Iritasi Mata Karena Softlens Dan Cara Mengatasinya

Iritasi pada mata dapat di sebabkan oleh berbagai macam faktor, termasuk di antaranya adalah softlens. Softlens merupakan alat bantu untuk mengatasi penggunaan kacamata yang pada umunya berat dan meninggalkan bekas pada kulit kepala. Dulunya sebagai pengganti kacamata namun sekarang telah menjadi tren mode mempercantik warna bola mata atau sering juga di sebut dengan softlens Dekoratif. Baca juga : Nutrisi Yang di butuhkan Oleh mata

Iritasi Mata Karena Softlens Dan Cara Mengatasinya


Penggunaan softlens dapat mengakibatkan mata menjadi iritasi apa bila prosedur penggunaan dan perawatan tidak benar sesuai petunjuk serta tanpa berkonsultasi pada dokter. Terkadang mata yang sensistif dan ketidak cocokan antara softlens dan mata dapat mengakibatkan iritasi. 

Beberapa Penyebab Iritasi Karena Penggunaan Softlens Dan Cara Mengatasinya

Ukuran Softlens Terlalu Besar

Softlens dengan ukuran besar baisanya jika tidak biasa akan menimbulkan ketidak nyamanan saat menggunakannya akibatnya mata dapat iritasi. Sebaiknya gunakan yang ukuran normal terlebih dahulu jika anda masih baru di dalam menggunakan softlens, setelah terbiasa baru anda dapat mencoba dengan diameter yang lebih besar.

Mata Yang Sensitif Atau tidak Cocok

Tanda-tanda mata anda sensit saat baru menggunakannya selang beberapa saat mata terasa perih dan berwarna kemerehan. Tips mengatasinya dengan menggunakan softlens yang memiliki kadar air yang tinggi atau kalau bisa anda minta pesan pada optik untuk di buatkan softlens yang khusus untuk mata sensitif.

Softlens Yang Kotor

Sering terjadi karena perwatan yang kurang baik, cara memasang dan melepasnya tangan dalam keadaan kotor dapat mengkibatkan softlens di tumbuhi jamur. Sebaiknya saat melepas dan memasang softlens tangan di cuci sebesih mungkin (jangan menggunakan sabun diterjen). Jika softlens telah kotor maka sebaiknya di buang dan membeli yang baru untuk menjaga iritasi kebali lagi.

Lungkungan Udara Yang Berdebu

Udara dengan kandungan partikel debu yang banyak juga dapat membuat soflens menjadi kotor dan membuat iritasi pada mata. Sebaiknya jangan menggunakan softlens jika berada pada lokasi atau tempat yang banyak debunya.

Softlens Terlalu Ketat

Softlens yang terlalu sempit akan membuat mata menjadi lebih sensitiv terhadap cahaya, kekurangan oksigen, alergi bahkan menimbulkan noda pada kornea. Sebaiknya jika mengalami hal ini berkonsultasilah pada dokter. 

Demikian pembahasan mengenai Iritasi mata kerena menggunakan softlens dan cara mengatasi semoga bermanfaat dan sampai jumpa di psotingan selanjunya. Salam senyum :-)
Sumber gambar :softlens.co.id

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Iritasi Mata Karena Softlens Dan Cara Mengatasinya "

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi