Bahaya Mengkonsumsi Garam Secara Berlebihan

Garam merupakan salah satu bumbu dapur wajib yang harus dimasukkan ke dalam masakan. Tanpa adanya garam,maka makanan menjadi hambar.garam memberikan cita rasa nikmat dan gurih bahkan jika minuman manispun ditambah sedikit garam akan menambah kelezataannya. 

Begitu besarnya peran garam dalam memberikan rasa pada makanan, membuatnya tidak pernah absen ditambahkan kedalam makanan. Namun demikian, anda harus tetap memperhatikan jumlah asupan garam yang masuk ke dalam tubuh karena mengkonsumsi garam berlebihan memberikan efek sangat buruk. 

Dalam satu hari, tubuh hanya boleh mengkonsumsi 1500 sampai 2300 miligram saja. Apabila jumlah garam yang masuk di dalam tubuh lebih dari takaran di atas setiap harinya, maka akan memberikan efek buruk untuk kesehatan. Beberapa penyakit mengintai, seperti berikut:

1. Hipertensi atau darah tinggi
Darah tinggi biasanya diderita karena faktor genetik atau keturunan. Jika orang tua anda juga mengalami hipertensi, ada baiknya anda berhati-hati. Ciri-ciri hipertensi adalah kepala pusing dan tubuh menjadi lemas. Akan tetapi jika tidak memiliki riwayat keluarga hipertensi juga harus berhati-hati dan harus tetap mengontrol jumlah garam yang masuk ke alam tubuh.

2. Menimbulkan penyakit kardiovaskuler
Kardiovaskuler merupakan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Maka dari itu, penyakit ini sangat membahayakan dan mematikan. Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam sacara berlebihan. 

Bahaya Mengkonsumsi Garam Berlebihan

Sebuah penelitian menyatakan bahwa penderita gangguan darah tinggi sebagai pemicu penyakit kardiovaskuler yang mulai mengurangi jumlah garam dalam asupannya, membaik sekitar 25 % dalam 10 sampai 15 hari. Untuk itu, sangat perlu menakar jumlah garam yang anda konsumsi.

3. Pemicu datangnya stroke
Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang sangat membahayakan karena terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, sehingga mengakibatkan oksigen dan darah tidak bisa mengalir ke otak. 

Salah satu pemicunya adalah gaya hidup yang kurang baik dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Dalam makanan tidak sehat, kandungan gizinya tidak diperhitungkan, yang menjadi utama adalah rasa yang nikmat. 

Kebanyakan, makanan tersebut mengandung terlalu banyak asupan garam. Penderita stroke yang mampu mengurangi jumlah garam 1 gram saja dalam sehari, maka stroke berangsur menghilang

4. Penyebab Jantung membengkak
Masih berkaitan dengan kardiovaskuler dimana jantung mengalami konsisi yang tidak sehat. Pembengkakan jantung atau yang lebih dikenal dengan hipertrofi ventrikel kiri ini merupakan kondisi dimana otor pada jantung membesar sehingga ruang untuk memompa udara posisinya semakin sempit. 

Hal ini bisa terjadi karena jumlah garam yang terlalu banyak. Untuk itu akan lebih baik jika membatasi makanan bergaram lebih dan menggantinya dengan cemilan sehat seperti buah –buahan, contohnya tomat, jeruk, apel, dan lain-lain.

5. Penyebab retensi cairan
Zat natrium atau garam yang terlalu banyak akan menyerah kadar air sehingga kondisi kekurangan air ataudehidrasi bisa dialami. Sedangkan keberadaan air di dalam tubuh sangat penting, namun karena banyaknya kandungan garam justru mengakibatkan jumlah air dalam tubuh menipis. 

Hal ini menyebabkan orang kurang bisa berkonsentrasi, merasa lemas, mudah lelah bahkan berhalusinasi. Mungkin bagi anda yang sering mengkonsumsi makanan asin sering mengalami hal seperti yang sudah disebutkan. 

Saat mengkonsumsi camilan seperti keripik, gorengan, atau cemilan asin lainnya, anda akan merasa sering haus karena air yang ada dalam tubuh terserap oleh garam. Selain itu mengkonsumsi camilan dari gorengan dengan rasa ain menimbulkan rasa sakit dan kering di tenggorokan. 
loading...
Blog, Updated at: 16.05.00

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi