Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Dan Mengurangi Mata Minus

Mata yang minus adalah karena kurangnya menjaga kesehatan mata. Banyak anggapan mata minus tidak dapat di sembuhkan karena sifatnya yang permanen, benarkah anggapan tersebut? Jawabannya adalah tidak benar. Ada beberapa cara menghilangkan mata minus dengan cara menguranginya secara perlahan. 

Cara Menjaga Kesehatan Dan Mengurangi Mata Minus

Semua hal untuk menghilangkan mata minus adalah dengan cara menjaga kesehatan mata secara baik dan terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Namun, jika hanya sebentar-sebentar sudah tidak mejaganya lagi maka upaya anda akan sia-sia. Baca dan Kunjungi juga : Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar tetap Optimal

Alasan banyak orang ingin terbebas dari kacamata salah satunya karena ingin tampil lebih menarik tanpa alat bantu penglihatan, ingin bebas melihat lebih luas dan karena ingin memiliki mata yang indah serta sehat. Simak berikut beberapa cara dibawah ini :

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dan Mengurangi Mata Minus 

1. Mengkonsumsi Buah Dan Sayur Yang Banyak Vitamin A

Buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin A seperti buah pisang, buah pepaya, buah alpukat, sayur wortel dan bayam dapat menjaga kesehatan mata karena asupan nutrisi yang di butuhkan mata tercukupi sehingga perbaikan organ mata yang mengalami gangguan bisa terjadi.

2. Menggunakan Alat Pelindung Mata 

Ini penting saat anda berkatifitas yang lingkungan udara membawa partikel kecil yang dapat berkontak langsung dengan mata, salah satu alat yang berfungsi untuk melindungi mata adalah kacamata. Contoh saat berkendara dan membersihkan ruangan yang super berdebu dan lain sebagainya.

3. Jangan Menatap Monitor Menyala Terlalu lama

Apa bila anda bekerja atau hobi menggunakan komputer (PC, tablet, laptop) atau gadget (androit, smart ponsel dll) selama sehari penuh maka jangan tatapkan mata anda selama lebih dari 1 jam tanpa istirahat. Tips agar mata anda tetap nyaman dan sehat maka coba gunakan waktu 5 menit setiap satu jam untuk berdiri dan melihat benda-benda hijau seperti tanaman agar mata tetap segar. Cara ini saya peroleh dari nasehat orang luar negri di kampus saat menjadi duta dari kampus. Jangan lupa juga mengatur pencahayaan monitor dan melapisi layar dengan anti radiasi uv.

4. Melepas Kacamata Saat Menatap Benda Yang Jauh

Cara ini termasuk dalam terapi melatih otot mata, saat pagi hari berjalanlah di sekitar taman, jika tidak ada carilah tanaman hijau di sekitar anda. Pertama tataplah eseluruhan puhon itu kemudian cari satu titik (Fokuskan pada satu organ tanaman bisa satu daunnya, atau lubang di batang) tatap seca seksama dan cobalah untuk mefokuskan pandangan anda pada objek itu selama 5 menit sambil mengatur pernafasan dengan baik, hirup udara segar dan isilah fikiran anda dengan kegembiraan. Cara ini dapat membuat mata dan psikologi menjadi segar dan sehat.

5. Terapi Alat Sederhana Dan Simpel 

Caranya cari pulpen bisa juga pensil kemudian pegang atur jarak 25-35 cm tepat di depan mata. Fokuskan pandangan mata anda pada pulpen itu lalu kemudian secara perlahan di dekatkan secara pelahan sampai sedekat 10 cm kemudian kembalikan jarak pulpen kembali ketempat semuala 25-35 cm. Cara ini di ulangi sampai 10 kali setiap anda melakukan terapi ini. Saya akui cara ini emang cukup melelahkan, jadi bersabar karena tips ini ampuh mengobati mata minus karena melatih otot mata menjadi seperti semula.

Kesimpulan Dari Semua Pembahasan Diatas

Menjaga mata itu penting karena mata adalah aset tak ternilai yang kita miliki dari tuhan. Jagalah mata anda dengan mengkonsumsi makanan yang lengkap nutrisinya, jaga juga dalam penggunaan mata saat menggunakan monitor, dan pakilah pelindung mata jika di perlukan saat berkendara dan beraktifitas di tempat yang berterbangan partikel kecil. 

Menyembuhkan Mata Minus

Ada beberapa produk kesehatan mata yang mengklaim dirinya bahwa produk mereka terbukti dapat menyembuhkan mata yang minus/plus bahkan silinder dan penyakit mata-mata yang lain. Saran dari saya sebaiknya anda berhati-hati dan teliti dalam memilih produk kesehatan mata yang menyembuhkan beberapa penyakit mata agar anda tidak kecewa dan mata anda akan tetap aman. Terimakasih untuk kunjunganya semoga artikle cara menjaga kesehatan mata minus bermanfaat dan salam senyum :-)
Sumber image : herbeautymasker.com