Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bersyukur Kepada Allah

Manfaat Bersyukur Kepada Allah - Manusia semuanya membutuhkan allah swt dalam setiap apapun yang kita lakukan, tidak lepas dari semua nikmat yang telah allah berikan kepada kita, banyak hal yang menurut kita sepele seperti dapat mengedipkan mata, berjalan,melihat, mendengar, merasakan, bernafas dan mencintaipun adalah karunia yang telah allah SWT berikan kepada kita. Contoh hal yang selalu kita pandang remeh adalah karunia allah bisa melakukan kentut buang gas. Seseorang yang kehilangan karunia ini harus membayar 2jta ke rumah sakit setiap ingin kentut agar gasnya dapat dikeluarkan,sedangkan kita gratis dan bebas mau dibuang dimana saja.

Manfaat Dari Bersyukur Kepada Allah Dalam Kehidupan


Contoh lagi bernfasar di udara dengan segar bugar bebas tidak usah bayar, teman kita yang sakit dan harus di opname di pasang tabung oksigen karena jantungnya tidak mampu menghirup oksigen di udara (Ini juga karunia allah yang di cabut dari hambanya tidak bisa bernafas tanpa bantuan alat) walaupun mereka menggunakan alat jangan dikira rasanya enak, asal anda tau ya, kita tidak bebas mengatur masuknya O2 ketubuh kita karena alat itu tidak memiliki sensor seperti hidung kita, sedangkan kita yang sehat,GRATIS nikmat sepuas-puasnya menghirup udara bebas. Banyaklagi Nikmat dan karunia yang telah allah berikan kepada kita dan wajib kita syukuri.

Di dalam alqur an Allah berfirman kepada hambanya pada (Q.S An-nahl :18)
“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan pernah mampu menghitungnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Pada kenyataannya manusia lupa dengan nikmat yang telah allah berikan, memang benar manusia adalah tempatnya lupa dan salah. Namun itu bukan menjadi alasan untuk kita tidak bersyukur kepada allah, agar kita selalu dapat mengingat allah setiap saat dengan selalu berdzikir dan mengucapkan hamdalah. 

Mengapa manusia sering lupa? sebab manusia memiliki musuh terbesar yaitu syetan yang telah berjanji kepada allah untuk menggoda dan menyesatkan manusia agar jauh dari jalan yang benar  Pernyataan setan yang mendurhakai Allah ini menegaskan pentingnya bersyukur kepada Allah:

“Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur. Allah berfirman, ‘Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahanam dengan kamu semuanya’.” (Q.s. al-A’raf: 17-8).

Bersyukur atas nikmat allah itu sangat menguntungkan bagi orang yang mau melakukannya. Didalam artikel ini akan coba saya paparkan manfaat dari bersyukur.

Manfaat Bersyukur Pada Allah atas Nikmatnya


1. Kenikmatan Bertambah
Allah berfirman melalui (Q.S Ibrohim :7) " Dan jika kalian manusia mau bersyukur atas nikmat yang telah aku berikan kepada kalian makaniscaya aku akan menambah nikmat yang telah akuberikan kepada kalian, dan jika kalian kufur (tidak mau bersyukur) maka ketahuilah niscaya siksa ku itu pedih." Dari pengalan ayat di atas bahwa orang yang bersyukur akan diberikan nikmat tambahan. Ini bisa berupa keberuntungan didalam hidup kita.

2.Membuat Hati Menjadi Bergembira 
Bersyuku merupakan hal dimamana kita dapat menerima apapun yang kita miliki dan terima dari allah yang juga bentuk dari kedekatan dan kecintaan seseorang kepada tuhannya. Orang yang bersyukur lebih bisamelihat keindahan dalam setiap nikmat yang saat ini dia miliki. Rosul pernah bersabda :

“Jika Allah memberikan harta kepadamu, maka akan tampak kegembiraan pada dirimu dengan nikmat dan karunia Allah itu. (Ramuz el-Hadis, jilid 1, hal. 22)

Berbeda dengan orang yang kufur mereka selalu melihat kecacatan dan kekurangan di setiap apapun yang allah berikan, dan selalu melihat orang lain yang lebih rupawan dan lebih berharta. Orang yang seperti ini akan sulit bahagia karena akan berambisi dan terus menyalahkan allah tidak memberikan hal yang sama padanya.

3. Hidup Menjadi Lebih Bahagia dan damai
Kalau hati sudah merasa cukup dan penuh dengan syukur hidup menjadi lebih bahagia, hari-hari terasa indah. Dampaknya sangatluar biasa, hidup sehat karena fikiran selalu berfikir positif. Kalau kita di suruh memilih menjadi orang yang miskin bersyukur dari pada orang yang juga miskin tapi tidak mau bersyukur, andapilih mana? Ya pilih orang yang kaya bersyukur.

sayabahagia karena bersyukur pada allah


Terus seandainya kalau kita tidak mau bersyukur apakah ada ancamannya ? Jelas ada bang,bu' kak' adek pak dan semuanya, di surat ibrohim di atas sudah di jelaskan bahwa "dan jika kalian kufur ketahuilah siksaku itu sangat pedih" itu merupakan ancaman dari allah bagi orang yang tidak mau bersyukur nanti akan di siksa dengan siksaan yang menyakitkan, tujuan allah mengancamnya agar anda mau bersykur dan hidup bahagia dengan apa yang telah di berikan oleh allah selama hidup di dunia.

Kesimpulan dari artikel ini, yuk kita mulai dari sekarang Belajar mensyukuri semua pemberian olah allah kepada kita, apapun yang kita miliki, keadaan apapun saat ini yang kita jalani, kesehatan yang masih kita rasakan dan semuanya, agar kita di sayang oleh allah dan allah akan menambah nikmatnya kepada kita. Jangan lupa juga untuk selalu di ikuti dengan berrusaha dan berdoa.

Sekian dulu ya pembahasan mengenai Manfaat bersyukur kepada allah semoga bermanfaat dan dapat menjadi hikmah untuk kita semua, amiiin. terimakasih sudah mampir diblog sederhana ini. Sampai Jumpa dan salam senyum :-)