Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Mendapatkan Ide Bisnis Yang Kreatif dan Contoh Idenya

Tips Cara Mendapatkan Ide Bisnis Yang Kreatif Menjadi pengusaha atau bisnisman merupakan impian banyak orang. Ketidak terikatan waktu, bebas melakukannya kapan saja kita mau dan tidak dalam perintah orang lain yang menjadi ladasan banyak orang untuk memulai bisnis mereka sendiri. Namun, yang menjadi banyak permasalahan untuk orang yang baru ingin memulai berbisnis adalah bagaiamana memulai usahanya itu.

Tips Cara Mendapatkan Ide Bisnis Yang Kreatif
sukses butuh proses


Apakah Anda termasuk dari sejumlah orang yang sedang bingung bagaimana memulai bisnis? Memulai bisnis tidak boleh sembarangan, jika sampai gegabah dan hanya tergiur untungnya saja maka Anda akan kalah dalam persaingan dan bisa jadi ga dapat untung malah dapat buntung, mengapa demikian, karna biasanya orang yang terlalu obsesi ingin cepat untung tidak kuat dalam memanajemen keuangan, dan gegabah dalam melangkah. Maka dari itu orang yang ingin berwirausaha harus mengetahui Tips Cara Mendapatkan Ide Bisnis Yang Kreatif dan Contoh Idenya agar tidak salah bersikap dalam memulai bisnis sendiri. Oyey langsung kita menuju keinti artikel ini :

Syarat-syarat Menjadi Wirausahawan Baru

Besiap-siaplah jika anda ingin memulai bisnis dan menjadi wirausawan sejati, bacalah dan perhitungkan matang-matang syarat yang perlu anda miliki:

a. Ada Kemauan Yang Keras

Kemauan yang keras merupakan modal paling utama dan kunci dari kesuksesan berwirausaha. Munculnya kemauan karna adaya niat dan tujuan hidup. Carilah alasan mengapa anda ingin berwirausaha dan tulislah agar anda selalu ingat alasan mengapa harus ada kemauan yang keras dalam berwirausaha.

b. Mau Kerja Keras

tips cara mendapatkan ide bisnis yang kreatif
Kerja Keras

Jangan jadi NATO Nothing To Do Talk Only (tidak ada yang dilakukan hanya berbicara dan niat) ingatlah kunci dari kesuksesan selain niat dan kemauan adalah Tindakan. Banyak orang yang memiliki ide namun 0% tindakannya itu sama saja dengan bermimpi, jadi jika anda ingin sukses harus mau bekerja keras.

c. Bermuka Rata

Muka rata disini bukan tidak memilik wajah seperti hidung mata dan mulut. Maksudnya muka rata itu tidak memiliki sifat pemalu dan gengsi dalam memulai bisnis apapun bisnis yang anda tekuni. Ingat selama anda tidak merugikan orang lain dan berbuat salah kepada orang lain tidak ada alasan untuk anda menjadi malu dang gengsi. 


Setelah kita membahas Syarat-syarat Menjadi Wirausahawan Baru sekarangkita akan menuju pada puncak pembahasan yaitu Tips Cara Mendapatkan Ide Bisnis Yang Kreatif dan Contoh Idenya

Saat ini banyak orang yang ingin memiliki usaha sendiri. Namun bingung untuk menemukan ide bisnis yang kreatif untuk diterapkan dan diperaktekan. Anda berada ditempat yang benar, berikut ini akan saya coba memaparkannnya untuk Anda.

Tips Cara Mendapatkan Ide Bisnis Yang Kreatif :

1.Menemukan Peluang Bisnis

Bagaimana menemukan peluang bisnis? Caranya anda harus memiliki informasi yang lebih dari pada orang lain pada umumnya. Informasi yang harus dimiliki bisa tentang harga suatu produk ataupun jasa. Saya berikan contohnya; Jika anda ingin terjun di perdagangan atau produksi suatu produk maka anda harus mendapatkan informasi jumlah permintaan pasar terhadap suatu produk dan bagaimana harga produk tersebut di tangan konsumen. Peluang yang bisa anda ambil seperti: jika permintaan lebih banyak dari pada jumlah produk yang tersedia dan harga yang bisa diberikan kekonsumen oleh anda lebih murah maka peluang yang bisa anda ambil yaitu dengan memproduksi produk dan memberikan harga yang lebih terjangkau. Kata dosen saya "jangan menjual produk yang sama dengan pesaing kita dengan harga dan kualitas yang sama, berikanlah nilai tambah".

2. Memulai Bisnis Dari Hobi atau Kesukaan 

Segala sesuatu yang kita mulai dari apa yang kita suka akan sangat membantu sobat dalam menemukan ide bisnis. Setiap hobi pasti ada sesuatu yang bisa dijadikan bisnis. Contoh Anda suka dan pandai berenang, anda bisa memulai usaha dengan membuat penyewaan kolam renang atau membuka kursus berenang. Suka dan pandai memasak, maka anda bisa membuka warung atau lestoran makanan. Suka berdagang, jika anda tidak punya modal bisa memulai dengan membantu menjualkan produk tetangga anda dan mintalah berapa persen untuk setiap penjualan yang anda lakukan. Gimana, apakah anda sudah punya hobi yang bisa dijadikan bisnis? Intinya mulailah dengan hobi dan kesukaan.

3. Sering-seringlah Bereksperimen

Tidak semua bisnis itu cocok dengan kepribadian anda dan saya, ketika kita sering melakukan uji coba usah a, b,c dan d gagal jangan mudah menyerah teruslah berusaha, karna pasti suatu saatnya nanti kita akan menemukan bisnis yang benar-benar cocok dengan karakter kita sehingga kita benar-benar senang melakukannya. Pak lek saya juga dulu demikian, beliau menekuni banyak usaha satu-persatu hingga akhirnya menemukan jodoh bisnisnya dan sekarang telah menjadi orang yang sukses dengan penghasilan yang tinggi. 

Tiga kalimat yang harus anda tanamkan dalam berbisnis yaitu : Yakin (yakin anda bisa sukses), Usaha(kerja keras, kerja cerdas dan berdoa) dan Sampai (Bisnis yang ditekuni sukses). Saya rasa sudah cukup itu saja yang perlu diperhatikan dalam berwirausaha dan memulai bisnis. Semoga Tips Cara Mendapatkan Ide Bisnis Yang Kreatif dan Contoh Idenya bisa membantu anda yang sedang mencari ide bisnis. Yakinlah dan banyak berdoa semoga kita semua diberikan kesuksesan yang mulia bisa bermanfaat untk sesama manusia..