Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Versi Android Dari Awal Sampai Terbaru 2016

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang pesat. Masihkah kalian ingat HP dengan layar kuning? Atau dengan awal kemunculan HP berkeypad QWERTY? Hingga kini kemunculan HP tanpa keypad atau touchscreen.

Kini HP touchscreen hadir dengan perangkat lunak canggih didalamnya yaitu android. Android adalah sistem operasi berbasis linux. Dengan Android, kita sangat mudah mengaplikasikan Handphone dan mudah menerima notifikasi dari smartphone seperti email, sms, atau chat.

Android sendiri dalam perkembangan nya mengalami kurang lebih 18 kali perubahan. Android memiliki banyak tipe yaitu:

Jenis dan Versi Android Dari Awal Sampai Terbaru 2016

1. Android versi 1.0.
Versi Android ini ada pada sekitar tahun 2008. Ponsel pertama yang menggunakan sistem Android adalah HTC. 

2. Android versi 1.1
Tidak lama kemudian rilis android versi 1.1 pada febuari 2009 dan masih belum memiliki nama.

3. Android versi 1.2 - 1.5 (Cupcake)
Jika sebelumnya tidak diberi nama, akhirnya Android diberi nama dengan nama makanan ringan. Tujuannya agar Android versi versinya lebih di ingat. Vitur yang ada pada Android versi cupcake adalah kemampuan mengupload video ke youtube, upload gambar ke picasa langsung dari smartphone, dan bluetooth A2DP yang sangat baik.

4. Android versi 1.6 (Donut)
Versi donut ada pada 2006. Nama nya diambil dari makanan ringan manis yang memiliki lubang ditengahnya. Dengan android versi donut, membuat pencarian semakin lebih baik dari sebelumnya. Fitur galeri lebih baik, serta bisa diupgrade ke versi android selanjutnya.

5. Android 2.0-2.1 (Eclair) 
Eclair adalah makanan penutup berbentuk panjang yang tengahnya dilapisi krim coklat. Rilis pada oktober 2009. Dengan android versi ini, kita bisa menggunakan live walpaper, multi touch, kamera digital zoom, serta flash untuk mendukung fitur ini.

6. Android versi 2.2 (Froyo)
Froyo adalah sebutan untuk frozen yogurt setelah proses pendinginan dan terlihat seperti eskrim. Versi Froyo ini rilis pada Mei 2010 dengan update memperbaiki di segi kecepatan dan pengadopsian javascript dari browser chrome serta bisa meletakkan aplikasi di memorycard.

7. Android versi 2.3 (gingerbread)
Android versi kue jahe ini ada peningkatan game, audio, video, kamera. Dengan keyboard vitual serta word selection. Dan memiliki user interface yang hemat energi.

8. Android versi 3.1 (Honeycomb)
Khusus sistem android ini, hanya bisa dioperasikan di tablet. Ini dikarenakan agar kinerja pada tablet berjalan maksimal, dan fitur disesuaikan dengan tablet.

9. Android versi 4.0 ( Ice Cream Sandwich)
Android pertama yang menggunakan fitur pembuka kunci dengan pengenalan wajah. Android ini juga bisa mampu menghasilkan interface yang lebih bagus dan halus. Dan juga terdapat penambahan font pada versi sehingga tampilan hp lebih menarik karena font dapat diubah ubah.

10. Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Android jelly bean ada penambahan pada semakin cepat pencarian melalui suara, cuaca, lalu lintas dll. Serta, keyboardnya makin kompleks dan lebih sempurna. 

11. Android versi 4.4 (KitKat)
Pada Kitkat, bisa mengakses aplikasi kamera walaupun sedang terkunci.

12. Android versi 5.0 (Lollipop)
Di versi ini , sangat banyak update an terbaru.

13. Android versi 6.0 (Marshmallow)
Adalah versi terbaru android, dan baru keluar tahun ini.

Ternyata banyak juga ya perkembangan teknologi OS android yang kita kenal, jadi sekarang Anda mengetahui kalau Jenis dan versi androit itu ada banyak. Semakin maju teknologi maka akan semakin ada hal baru yang luar biasa.