Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mengajukan Refund di Shopee

Pernah berbelanja Online pastinya pernah mengalami beberapa kendala yang kadang membuat Anda berasa bingung harus bagaimana mengatasi masalah yang sedang di alami. Contoh saat Anda berbelanja online di suatu toko online riteil seperti shopee dan tokopedia. Sudah membayar kerekening perusahaan ternyata order yang Anda pesan ternyata di batalkan (apapun alasannya). Permasalahannya apakah uang yang sudah di transfer ke rekening perusahaan bisa di refund atau di kembalikan ke Anda lagi? Tentunya bisa. 

Kejadian ini baru saja saya alami sekitar seminggu yang lalu, saya berbelanja di shopee dan saya sampai saat ini puas dengan pelayanan dan fitur yang diberikan shopee. Oke langsung menuju pokok permasalahannya. 

Pengalaman Mengajukan Refund di Shopee

Ceritanya begini, waktu itu saya akan membelikan hijab istri saya di shopee melalui toko online kakak saya yang kebetulan juga buka lapak di shopee, saya menggunakan shopee agar dapat subsidi free ongkir dari shopee kan lumayan tuh dari kediri ke Gresik Bawean 30rb. 

Singkat cerita saya melakukan cek out di shopee dan saya siap membayar tagihan order online shopnya menggunakan briva. Kesalahan saya adalah menggunakan internet banking pada saat jaringan internet lagi lemah alhasil Ketika saya sudah transfer ternyata yang muncul notifikasi transfer Saya gagal tetapi saldo rekening saya Sudah terpotong.

Saya merasa bingung waktu itu ini gimana padahal biasanya briva itu ketika uang masuk di rekening perusahaan akan langsung secara otomatis terdeteksi dan pembayaran Orderan saya sudah divalidasi, namun pada kasus ini orderan saya tidak kunjung divalidasi walaupun sudah satu jam yang lalu. Akhirnya saya memutuskan untuk cancel order karena ini akan sangat merugikan saya Apabila saya melakukan transfer ulang.

Lanjut cerita saya melakukan klaim ke pihak shopee menggunakan email customer service nya, awalnya saya menggunakan nomor telepon tapi biaya teleponnya sangat mahal dan selalu connect ke suara but atau  robot.

Maka dari itu saya memutuskan untuk komplain menggunakan email yang disediakan shopee untuk para pelanggannya di dalam mengatasi berbagai masalah ketika berbelanja menggunakan platform shopee.

Berikut ini percakan email yang saya lakukan dengan Customer Service Shopee :

Saya :
Selamat sore

Saya Muiz mau tanya masalah pembayaran melalui briva... Tadi saya mebayar untuk pesanan dengan kode briva 88788020056709681 an Mama Isna. Kenapa belum di verifikasi padahal sudah lebih dari 1 jam. Akhirnya saya cancel pesanan saya. 

Bisakah dana yang saya bayar melalui briva di masukkan ke shoppay atau ke dompet shopee?

Sebagai bukti saya lampirkan mutasi rekening saya, semoga bisa segera di prosess. Terimakasih dan selamat malam.

Beberawapa waktu kemudian shopee menjawab email saya yang isinya sebagai berikut:

CS Shopee :

Hi Abdul Muiz, Terima kasih telah setia menggunakan Shopee. Kami memahami kendala yang Anda alami. Sehubungan dengan permasalahan Anda mengenai pengembalian dana, mohon menginformasikan data berikut: - Nomor pesanan (terdiri dari 15 digit kombinasi angka dan huruf, contoh 1712X XXXXX XXXXX) - Username atau nomor telepon yang terdaftar di akun Shopee Kami menunggu informasi dari Anda mengenai data-data tersebut. Dengan senang hati kami siap membantu demi meningkatkan pelayanan serta pengalaman jual beli yang lebih menyenangkan. Salam Hangat, Sigit Pratama
Saya :
No pesanan saya 17090909265AV9N Username fadudustore

Shopee :

Kami memahami kendala yang Anda alami. Sehubungan dengan kendala Anda mengenai pembayaran yang tidak terverifikasi pada nomor pesanan 17090909265AV9N. Selanjutnya kami akan mengembalikan pembayaran Anda. Agar kami dapat membantu proses pengembalian dana yang Anda lakukan, mohon informasikan data sebagai berikut: Data penerima dana (ke rekening mana Anda melakukan transfer) - Nama rekening penerima: - Nomor rekening: - Nama Bank: - Cabang Bank: - Jumlah salah transfer: - Tanggal & jam transfer: Data pengirim dana (Anda melakukan transfer menggunakan rekening apa) - Nama rekening pengirim: - Nomor rekening: - 4 digit terakhir nomor kartu ATM: - Nama Bank: - Cabang Bank: - Username Shopee: - Nomor handphone yang terdaftar: Kami informasikan bahwa pengembalian dana Anda akan kami proses setelah Anda melengkapi data di atas. Selain itu, mohon untuk kirimkan bukti transfer tersebut berupa foto atau screenshot melalui balasan email Anda. Pastikan juga Anda sudah menambahkan data rekening Anda di Aplikasi Shopee dengan cara: Klik Saya > Akun Saya > Rekening Bank > Tambah Rekening baru > Masukkan Password Akun Shopee Anda > Masukkan Data Rekening lengkap > Jadikan Sebagai Rekening Utama > Oke/ Yes. Setelah Anda melengkapi data di atas dan data rekening berhasil terinput di aplikasi Shopee, mohon kesediaan Anda untuk menunggu dana masuk ke rekening selama 2-7 hari kerja.

Saya :
Berikut ini kelengkapan informasi yang bisa saya sampaikan. Data penerima dana (ke rekening mana Anda melakukan transfer) - Nama rekening penerima: Faradila Oktaxxx - Nomor rekening: 16740xxxx - Nama Bank: BRI - Cabang Bank: xxxxx - Jumlah salah transfer: Rp 90.000 - Tanggal & jam transfer: Tangal 9 September 2017 Jam sekitar 10 pagi Data pengirim dana (Anda melakukan transfer menggunakan rekening apa) - Nama rekening pengirim: Abdul Muiz - Nomor rekening: 74150xxxxx - 4 digit terakhir nomor kartu ATM: xxxx - Nama Bank: BRI - Cabang Bank: Sangkapura - Username Shopee: fadudustore - Nomor handphone yang terdaftar: 081939xxxx Terimakasih untuk pelayanan yang memuaskan :-)

Shopee :
Kami memahami kendala yang sedang Anda hadapi dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk menyelesaikan kendala Anda mengenai pembayaran yang belum terverifikasi, kami membutuhkan bantuan dari departemen lain. Secepatnya kami akan menghubungi Anda kembali. Kami sangat menghargai kesabaran Anda untuk menunggu. Salam Hangat

Shopee :

Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait pembayaran pada nomor pesanan 17090909265AV9N, kami informasikan berdasarkan bukti bayar atau data-data rekening transaksi yang Anda kirimkan bahwa rekening tujuan transfer bukan ke rekening-rekening bank PT Shopee International Indonesia. Mohon Anda pastikan apakah Anda transfer ke rekening PT Shopee International Indonesia. Jika Anda melakukan transfer ke rekening PT Shopee International Indonesia maka mohon kesediannya untuk mengirimkan rekening koran atau mutasi rekening Anda dari tanggal transaksi di Shopee sampai hari ini agar kami dapat melakukan pemeriksaan. Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga penjelasan kami dapat menjadi solusi atas pertanyaan Anda. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan silakan menghubungi Shopee kembali. Dengan senang hati kami siap membantu demi meningkatkan pelayanan serta pengalaman jual beli yang lebih menyenangkan. Salam Hangat, Achmad Auzan

Saya :
Maaf saya bingung mau di isi apa, data Bank Shopeenya, soalnya saya melakukan pembayaran menggunakan Briva, jadi yang tampil hanya kode briva pembayaran. Berikut ini saya lampirkan mutasi rekning koran/mutasi rekening BRI saya An Abdul Muiz yang saya capture di tanggal 9 dan 12 september 2017.

Shopee :
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami. Untuk proses pengembalian dana mohon isi data-data berikut : Bank: Cabang Bank: Nama Pemilik Rekening: Nomor rekening: Kami menunggu informasi dari Anda mengenai data-data tersebut. Dengan senang hati kami siap membantu demi meningkatkan pelayanan serta pengalaman jual beli yang lebih menyenangkan. Salam Hangat, Achmad Auzan Tim Shopee! Jual Beli Mobile Dalam 30 Detik

Saya :
Isi data-data berikut : Bank: BRI Cabang Bank: Sangkapura Nama Pemilik Rekening: Abdul Muiz Nomor rekening: 7415010081xxxx

Shopee :
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami terkait kendala pengembalian dana atas pesanan Anda dengan metode pembayaran menggunakan Virtual Account yang telah terbatalkan. Berdasarkan pengecekan, untuk saat ini belum dapat dilakukan proses pengembalian dana dikarenakan masih menunggu data dari proses pembayaran Bank terkait. Mohon kesediaannya untuk menunggu dalam tiga hari kerja ke depan. Kami sangat menghargai kesediaan Anda untuk menunggu. Dengan senang hati kami siap membantu demi meningkatkan pelayanan serta pengalaman jual beli yang lebih menyenangkan. Salam Hangat, Achmad Auzan Tim Shopee! Jual Beli Mobile Dalam 30 Detik

Shopee :
Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamannya. Terkait pengembalian dana dengan metode pembayaran virtual account pada nomor pesanan 17090909265AV9N, dengan senang hati kami sampaikan bahwa pengembalian dana Anda telah diproses ke rekening Anda (BRI - Faradila Oktaviani - 16740100133***) terhitung dari tanggal 11 September 2017. Mohon kesediaannya menunggu dengan perkiraan waktu 7-10 hari kerja (hari Sabtu, Minggu dan hari libur Nasional tidak termasuk dalam hitungan perkiraan waktu). Namun tidak menutup kemungkinan pengembalian dana Anda akan diterima lebih cepat dari perkiraan waktu yang diberikan. Kami mohon kesediaan Anda untuk memeriksa mutasi rekening Anda secara berkala. Apabila Anda belum menerima dananya dan telah melewati batas perkiraan waktu, kami mohon kesediaan Anda untuk melampirkan foto mutasi rekening atau rekening koran Anda agar dapat kami bantu tindak lanjuti. Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga penjelasan kami dapat menjadi solusi atas pertanyaan Anda. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan silakan menghubungi Shopee kembali. Dengan senang hati kami siap membantu demi meningkatkan pelayanan serta pengalaman jual beli yang lebih menyenangkan. Salam Hangat, Achmad Auzan

Dan ternyata tidak perlu menunggu lama, cuma satu hari uang di shopee sudah di transfer ke rekening istri saya. Jadi intinya di dalam mengajukan klaim kita harus tenang dan jangan terbawa suasana. Hal yang perlu Anda siapkan adalah bukti transaksi yang kita lakukan. Semoga artikel pengalaman membatalkan pesanan dan mengajukan refund di Shopee bisa bermanfaat dan sampai jumpa di pengalaman yang lain.