Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Modem Tidak Bisa Connect Dan Cara Mengatasinya

Mengapa Modem Tidak Bisa Connect? Yuk Cari tau - Modem saat ini masih banyak digunakan pada semua kalangan, alasan yang paling banyak saya temukan karena belum punya cukup dana untuk membayar tagihan wifi, terutama untuk mahasiswa dan para pelajar. Sebagai mahasiswa saya merasakan keuntungan menggunakan modem, selain lebih murah hitungannya juga praktis bisa kita bawa kemana-mana selama ada jaringan sinyal oprator.

Walau demikian, bukan berarti menggunakan modem itu tidak pernah mendapat masalah, saya sendiri sering mengalami beberapa kasus mengenai modem, saat browsingpun saya membaca beberapa pertanyaan tentang masalah yang di hadapi oleh para pengguna modem. Sekarang saya akan membahas modem yang tidak bisa connect.

Mengapa Modem Tidak Mau Connect?

Dulu saya pernah mengalami masalah ini, ceritanya waktu itu saya sering menggunakan modem untuk online di kamar tersayang untuk mengerjakan tugas kuliah, browsing, hiburan, download music, film dan lain sebagainya. Liburan semesterpun telah tiba dan akhirnya saya harus pulang kampung di pulau bawean, disana tidak ada sinyal oprator yang saya gunakan untuk modem, yaaah akhirnya saya menyimpan modem saya selama liburan (1 bulanan kalau tidak salah).

Ketika liburan telah usai saatnya kembali ke malang untuk kuliah lagi, sesampai dirumah kosan langsung membuka laptop dan mengambil modem yang selalu digunakan selama diperkuliahan. Saya heran kenapa ya modem kok tidak bisa connect? Kemudian cek di tampilan software modemnya saya perhatikan ternyata ada sedikit kejanggalan pada tampilan modemnya. Gambar penunjuk jaringan disilang seperti gambar dan yang saya lingkari merah itu yang di silang.


Saya buatkan yang baru karena modemnya sudah di buang, jadi itu contohnya saja. Lanjut, akhirnya saya bingung ini kenapa, apa kartunya yang rusak ya? itu di benak saya pada waktu itu. Alasan menyangka kartunya rusak soalnya modem selalu panas ketika sedang di buat download tapi tetap saya biarkan yang penting tetap connect alhasil SIM cardnya jadi aga coklat pada bagian kuningannya karena gosong kepanasan. Kemudian saya coba membeli kartu yang baru di konter dekat kampus dan mengganti kartu opratornya dengan yang baru, ketika dicoba kok tetap tidak bisa ya? tanda silangnya tidak hilang-hilang. Bingung sedikit panik, kenapa sih kok ga bisa connect dan silangnya tidak hilang!!!. Saya langsung menghubungi CS oprator sekaligus modemnya (karena SDMA) dan berbincang-bincang dengan costumer servisenya mengenai masalah yang sedang saya alami, dia bilang tutup poin "Coba di ganti kartunya mas" saya jawab "sudah di ganti mba, kok tetap tidak bisa?"Modemnya tipe apa?" #### "oh ia mas tipe yang itu tipe yang lama, dan memang panas ketika digunakan, jadi kemungkinan modemnya sudah rusak jadi harus beli baru, tipe yang sekarang sudah lebih bagus cukup tahan panas" singkat cerita beli yang baru dan alhasil saya bisa kembali online dan modemnya bisa connect.

Kemungkinan Penyebab Modem tidak bisa Connect

Ada 2 kemungkinan yaitu simcard dan modem yang digunakan tidak berfungsi. Langkah pertama mengecek simcard dengan melihat pulsa masih ada atau paketnya belum kadaluarsa, jika sudah di cek masih, coba sobat cek dulu kartunya pada modem apakah tanda sinyalnya disilang, jika tidak maka coba gunakan kartu sobat pada modem yang lain (jika tidak punya, pinjem teman yang sekiranya punya yang satu oprator) jika tidak connect berarti itu kartunya yang rusak, tetapi kalau berjalan dengan baik maka kemungkinan besar masalahnya pada modem sobat.

Cara Mengatasi Modem yang Tidak mau connect

Jika masalahnya pada modem, langkah pertama adalah mengecek apakah ada settingan yang salah, setiap modem dengan typpe berbeda memiliki settingan yang berbeda, jika sobat bingung dengan settingannya bagaimana setingan yang benar, bisa browsing tentang penyetingannya di internet, namun masi belum menemukan jalan kelaur, langkah selanjutnya menghubungi CS pemilik kartu atau modem, disana sobat akan di pandu bagaimana mensetting modem sobat, mereka online dan bisa mengecek keadaan modem sobat dari sana, jadi jangan khawatir. Masih ada masalah, tidak tau nomer CSnya mas hehehe,  nanya kesiapa? Sobat bisa cek di bungkus modem atau kartu di situ ada, tidak ada di bungkusnya, ya di browsing pada google dengan kata kunic "nomor CS oprator ####(oprator yang sobat gunakan)"

Dengan menghubingi CS sobat akan mendapat wawasan baru, dan keuntunganya sobat udah tau cara mengatasi modem yang settingannya error, ketika menghadapi masalah yang sama sudah tidak panik dan bingung lagi. Mereka juga akan memberi saran dan memberi tahu sobat jika modem sobat harus di ganti. Tips dari saya tanyalah mengenai modem yang rusak, penyebabnya kepada CS juga tanyakan aturan penggunaan paket atau pulsa internet agar tidak bingung jika pulsa tiba-tiba habis dan tidak bisa connect kerena pulsanya tidak ada, Saran saya belilah Modem yang berkualitas dan Canggih agar awet dan onlinenya lancar.

Demikian Mengapa Modem Tidak Bisa Connect Dan Cara Mengatasinya Terimakasih sudah berkunjung, jika anda suka silahkan di komentar dan di share ya. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan berikutnya.