4 Tahap Penyebab Gatal Pada Luka

loading...
Pernah kah anda merasakan gatal saat mengalami luka, menurut anda mengapa itu bisa terjadi mengapa saat luka bisa menimbulkan gatel yang amat parah. Mari kita bahas bersama

Luka dapat menyebabkan gatal menurut hasil riset ada 4 tahap
1.Pada tahap pertama kepingan darah bersatu dan menutup lokasi luka maka berdampak pada darah menjadi beku atau biasa disebut hematosis. Biasanya luka akan terlihat berkerak dan dapat dilihat diluar luka selama proses penyembuhan

2. Dan pada tahap selanjutnya daya tahan tubuh akan membersihkan luka. Yaitu sel sel yang mati akan dibuang, atau disebut sebagai peradangan. Dalam proses pemulihan kulit baru akan menjadi sangat kering. 

4 Tahap Penyebab Gatal Pada Luka Kita

Penyebabnya yaitu tidak adanya kelenjar sebaceous yang memproduksi kelenjar minyak untuk membuat kulit menjadi lembut dan terlumasi dengan baik. Jika tanpa ada kelenjar minyak akan menimbulkan sangat kering dan hal ini yang membuat rasa gatal pada kulit.

3. Pada tahap ke tiga tubuh akan memulai berkerja memadatkan sel-sel merah (darah) baru dan jaringan kulit baru biasanya dikenal dengan Proliferatif. Sel-sel baru akan muncul yang berbeda dari sebelumnya. 

Penyanggak sel berperan penting mengoperasikan penyembuhan luka . sel-sel ini mengeluarkan perantara seperti bengkak, nyeri dan gangguan fungsi organ tubuh. Jika sel-sel tersebut banyak menuju daerah pada luka maka proses penyembuhan juga dapat ter selasaikan 

4. Dan tahap terakhir yaitu sel-sel yang tidak sempurna akan dipulihkan termasuk sel syaraf ini disebut dengan Remodifikasi. Pada tahap ini lah luka dapat membuat gatel karena otak merespon dari kulit karena sensasi perubahan yang terjadi. Pada luka yang sudah mulai sembuh, lapisan kulit sangat tipis mulai terbentuk di tempat cedera atau lokasi luka. 

Sel sel akan termodifikasi atau sel sel saraf dapat muncul kembali dan menjadi satu kesatuan inilah yang otak tangkap bahwa informasi tersebut dapat membuat otak merespon dan mengidentifikasi sebagai rasa gatal. Melalui itu kita biasanya melakukan untuk menggaruk luka yang mau sembuh karena gatel.

Menurut pendapat para ahli 
Gatel pada luka merupakan saat jaringan kulit tidak sempurna karena luka dan syaraf juga rusak, saat luka ini menandakan dalam tahap pemulihan. Kulit yang lama yang rusak akan muncul menjadi baru yang sangat tipis terbentuk. 

Dalam proses inilah pemulihan dikerjakan. Tanda tanda yang dipancarkan syaraf melibatkan otak, yang biasanya otak salah mengartikan. Otak mengartikan bahwa tanda sebagai rasa gatal dan ingin merespon dengan aksi menggarukdapat di definiskan bahwa gatal pada luka karena luka tersebut dalam proses pemulihan . 

Luka yang kering dapat memunculkan kulit yang baru. Inilah yang menghasilkan daerah sekitar luka dapat gatal.

Saat gatal mulai menyerang ini menandakan bahwa luka yang mengering akan menarik kulit baru mengakibatkan kulit menuju proses pemulihan.jika kelenjar minyak tidak ada pada kulit maka akan menjadi kering dan dapat menimbulkan rasa gatel yang terjadi. 

Demikianlah hasil pembahasan kita hari ini mengenai luka penyebab gatal. Namun hal yang harus diperhatikan bagi anda jika mengalami pengalaman demikian. Hal yang harus diperhatikan adalah hindarilah menggaruk dengan tangan kotor dan kuku panjang yang berisi kotoran atau menggunakan alat bantu garuk yang kotor. 

Hal ini akan memperlama dalam proses pemulihan luka. Jika anda sulit untuk mentolerir luka tersebut gunakanlah salep anti gatel di apotik atau calamine lotion. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Tahap Penyebab Gatal Pada Luka "

Posting Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi