal.

Cara mengatasinya adalah dengan membeli battrey baru, karena battrey yang sudah rusak belum bisa di perbaiki. Saran saya beli yang cukup berkualitas agar awet.

3. Hardisk Internal Error Kasus ini yang paling menyakitkan, gejala dari kerusakan ini tiba-tiba OS laptop restar sendiri tanpa ada perintah, kadang-kadang saat membuka file di disk D dan E sulit dan butuh loading yang lama, Saat mengcopy file yang besar sangat lama dan kadang sering gagal. Ketika sobat mengalami hal seperti di atas sebaiknya segera mengcopy file penting anda seperti data-data kenang-kenangan, tugas dan lain sebagainya yang menurut sobat penting ke flaskdisk atau hardisk eksternal untuk menyelamatkannya. Karena bisa jadi dalam waktu dekat laptop OS akan terus merestart tanpa memberi kesempatan pada anda untuk menyelamtkan file yang ada. 

Penyebab laptop sering rusak dan cara mengatasinya


Kerusakan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, naasnya saya tidak bisa menyelamatkan file kesayangan saya, kenang-kenangan hilang besama hardisk internal saya. Penyebab rusaknya hardisk internal karena goncangan-goncangan pada PC atau laptop sobat masih dalam keadaan menyala, kok bisa? sobat tau didalam hardisk itu ada piringan tipis yang berfungsi untuk menyimpan data kita, ketika dalam keadaan menyala piringan itu berputar dengan cepat pada porosnya, ketika mendapat goncangan dari penggunaannya akan membuat piringan tergores dan posisi piring bisa miring. ketika sudah miring putaran hardisk semakin lama semakin lamban, ketika kecepatan putaran sudah lamban maka program komputer tidak bisa membaca hardisk yang digunakan. Kalau sudah begini OS tidak bisa beroprasi dan al hasil akan selalu restart.

Cara mencegahnya, jangan mengoncang-goncangkan laptop saat sedang menyala terlalu sering, kedua bila laptop mati mendadak karena listrik yang padam jangan menggerakkan laptop sampai anda menghidupkannya lagi dan mematikan lapto sesuai prosedur. Untuk mengatasinya dengan cara mengganti hardisk internal yang baru. Ada pertanyaan, bagaimana jika hardisknya kita perbaiki? Bisa saja tapi sangat rumit dan jika berhasil biayanya akan mahal dan butuh waktu yang lama, resikonya tidak ada garansi pemakaian.

Demikian pembahasan mengenai Penyab Laptop Sering Rusak Dan Cara Mengatasinya semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikelnya.

loading...

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Penyebab Laptop Sering Rusak Dan Cara Mengatasinya"

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi