Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Biaya Mengganti Baut Tap Oli Mesin Sepeda Motor Beat

Mempunyai sepeda motor beat yang baut tap olinya sudah dol sehingga menyulitkan teknisi untuk membuka baut oli saat waktunya mengganti oli mesin, hal ini perlu tindakan yang cepat yaitu dengan mengganti baut oli mesin agar proses tap oli berjalan dengan mudah. 

Pengalaman saya ini baru terjadi kemarin sejak artikel ini dibuat, saya mengetahui baut tap oli mesin motor saya dol dari teknisi di planet ban saat mau service CVT dan ganti oli, teknisinya bilang kalau baut tap mesin motor saya sudah dol dan tidak bisa dibuka, perlu tindakan untuk mengganti baut itu, namun karena di planet ban tidak ada bautnya sehingga oli dalam mesin motor di kuras dengan cara di sedot menggunakan mesin khusus.

Gambar Baut Tap Oli Beat 

Setelah dua minggu kemudian saya membawa sepeda motor beat saya ke bengkel di pinggir jalan, bukan bengkel resmi honda atau bengkel resmi lainnya. Saya bilang ke teknisi di bengkel itu kalau baut tap nya sudah dol, dan apakah ada disini baut gantinya? Teknisi bengkel itu bilang kalau di bengkelnya ada. 

Oke mas, ganti oli mesin ya sekalian ganti baut tap oli nya yang dol, siap kata teknisinya. Akhirnya saya duduk di tempat yang sudah disediakan, tidak menunggu lama mereka membuka baut mesin tap oli yang dol dengan menggunakan palu dan alat khusus untuk memudahkan memutar baut yang sudah dol dan akhirnya terbuka deh baut tap yang dol tersebut. 

Oli kotor yang hitam pun keluar dari mesin beat saya, selanjutnya di ganti dengan oli baru dari merek yamalub khusus untuk motor matic setelah baut tap yang baru di pasang ke bagian bawah mesin, Cukup sekitar 30 menit proses ganti oli dan baut tap motor beat saya sudah selesai dikerjakan. 

Berapa Biaya Ganti Oli dan Baut Tap Motor Beat?

Sepeda motor beat yang saya gunakan keluaran tahun 2014, beat injeksi berwarna merah. Untuk jenis beat yang lain saya rasa ukuran bautnya akan sama ataupun tidak akan terlalu berbeda jauh. Untuk biaya total yang saya bayara adalah Rp. 53.000 (sudah termasuk oli dan baut tap oli mesin) untuk rinciannya adalah oli mesin Rp 44.000 dan baut tap nya Rp 9.000.

Untuk oli yang digunakan adalah oli yamalub bukan oli standard beat yaitu MPX2 yang saat ini harganya lebih dari Rp 50.000 untuk yang ori. Jadi belum termasuk harga Baut tap olinya. 

Harga ini bisa saja berbeda ya sahabat di setiap bengkelnya, ada baiknya sahabat tanya terlebih dahulu sama teknisi nya untuk memastikan biaya gantinya, agar tidak kaget atau menghindari bengkel nakal yang mematok harga di luar wajar. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat untuk teman2 semunya yang mengalami masalah seperti saya.