Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Yang Enak Kaya Manfaat


Jamu kunyit asam adalah salah salah satu jamu tradisional yang memiliki manfaat yang luar biasa dalam kesehatan. Mungkin sebagian dari anda belum mengerti cara membuatnya hingga sampai pada artikel ini. Membuat kunyit asam memang tidak sulit, terbilang mudah karena bahan yang di butuhkan hampir semuanya mudah kita jumpai di sekeliling kita, selain itu proses pembuatan juga tergolonh sederhana jika kita membuat sendiri dirumah. 

Bagaimana jika kita membeli saja secara instan di toko? Ya bisa saja tapi tidak ada salahnya jugakan anda membuat sendiri dirumah, dengan begitu kualitas dan kuantitas jamu bisa anda maksimalkan sesuai selera. Sekarang kita akan membahas bagaiamana cara membuat jamu kunyit asam ini, yuk kita langsung menuju TKP :

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Yang Enak

Bahan dan alat yang digunakan dalam proses pembuatannya sangat mudah kita jumpai, berikut ini beberapa langkah dalam membuatnya :

Bahan Membuat Jamu Kunyit Asam

  1. Kunyit yang telah cukup tua 1/2 kg
  2. Asam jawa 1/2 kg
  3. Gula jawa bisa juga menggunakan gula dari aren 1/4
  4. Air biasa 2 liter yang sudah matang atau bersih
  5. Garam sebanyak 1/4 sdt (sendok teh)

Cara Pembuatan Jamu Kunyit Asam

  1. Langkah pertama cuci dan bersihkan kunyit yang telah di sediakan dengan air hingga bersih kemudian di tumbuk atau di parut hingga benar-benar halus. Kemudian peras dan ambil sarinya saja.
  2. Rebus sari kunyit tadi dengan 2 liter air dengan mencampur asam jawa beserta gula aren yang sudah tersedia.
  3. Tunggu hingga cukup panas dan akan mendidih lalu masukkan 1/4 sdt garam dapur dan aduk-aduk hingga benar-benar tercampur. 
  4. Saat baru mendidih langsung kompor di matikan dan tiriskan, maka jamu kunyit asam siap di sajikan. Boleh di nikmati dengan di tambahkan Es.

Aturan Dalam Meminum Jamu Kunyit Asam 

  1. Kalau untuk mejaga kebugaran dan kesehatan cukup mengkonsumsi 1 gelas asam jawa dalam seminggu.
  2. Bagi wanita yang sedang datang bulan atau hait mengkonsumsi jamu kunyit asam cukup 1 gelas dalam sehari selama 1 minggu. Usahakan jangan lebih dari 1 minggu.
Walaupun belum ada yang membuktikan secara ilmiyah bahaya mengkonsumsi jamu ini secara berlebihan alangkah baiknya jika kita menghindari segala sesuatu secara berlebihan karena pada umumnya berefek negatif pada tubuh kita.

Jamu kunyit asam memang memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan salah satu manfaat jamu kunyit asam adalah mencerahkan kulit, tapi ada batasannya juga di dalam mengkonsumsinya, ada yang merefrensikan bahwa balita dilarang mengkonsumsi jamu kunyit, mengkonsumsi kunyit asam secara berlebihan juga katanya dapat membuat rahim menjadi kering dan lain-lain. Anda tidak perlu khawatir selama tidak berlebih. Jadi nikmati saja secara bijaksana.