Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Merawat Kesehatan Kulit Kepala Secara Alami

Kulit kepala yang sehat dan terawat akan terjaga dari berbagai masalah di kepala seperti ketombe, gatal-gatal, jamur, rontok dan berminyak. Kurangnya kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan kulit kepala membuat banyak orang mengalami masalah rambut. Oleh sebab itu marilah terus kita jaga perawatannya.

Cara Ampuh Merawat Kesehatan Kulit Kepala Secara Alami

Merawat kesehatan kulit kepala bukanlah hal yang berat untuk di lakukan, ke inginan dan kepedulian kepada kepalalah yang mendorong seseorang melakukannya. Bisa juga karena kurangnya pengetahuan tentang bagaimana merawat dan menjaga kesehatan rambut. Berikut ini saya jelaskan artikelnya. 

1. Menjaga Kepala Tetap Lembab

Awal mula semua masalah rambut rontok dan kusam adalah karena kelembaban rambut yang hilang. Rasa malas menggunakan minyak rambut membuat rambut cepat kering saat ber aktifitas di bawah trik matahari dan tempat yang ber AC. 

Untuk menjaga kulit rambut tetap lembab gunakanlah minyak rambut yang aman dan cocok buat jenis rambut Anda, minyak yang kreterianya ketika Anda gunakan rambut tidak rontok dan tidak terasa gatal. Anda bisa ber eksperimen mencoba beberapa minyak rambut yang cocok dengan Anda. Namun jika Anda ingin yang alami dapat menggunakan lidah buaya dan minyak kelapa.

2. Menjaga Kulit Kepala Berminyak

Kulit kepala berminyak disini adalah bukan karena minyak rambut yang Anda gunakan, tetapi minyak yang di produksi oleh rambut dan kulit kepala Anda yang berfungsi menjaga kelembaban rambut, tetapi pada kasus yang berbeda minyak alami ini tidak tidak terkontrol karena banyak sekali konsentrasinya di rambut. Kulit kepala yang berminyak berlebih akan menimbulkan munculnya ketombe dan tumbuhnya jamur yang menyebabkan bau dan kulit terkelupas. Ini perlu di atasi dengan rutin menggunakan shampo ksusus kulit berminyak. 

3. Istirahat dan Minum Air Cukup

Menjaga tubuh dari lelah dan minum air yang banyak akan menjaga kesehatan badan serta kulit kepala dari berbagai masalah kesehatan. Istirahatlah minimal 8 Jam dan minum air 2 liter perhari.

4. Mengkonsumsi Buah Dan Sayur

Kulit kepala dan rambut juga butuh asupan nutrisi yang cukup agar kekebalannya tetap terjaga dan suapa sel-sel kulit kepala yang rusak dapat segera di perbaiki oleh protein baik yang Anda konsumsi. Buah dan sayur yang baik adalah aple, wortel, jeruk, dan alpukat. Anda juga dapat menambah menu yang lain yang Anda suka. 

5. Olahraga Teratur

Kegiatan olah raga dapat membakar lemak yang ada di tubuh kita, lemak berlebih dapat menimbulkan permukaan kulit mengelarkan minyak. Jadi Olahraga selain menyehatkan juga dapat mencegah minyak berlebih pada kulit kepala. Olahraga paling mudah dan nyantai adalah jalan-jalan di pagi hari selama 15 menit.

Demikianlah artikel Cara Ampuh Merawat Kesehatan Kulit Kepala Secara Alami semoga memberikan manfaat bagi Anda para pembaca. Terimakasih dan selamat mencobanya di rumah masing-masing.