Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Semut - Pengalaman Pribadi

loading...
Pernahkah Anda disaat tidur lelap tiba-tiba terganggu karena telinga kita dimasuki oleh semut atau hewan kecil lainnya sehingga tidur menjadi tidak nyaman bahkan terasa sakit. Hal ini juga saya alami 2 hari yang lalu dan rasanya benar-benar terganggu.

Hewan yang masuk kedalam telinga saya saat tidur kemaren adalah semut, awalnya saya biarkan, namun lama-lama kok terasa sakit seperti telinga sedang digigit, akhirnya tiba-tiba saya terbangun dan langsung memasukan jari terkecil saya kedalam telinga untuk mengkorek-korek telinga agar semut cepat keluar, namun cara ini gagal.

Mengatasi Telinga Kemasukan Semut

Menggunakan tangan tidak dapat mengeluarkan semut, akhirnya saya biarkan saja, namun semut di telinga semakin menjadi-jadi dan sakit juga bertambah parah sehingga seketika itu rasa ngantuk saya hilang. 

Ingin segera bisa tidur nyenyak kembali, saya terus berusaha mengeluarkan semut dari telinga dan akhirnya saya mengambil cotto bath atau alat pembersih telinga untuk mengeluarkan semut didalamnya. Namun cara ini juga belum berhasil.

Sedikit khawatir dan bingung karena semut tidak mau keluar, saya mencoba cara yang lain yaitu dengan tidur miring (telinga yang di masuki semut berada di atas), cara ini juga tidak membuahkan hasil yang memuaskan malah sakit tetap terasa. 

Pengalaman Masa Kecil
Baru ingat kalau kejadian ini bukanlah pertama kalinya untuk saya, dulu waktu masih kecil saya juga pernah mengalami hal ini. Dulu cara mengatasi semut yang masuk di telinga adalah dengan tidur miring (posisi telinga yang di masuki semut berada di bawah) seingat saya cara ini cukup berhasil.

Logikanya kalau telinga kita yang kemasukan semut berada di bawah, semut akan cepat keluar dari bawah telinga soalnya kebiasaan semut ketika masuk pada sebuah lobang dia akan berjalan kearah bawah untuk mencari cahaya, apa bila Anda ingin mencobanya silahkan. Tapi entah kemaren waktu kejadian saya tidak ingat cara ini, mungkin karena terlalu panik.

Cara Pertama Yang Bisa Anda Lakukan 
Karena kehabisan ide atau cara untuk mengeluarkan semut di telinga akhirnya terlintas di pikiran saya untuk menuangkan air pada telinga, cara ini di analogikan kalau semut butuh udara untuk bernafas dan apa bila teliga di tuangi air maka semut juga akan tenggelam sehingga dia akan keluar menuju permukaan untuk mencari udara. 

Sayapun memperaktekkan cara ini, hasilnya bagaiamana? Terbukti ampuh untuk mengeluarkan semut dari lubang telinga dalam waktu yang cukup singkat. Tapi cara ini cukup beresiko karena air bisa saja sulit keluar dari lubang telinga apa bila sudah terlanjur masuk air dan apa bila ini terjadi maka posisi tidur harus miring dan telingan yang kemasukan air berada di posisi bawah.

Cara Lain Yang Bisa Anda Coba
Setelah saya browsing ternyata ada teknik lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini dengan resiko yang kecil. Caranya bagaimana mazmuiz? Caranya lubang telinga yang di masukin semut di senter dengan lampu senter. Dengan cara ini semut akan secara perlahan akan keluar mengikuti sumber cahaya yang masuk dari luar lubang telinga. Ini terjadi karena semut respon terhadap cahaya di kegelapan, jangan lupa mintalah orang terdekat Anda untuk membantu melakukan hal ini, karena cukup sulit dan ribet bila kita sendiri yang melakukannya.

Hal penting yang harus selalu di ingat bahwa Jangan Panik apa bila semut masuk kedalam lubang telinga kita karena semut tidak akan bisa masuk kedalam organ kepala lainnya selama gendang telinga tidak pecah dan jangan langusung membawanya kerumah sakit bila belum mencoba mengeluarkannya sendiri. 
loading...
Blog, Updated at: 21.43.00