Arti Pertumbuhan Tanaman Dalam Biologi

loading...
loading...
Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dari waktu-kewaktu yang di tandai dengan meningkatnya volume, ukuran, tinggi makhluk hidup. Salah satu makhluk hidup yang mengalami pertumbuhan adalah tanaman. 

Tanaman dapat dengan mudah kita amati pertumbuhannya, terutama tanaman tahunan, atau semusim yang memiliki pertumbuhan yang cepat dan reson yang baik terhadap pupuk yang di berikan sehingga kita dapat dengan mudah mengamati petumbuhan tanaman tahunan. 

Arti Pertumbuhan Tanaman Dalam Biologi

Sekarang pertanyaannya adalah Apa Arti Pertumbuhan Tanaman Dalam Arti Sempit ? Berikut ini jawabannya untuk Anda :

1. Penggandaan Protoplasma
Menurut biologi, pertumbuhan terjadi dan dapat di buktikan apabila protoplasma makhluk hidup mengalami penggandaan, misal yang semulanya 1 menjadi 2 dan seterusnya. Hanya saja dalam poin ini akan sulit mengamati apakah suatu protoplasma mengalami penggandaan atau tidak. 

Bagi yang belum tau apa itu Protoplasma, protoplasma adalah isi yang ada di dalam sel.

2. Multiplikasi Sel 
Tanaman dikatakan tumbuh apabila terjadi multiplikasi sel (penggandaan sel) dalam organ tanaman ataupun makhluk hidup. Multiplikasi sel ini terjadi dari akibat penggandaan protoplasma yang berkembang menjadi pembelahan sel sehingga yang semula jumlah selnya 1 menjadi 2. 

3. Pertambahan Volume
Bukti salah satu tanaman mengalami pertumbuhan adalah meningkatnya volume organ-organnya, seperti ukuran buah, batang daun dan akar. Pertambahan volume pada tanaman sering digunakan dalam penelitian untuk mengukur tinggkat pengaruh sebuah perlakuan terhada tanaman yang menjadi objek penelitian.

4. Pertambahan Berat Kering 
Tanaman atau makhluk hidup lainnya dikatakan mengalami pertumbuhan apabila tanaman tersebut mengalami penambahan berat kering bukan berat basah. Jadi sebelum di ukur tanaman harus di keringkan atau kadar air dalam tanaman harus di hinglangkan dengan cara di oven 85 drajat celsius selama 3 x 24 jam. 

Demikian ulasan arti petumbuhan tanaman dalam biologi, semoga bermanfaat untuk para Anda para pembaca. Jika Ada kesalahan dalam penulisan atau penafsiran silahkan ingatkan saya melalui kolom komentar di bawah ini. Bila Anda suka dengan artikel ini, sudikiranya untuk like dan share artikel ini agar semakin bermanfaat untuk orang banyak. Terimakasih dan sampai jumpa.
loading...
Blog, Updated at: 06.17.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi