Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah Organik


Kali ini saya akan berbagi bagaimana Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah Organik dengan mudah, berdasarkan pengalaman saya saat mengikuti pelatihan pembuatan kompos di Kampus tercinta. Sebenarnya hampir semua bahan organik itu bagus untuk di jadikan kompos, tetapi ada sebagian dari bahan organik yang kuran gbika jika di jadikan kompos seperti limbah organik jeruk (karena terlalu asam).

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah Organik di sektar kita


Kita mengerti kalau limbah atau sampah organik itu banyak macamnya, ada yang sisa tanaman ada juga yang sisa dari hewan seperti kotoran sapi, kambing dan ayam. berdasarkan dari beberapa penelitian bahwa setaip bahan organik yang berbeda menghasilkan kualitas kompos yang berbeda. Misalkan kotoran kambing dengan kotoran sapi kita jadikan kompos dalam tempat yang berbeda nanti hasil yang di peroleh kualitas komposnya juga berbeda yang berbeda. Pertanyaannya manakah yang lebih baik? Anda bisa menguji coba pada 2 tanaman yang sama dengan tindakan yang berbeda, satu tanaman kompos dari kotoran sapi dan yang satunya kompos dari kotoran hewan. Lihat dan amati perbedaan pertumbuhan di antara keduanya manakah yang lebih baik pertumbuhannya nanti itulah hasil jawabandari pertanyaan di atas. Owkey searang kita kembali ke topik.

Membuat Pupuk Organik Dari Limbah Rumah Tangga

Biasanya limbah rumah tangga itu sisa nasi, potongan sayuran, sisa lauk seperti tulang dan sisa organik yang lainnya. Begini cara buatnya :

limbah rumah tangga untuk kompos


Alat Bahan Yang diperlukan

  • Siapkan lubang berbentuk kotak pada halam rumah anda ukuran 50 cm persegi kalau bisa di semen agar tetap awet dan kompos nanti bisa kita ambil
  • Siapkan kompos yang sudah jadi, jika tidak punya bia mengambil di bawah tumpukan sampah (tanah yang berwarna agak kehitaman dan gembur) Ini berfungsi sebagai katalisator agar limbah cepat terurai
Cara Membuat Kompos Limbah Rumah Tangga
  • Kotak limbah yang sudah di siapkan tadi di taburi kompos di landasan kotaknya (jadi sampah tidak langsung nempel pada semen bawah)
  • Taburkan secara merata dengan tinggi yang sama atau datar
  • Lapisi tumpukan sampah organik dengan humus atau kompos yang sudah di sediakan tadi.
  • Basahi sedikit saja tumpukan tadi dan tutup dengan apa saja yang penting oksigen tetap bisa masuk pada kotak tersebut.
  • Diamkan selama 30 hari maka kompos siap untuk di gunakan, 
Untuk mempercepat proses pengomposan bisa di tambahkan dengan starter bakteri pada saat mendiamkan limbah organik. Tapi jika anda ingin sangat cepat sekitar satu minggu sudah jadi maka anda butuh bantuan hewan yaitu cacing lumbricus luberus, tambahkan jenis cacing ini pada proses pengomposan maka diamkan selama 1 minggu lihat hasilnya.

Membuat Kompos dengan Kotoran Ternak Sapi, Kambing, dan Ayam 

Caranya cukup mudah dan hampir sama dengan cara di atas, dalam prosesnya juga butuh starter bakteri agar proses pengomposan terjadi secara maksimal dan cepat. Starter bakteri ini dapat kita beli di toko pertanian terdekat seperti MOL. Nanti saya bahas di bawah ini cara membuat mol super simpel dan mudah.




Cara membuat Kompos dari Kotoran Ternak 

Alat dan Bahan yang diperlukan :
  • Kotoran ternak 
  • Cangkul
  • Starter Bakteri 
  • Air
  • Tempat pengomposan
  • Terpal 

Cara Membuat kompos Dari Kotoran Ternak 
  1. Kotoran yang masih baru di biarkan hingga tidak basah atau kandungan amoniaknya sudah berkurang
  2. Siapkan tempat untuk mengompos, bisa membuat lubang di tanah menggunakan cangkul dan di lapisi dengan terpal
  3. Siapkan Kompos yang sudah jadi seikit saja
  4. Lapisi dasar tempat pengomposan dengan kompos yang sudah jadi setebal 5-10 cm kemudian tuangkan kotoran kedalamny asetebal 20 cm.
  5. Siram dengan larutan starter secukupnya kemudian lapisi lagi dengan kompos matang, tuangkan kembali kotoran setinggi 20 cm. dan seterusnya hingga total tebal kurang lebih 1 cm dengan lapisan paling atas adalah kompos jadi.
  6. Tutup dengan sisa terpal yang ada jangan terlalu rapat aga udara tetap bisa masuk, bakteri juga buth oksigen utnuk mengurai bahan organik. 
  7. Pada hari kelipan 7 (hari ke 7, 14, 21, dan 28) di buka dan di aduk-aduk hingga rata. Pada hari ke 28 di buka insy@ pupuk sudah siap du gunakan. Selamat mencoba.
Sesuai dengan janji saya untuk membehas cara membuat MOL atau starter bakteri untuk mempercepat pembuatan kompos. Simak ya baik-baik di bawah ini :

Cara Membuat Starter Kompos (MOL) Alami Dengan Mudah 

Alat dan bahan membat Starter bakteri pengurai kompos :
  • Limbah rumah tangga yang lembut dan berair (conoth potongan sayur, nasi dan lain-lain)
  • Tong yang terbuat dari plastik
  • Sisa minuman yang manis, bisa kopi, teh dan sirup
  • Pengaduk - aduk dari kayu 
Cara Starter Kompos atau Mikor Organisme Lokal (MOL)
  1. Limbah di masukkan dalam tong plastik yang sudah di sediakan
  2. Tambahkan air di daam otng yang berisi limbah organik tadi, jangan terlalu banyak yang penting terendam
  3. Tuangkan sisa miunuman yang manis, Berfungsi untuk mekanan organisme di dalam tong.
  4. Tutup tong dengan apa saja yang penting ada saluran udara yang masuk kedalamnya, ini karena bakteri juga butuh bernafas dengan oksigen.
  5. Diamkan selam 5 hari dan MOL siap di guanakan untuk proses pengomposan.
Bagaimana, cukup mudahkan untuk membuat starter komposnya? Ia memang mudah, tapi perlu di ketahui ada cara lain untuk membuat MOL yan glebi ribet, saya mengerti anda lebih suka yang simpelkan, jadi saya buatkan cara yang praktis dan mudah seperti di atas.

Demikian sedikit ulasan dari saya Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah Organik semoga bermanfaat sampai jumpa di postingan berikutnya.
loading...
Blog, Updated at: 00.57.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi