Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Teknologi 4G

Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju. Jika dulu awalnya ada jaringan 2G lalu pada 3G dan pada akhir 2015 teknologi jaringan dikejutkan lagi dengan munculnya jaringan berbasis 4G jaringan 4G adalah singkatan istilah dari fourth generation technology. Jika kita sudah merasakan kecepatan berkomunikasi ataupun internet pada 3G, jaringan 4G menawarkan kecepatan lebih. 

Jaringan 4G menawarkan kecepatan transfer data yang tinggi dengan kualitas yang baik dan juga aliran data yang stabil. Kecepatan data transfernya setidaknya seratus megabit perdetik. Kecepatan yang dihasilkan setara dengan saat naik rollercoaster, mencengangkan sekali bukan? berikut kelebihan jaringan 4G:

Mengenal Teknologi 4G

  • Kecepatan internet pada jaringan 4G mencapai 150Mbps, sangat cepat bila dibandingkan kecepatan 3G yang hanya mencapai 480Kbps
  • Jika ingin streaming melalui youtube, tidak perlu kawatir akan menemui buffering. dengan kecepatan internet yang dimiliki 4G, streaming di youtube menjadi lancar.
  • Tidak perlu takut akan kegagalan saat mendownload karena jaringan cenderung stabil
  • Di Indonesia, sudah banyak kota kota yang telah menjangkau 4G
  • Mendukung MBSFN yaitu Muliticast Broadcast Single Frequency Network
Namun dibalik kelebihannya, jaringan 4G memiliki beberapa kekurangan yaitu:
  • Daya batrai akan cepat habis, dan HP akan cenderung memanas
  • Data biaya paketan semakin mahal, jika awalnya data dengan ukuran sedang bisa dipakai jangka waktu yang lumayan, dengan 4G data akan cepat habis karena jalannya data juga cepat
  • Jaringan harus diperbarui maka harus menginstal alat atau mengganti gadget baru
Lalu gadget apa yang bisa dipakai oleh jaringan 4G? setidaknya ada kurang lebih lima puluhan android yang ada di Indonesia untuk mendukung jaringan 4G seperti Smartphone android smartfren, samsung, oppo, lenovo dan lain lain. jadi apakah kalian berminat untuk pindah dengan jaringan yang lebih cepat? mungkin pada tahun tahun selanjutnya akan ada 5G, kita tunggu saja.